Sponsors Link

Kekuatan Militer Indonesia dan Sekutunya

Sponsors Link

Indonesia memiliki kebanggaan akan personel tentara nasional Indonesia yang bisa di andalkan untuk menjaga, melindungi, menghalau dan mempertahankan stabilitas negara dari ancaman atau rongrongan kejahatan yang bisa saja datang dari luar maupun dalam negeri yang bukan hanya dapat mengakibatkan kekacauan tetapi juga merusak keamanan  dan pertahankan nasional.

ads

Tentara nasional Indonesia adalah nama sebuah angkatan perang yang dimiliki oleh negara kesatuan republik Indonesia. pertama kali terbentuk dengan sebutan TKR atau Tentara keamanan rakyat yang akhirnya sempat berubah lagi dengan sebutan TRI atau Tentara republik indonesia yang kemudian berubah untuk terakhir kalinya dengan sebutan TNI atau Tentara nasional Indonesia.

Tahukah anda bahwa TNI terdiri dari 3 kekuatan yang patut diacung jempol, yaitu dengan bentuk  angkatan bersenjata.

  • TNI angkatan darat
  • TNI angkatan udara
  • TNI angkatan laut

Pada masa orde baru dan masa demokrasi sedang terbentuk Tentara nasioanl Indonesia pernah bergabung menjadi satu kesatuan bersama POLRI atau polisi republik Indonesia, dimana penggabungan mereka terkenal dengan sebutan ABRI atau angkatan bersenjata republik Indonesia. Di negara kesatuan republik Indonesia memiliki jumlah personel  369.389 yang tidak bisa dianggap remeh dan kemampuan mereka dalam pelaksanaan pengamanan terhadap negara sudah terlatih dengan baik dan penuh dedikasi yang tinggi. (baca : tugas dan fungsi TNI Polri)

Inilah yang ada didalam kekuatan militer Indonesia yang perlu anda ketahui :

1. TNI Angkatan Darat

Tni Angkatan darat memiliki jumlah prajurit sebanyak 273.693 Yang didalamnya memiliki elemen elemen :

  • Memiliki komando cadangan untuk strategi dalam angkatan darat  yang mencakup 2 divisi satuan tempur, 18 batalion infranti dan 16 batalion dalam bentuk lain.
  • Memiliki komando pasukan khusus atau kopasus yang mencakup 1 tim yang berlatar pendidikan dan 4 tim untuk pasukan tempur.
  • Kekuatan yang dihimpun pada area atau zona wilayah mencakup 13 komando pada wilayah kemiliteran, 44 komando pada resort kemiliteran, 291 komando pada distrik kemiliteran serta 96 batalion yang tersedia dengan kesiapan yang telah terorganisir dengan baik setiap saat dan setiap waktu.
  • Memiliki ketahanan, keamanan dan pertahanan yang kokoh di badan pelaksana pusat yang mencakup 1 resimen zeri konstruksi yang selalu bekerja tim secara baik dan spontan , 2 skuadron penerbang TNI angkatan darat yang memiliki keberanian, kesetiaan, kecerdasan dan ketangguhan yang tidak bisa dianggap lumayan dan memiliki 5 batalion lagi yang juga telah disiapkan dengan keberanian dan kesetiaan yang tinggi.

2. TNI Angkatan Udara

TNI angkatan udara memiliki jumlah prajurit sebanyak 27.590 yang didalamnya memiliki elemen elemen :

  • Memiliki skuandron udara yang cukup mumpuni  dengan jumlah pesawat tempur yang ditargetkan negara akan mencapai angka 180 ditahun 2024.
  • Memiliki 2 skuadron udara yang dikhususnya untuk latihan setiap hari atau dihari hari tertentu ketika diperlukan. 2 Skuadron tersebut telah dibekali banyak pengetahuan tentang penguasaan dan pengendalian pertahanan dan keamanan diudara.
  • Memiliki 5 skuandron khusus untuk daya angkut personel dan rakyat biasa yang bisa digunkan dalam pengangkutan manusia dalam jumlah besar.
  • Memiliki 1 pesawat yang ditugaskan khusus untuk pengintaian dan penelitian, dioperasikan oleh prajurit prajurit terpilih dan mempunyai penguasaan dan pengendalian atas wilayah udara negara kesatuan republik Indonesia yang dapat diperintah setiap waktu termasuk pada saat genting atau darurat negara.
  • Memiliki skuandron 3 helicopter yang dapat digunakan pada saat saat yang dibutuhkan dan untuk perbantuan pada kondisi yang mendesak termasuk pada kondisi buruk yang sedang menimpa rakyat kecil.
  • Memiliki 41 pangkalan udara yang siap dioperasikan sesuai dengan perintah atasan untuk kondisi kondisi tertentu termasuk ketika ada ancaman lewat udara yang berasal dari pesawat tempur asing yang telah melewati batas udara republik indonesia tanpa ijin.
  • Memiliki 8 detabase yang selalu siap digunkan kapan saja sesuai dengan kebutuhan dan dapat dilakukan secara spontan ketika ada perintah darurat dari atasan.
  • Memiliki 80 pos angkatan udara diseluruh wilayah negara kesatuan republik Indonesia yang selalu siap dan siaga kapan saja jika dibutuhkan.
  • Memiliki pasukan khusus yang memiliki  kesetiaan, kecerdasaan, dan dedikasi tinggi untuk mengamankan, mempertahankan dan menghalau serangan asing dari wilayah udara republik indonesia dimana didalamnya mencakup 3 wing operasional yang tangguh, 1 pasukan pusdiklat yang khusus dan memilki kewenangan yang khas atas pengamanan wilayah udara diseluruh Indonesia.
  • Memiliki 1 satuan khusus  anti teror yang telah terlatih dengan baik dengan kecepatan, ketepatan, kecerdasan dan dedikasi yang tinggi terhadap  pengamanan situasi wilayah udara republik Indonesia.

3. TNI Angkatan Laut

TNI angkatan laut memiliki jumlah prajurit sebanyak 68.180 dengan berjalan diatas sistem senjata armada secara keseluruhan yang didalamnya terdapat elemen elemen dan memiliki tugas dan fungsi angkatan laut :

  • Memiliki kapal kapal besar dan kecil  khusus milik angkatan laut yang berjumlah 71 buah yang dapat digunakan untuk pertahanaan  dan keamanan wilayah lautan seluruh indonesia.
  • Memiliki 2 pasukan marinir terlatih dan mempunyai keberanian yaang tinggi dalaam mengamankan wilayah perairan diseluruh indonesia.
  • Memiliki 1 komando  marinir yang dikhususkan untuk latihan dan dapat dioperasikan diluar latihan termasuk pada keadaan genting negara.
  • Memiliki  136 pasokan armada laut republik Indonesia yang siap dan sioaga kapan saja jika dibutuhkan termasuk pada saat ada ancaman atau darurat negara diwilayah perairan indonesia.
  • Memiliki bebrapa kekuatan dan penguasaan area atau zona laut untuk armada barat dan timur yang dipersenjatai lengfkap dengan teknik kecakapan yang tinggi.
  • Memiliki pangkalan utama armada angkatan laut yang mencakup kelas A yang berjumlah 11, Kelas B berjumlah 24, Kelas C berjumlah 19 dan untuk kelas khusus berjumlah 3.  diman semua pangkalan sudah diotomatiakan untuk dapat dioperasikan atau diperintajkan oleh atasan termasuk presiden  setiap waktu dan berjalan dengan siaga yang sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Senjata untuk Tempur Indonesia

Indonesia memiliki kendaran atau alat alat yang siap digunakan untuk bertempur yang dibuat oleh indonesia sendiri yang  kekuatannya menyamai kehebatan senjata buatan rusia maupun korea utara. Inilah 10 alat kemiliteran termasuk tank yang dimiliki Tentara nasional Indonesia

1. Jenis Panser Anoa

ads
Senjata yang mirip tank buatan rusia ini adalah sebagai kendaraan bertempur yang didesain untuk sanggup berjalan dengan kecepatan 90 km/jam yang juga dapat melompati selokan dengan diameter lebar satu meter yang dijamin mampu berjalan seimbang dan kokoh pada jalanan yang menanjak naik dengan kemiringan hingga 45 derajat. Kendaraaan ini dilapisi baja tebal yang tidak mudah ditembus oleh brondongan peluru jarak dekat maupu jauh seperti oleh senjata AK 47 ataupun Model M-16 atau lebih sering disebut tank anti peluru.

2. Jenis KRI- Krait-827

Jenis kapal laut buatan anak anak bangsa Indonesia ini memiliki fasilitas lengkap untuyk bertempur dimana keseluruhan badan kapal berbahan baku dari aluminium murni, bertonase hingga hampir 200 DWT dengan kemampuaan menjelajah wilayah perairaan nusantara sekitar 2.500 mil. Kapal yang terlihat kekar ini dilengkapi pula dengan fasilitas radasr yang mampu menjangkau jarak 96 nautiical/mil atau hampir sama dengan 160 km dan menggunakan sistem navigasi GMDSS area 3 yang mampu melaju tanpa hambatan pada 25 knots.

3. Jenis PAL-AFV  (Tank amfibi TNI -AL)

Jenis PAL-AFV sudah mengalami banyak perubahan yaitu adanya penambahan fasilitas mesin dan disain senjata agar kemampuan bertempur berjalan  lebih baik. Jenis amfibi ini memiliki kemamapuan menjelajah daratan dari 400 km kini menjadi 480 km dengan kecepatan  yang telah ditambah, yang semula hanya mampu mampu berjalan 50 km/jam kini telah saanggup mencapai 60 km/jam dijalanan normal (tidak berlumpur dan tidak beranjau). Tank yang kedap air dan tahan peluru ini mempunyai daya angkut untuk personel yaitu 3 awak tank dan 14 anggota atau pasukan terpilih.

4. Jenis Smart Eagle II atau SE II

Pesawat Samart eagle II ini dibuat dengan bentuk yang unik daan eksentrik yang juga merupakan prototype pertama UAV (Unman aerical vehicie ) yang diproduksi oleh PT aviator tehknology Indonesia. Smart eagle II ini memiliki mesin 2 tak yang berdiameter 150 cc yang mampu menjelajah udara tanpa hambatan sampai lebih dari 6 jam.

Pesawat unik ini dilengkapai dengan fasilitas tehknologi colour TV  camera dengan resolusi gambar yang tinggi. Pesawat inipun mampu terbang pada cuaca hujan, angin atau makam hari dengan menggunakan Therman imaging (TIS) kamera yang bekerja otomatis dengan opsi visual yang akurat.

5. Jenis SUT torpedo (Senjata andalan kapal selam asli buatan PT dirgantara Indonesia)

SUT torpedo adalah jenis senjata kebanggaan dari kapal selam untuk pertempuran didalam area laut. Kebutuhan kapal selam didalam kemiliteran Indonesia dinilai akan semakin meningkat mengingat kebutuhan yang juga harus segera di perbanyak guna untuk mengoptimalkan kinerja TNI dalam mempertahankan NKRI. Kebutuhan akan kapal selam ini terjadi setelah indonesia kedatangan dua kapal selam tangguh asal KRI cakra dan KRI nanggala asal Jerman. Kini Pt Drigantara Indonesia telah dipercaya sepenuhnya sebagai produsen tunggal untuk wilayah dalam negeri yang telah memiliki Lisensi dari AEG (Allgemeine Elektrizitats-Gelellschaft, General electricity Company) Jerman.

Keunikan yaang dimiliki oleh SUT torpedo adalah dapat ditembakkan dari helikopter seperti NAS 332 super puima. Ukuran panjang SUT torpedo adalah 6620 mm tetapi jika memakai kasket menjadi 6150 m. Berat SUT torpedo khusus untuk perang adalaah 1413,6 kg, sedangkan untuk jenis latihan seberat 1224 kg. Sut torpedo juga dilengkapi dengan hulu ledak seberat 225 kg yang dapat menenggelamkan serta menghancurkan sebuah frigate ukuran besar. Jarak jelajah SUT torpedo adalah 38 km yang dapat menyelam pada kedalamann 100 meter dari permukaan air laut tanpa suara dan dapat tidak tersentuh oleh radar pengintai musuh dimana seluruh  SUT torpedo memiliki perangkat khusus untuk urusan penghindaran dari radiasi alat pengintai musuh.

6. Jenis Pesawat tempur T-50 Golden Eagle

Sebagai warga negara Indonesia kita patut bangga karena hingga saaat ini ternyata dilingkungan Asia tenggara Indonesia adalah satu satunya negara yang diklaimdan dipercaya  mampu memnproduksi, mengembangkan  dan memajukan pesawat buatan sendiri dengan tekhnologi asli milik anak bangsa . Pesawat tempur T-50 Golden Eagle memiliki kecepatan yang cukup tinggi tetapi masih perlu banyak mendapat modifikasi sana sini  agar kekuatan dan fungsinya tidak kalah dengan tehknologi buatan korea selatan yang juga dipercaya dapat memproduksi pesawat buatan sendiri.

Tahukah anda walaupun kita sudah mampu memproduksi pesawat atau alat senjata tempur sendiri, tak ada salahnya kita kembangkan lagi dengan metoda tehknologi dari bangsa lain agar kita dapat lebih memperkuat dan memperbanyak pengalaman dalam bidang pertahanan dan keamanan. Bekerja sama dengan bangsa lain tidak akan menyurutkan rasa patriotisme kita dan tidak akan mempebgaruhi persahabatan yang telah terjalin kuat dengan bangsa lain. menjalin ikatan kerja sama dengan bagsa bangsa yang cinta damau dan membenci peperangan sangat pantas jika dimulai dengan kerja sama dibidang pengembangan tehknologi kemiliteran agar sama sama memahami bagaimana berharganya sebuah negara untuk tetap dijaga dan dilindungi dari ancaman bangsa lain.

7. Jenis Robot Tempur Militer yang unik

Prototype robot tempur buatan Indonesia sudaah beberapa kali mengalami perubahan dan penambahan fasilitas guna meningkatkan kualitas daya kecepatan ketika bertempur, telah menjalankan serangkaian uji coba dan dinilai telah mampu menjelajah jarak hingga 1 km dari pusat kendali.

Ukuran robot tempur ini berdiameter 1,5 m x0,5 m dengan bobot seberat 100 kg dengan menggunakan mesin penggerak dua roda kana dan kiri yang dapat mengangkat beban seberat 150 kg lebih. Kecepatannya dalam berjalan adalah 60 km/jam tanpa suara dan digerakkan dengan menggunakan tenaga listrik dari 2 batere yang tersembunyi didalam organ tubuh robot tersebut. Robot tempur yang unik dan mungil  ini didedikasikan untuk perlengkapan dan sebagai pendukung kinerja TNI dalaam rangka mempertahankan dan melindungi negara dari ancaman luar dan dalam negeri atau juga bisa untuk pertempuran. Robot unik ini dibuat pada tahun 2009 yang diciptakan dengan  tehknologi yang dimiliki anak bangsa tetapi sayangnya belum memiliki nama hingga saat ini.

8. Jenis Rudal roket kendali jarak jauh

Ide cermelang untyk mengembangkan pembuatan roket kendali masih menjadi pertimbangan dan pemikiran lebih dalam lagi oleh Depaartemen pertahanan Indonesia agar nantinya dimasa depan indonesia tidak lagi membutuhkan terlalu banyak senjata penangkal untuk didarat sehingga dengan penggunaan roket kendali diharapkan tidak terlalu banyak lagi membutuhkan armada kapal dan senjata perang lainnya yang hanya membuang banyak biaya. semoga ini dapat terwujud!

Ide ini tercipta pada tahun 2005 dimana saaat itu Indonesia telah banyak menggelontorkan dana sebesar 2.5 miliar untuk pembuatn rudal, dan hasilnya  Saat ini LAPAN dinyatakan telah mampu dan berhasil memproduksi serta meluncurkan roket dengan kekuatan menjelajah dengan jarak tempuh maksimal 100 km yang mempunyai kecepatan luncur pada saat pertama diluncurkan adalah 4 kali lebih cepat dari kecepatan suara.

9. Senjata baru yang masih terus dikembangkan

TNI juga telah memiliki beraneka ragam senjata buatan negeri sendiri yang didedikasikan untuk menunjang kinerja kemiliteran didalam pengamanan wilayah NKRI. Senjata senjata buatan baru yang masih terus diproduksi dan dikembangkan tehnknologinya itu berupa SS -1, SS -2, SS -5, dan SS -13.

10. Pesawat drone tanpa awak

Saat ini Indonesia telah memilki 5 pesawat drone tanpa awak yang dibeli dari negara tetangga yang didedikasikan untuk memperkuat kinerja kemiliteran didalam pertahanaa dan keamanan negara kesatuan republik Indonesia. Walaupun Indonesia telah memilkin drone sendiri namun kehadiran 5 drone tanpa awak buatan asing tersebut semata mata untuk bahan pengembangan dan uji coba tekhnologi bagi masa depan drone buatan dalam negeri yang masih memerlukan kecanggihan yang lebih baik lagi dan masih membutuhkan beberapa perubahan dalam bentuk sistem kerjanya. Drone tanpa awaka akn digunakan untuk pengamanan secara maksimal dan terpadu pada daerah daerah perbatasan Indonesia dengana negara lain.

11. Skuandron Sukhoi su-35

Pembelian Pesawat canggih sukhoi su-35 asal  rusia didedikasikan untuk kekuatan militer Indonesia karena sukhoi su-35 memiliki muti peran dalam bertempur yaitu multiperan dalam jarak jauh kelas berat yang memiliki kecepatan tinggi yang lebih cepat dari suara. Sukhoi su-35 adaalah modifikasi dari bentukan sukhoi sebelumnya yaitu su-27 yang pada saat pertama dikenalkan memiliki nama su-27 M. Pesawat tempur tipe sukhoi su-35 yang kini dimiliki indonesia dirancang secara khusus oleh Rusia untuk menyaingi kehebatan pesawat buatan Amerika atau setingkat lebih canggih dan lebih cepat daripada pesawat buatan Amerika yaitu F-15 eagfle dan F-16 Fighting  falcon yang terkenal canggih dan cepat.

Sponsors Link

12. Senjata khusus untuk menembus tank musuh

Senjata ini bernama SPR-2 yang hingga saat ini sebagai senjata yang mumpuni andalan TNI dimana ketersediaannya menjadi pilihan impor sejenis asal negara yugoslavia dan black arrow M 93 (kedua jenis senjata canggih ini menggunakan peluru kaliber 12.7 mm x 99 dengan pengisian magasen sebanyak 5 peluru)

SPR-2 mempunyai 25 jenis lain yang sebelumnya telah ada dengan produk yang hampir sama, Contohnya :

  1. Gepard M1/M2 dari Hongaria yang berkaliber 50
  2. SVN-98 dari Rusia yang berkaliber 12,7 mm x 108
  3. Baret M 28, M 90, M 95, M 99 dan M-107 dari Amerika yang berkaliber 50
  4. PDR UM-HECATE dari Prancis yang berkaliber 50
  5. Steyr IWS- 2000 darai Austria yang berkaliber 50 dan 12,7 mm x 108
  6. AL AS dari Inggris yang berkaliber 50
  7. NTW-20 dari Afrika selatan yang berkaliber 20 mm

Senjata khusus penembus tank ini dapat dijadikaan sebagai senjata untuk para sniper yang terlatih . selain itu TNI juga memiliki spr 1 dan 3 yang juga memilki keistimewaan masing masing.

  1. Dalam versi SPR -1 memilki peluru berkaliber 7,62 mm dengan jarak tempuh dengan akurasi 900 meter dan bisa lebih.
  2. Dalaam versi SPR-2 mempunyai jaraak tempuh tembak yang efektif dan akurat mampu menembus material baja dengan ketebalan sampai 2 cm pada jarak tembak sekitar 500 meter atau lebih dengan pengoperasian sistem bolt action yang terkenal cepat dan tepat.
  3. Dalam versi SPR-3 yang mempunyai kemampuan menembus material baja dengan ketebalan sampai 3 cm dengan jarak tembak hingga 700 meter yang mampu meluncur tepat sasaran (akurat).

Penggunaan senjata jenis SPR (anti material) ini sudah digunakan lebih dulu pada perang dunia 2 yaitu tahun 1939 sampai 1945 , diantaraanya:

  1. Digunakan oleh pasukan perang militer NAZI jerman  yaitu Mausen Tank-Gewehrmodel 1918 yang telah berkaliber 51
  2. Digunakan oleh pasukan perang militer Jepang yaitu Tipe 97 yang berkaliber 20 mm yang pada saat itu sudah terkenal canggih karena mampu pula membantu para sniper ketika menembak obyek yang sudah disepakati dengan angka ketepatan dan kecepatan yang luar biasa.
  3. Digunakan oleh pasukan perang Inggris yaitu Boys antitank Rifle yang berkaliber 55 yang terkenal memiliki ketepatan dan kecepatan dalamn melesat menuju obyek penembakana dengana sangat akurat.

Selesai perang dunia 2 penggunaan peluru kaliber 50 atau yang lebih familiar disebut  ukuran 12,7 mm x 99 dan 12,7 mm x 108, berbagai negar negar eropa timur mulaai berlomba lomba mengembangkanya menjadi senjata yang berteknologi canggih dan benar benar dapat menembus material baja dengan ketebalan yang melebihi 2 cm dan memilki kemampuan kecepatan serta ketepatan dalam menembak obyek. Akhirnya seiringnya perubahan jaman akhirnyab disusul oeleh jerman, Amerika yang ternyata juga tertarik untuk mengembangkana penggunaan senjata berkaliber 50.

Tentang Kelengkapan ALUTSISTA (Alat utama system pertahanan)

Perlengkapan yang mendukung Alutsista sangat dibutuhkan setiap waktu untuk mendukung kekuatan militer indonesia yang sudah terlatih dan memiliki skill yang membanggakan yang juga memilki ras patriotisme yang tinggi. Alutsista yang lengkap dan modern dapat membantu kelangsungan kinerja tiap personel ketika berlatuh menjadi lebih bersemangat.

Alutsista adalah harta tak terhingga bagi kekuatan militer Indonesia dan sebagai pendukung utama kekuatan dari militer indonesia yang berguna untuk kekuatan pertahanan dan keamanan diwilayah NKRI. Inilah Alutsista berupa Tank canggih yang dimilki oleh kukuatan militer Indonesia atau TNI.

  • Tank Amx – 13 yaitu buatan negara prancis yang berjumlah 325 buah
  • Tank FV 101 Scorpion 90 buatan inggris raya yang berjumlah 100 buah
  • Tank Leopard Revolution yang berlapis baja buatan Jerman  yang berjumlah 61 buah
  • Tank Leopard 24 A buatan Jerman yang berjumlah 42 buah

Untuk memajukan Alutsista TNI terus menagadaakan penelitian dan terus mendukung kinerja PT Pindad, PT Pal dan PT Drigantara Indonesia untun mengembangkaan dan memajukan teknologi senjata senjata canggih dan mempercepat pengadaan kelengkapan Alutsista demi mengarah pada pemakaian Alutsista kelas dunia.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 03rd, February 2016 / 10:22 Oleh :
Kategori : Militer