Sponsors Link

15 Manfaat Organisasi dalam Masyarakat

Sponsors Link

Selain sebagai makhluk individu, manusia juga diciptakan sebagai makhluk sosial. Artinya manusia tidak dapat hidup tanpa adanya bantuan dari manusia lainnya. Untuk itulah maka tercipta istilah kerja sama, di mana hal itu dilakukan karena adanya faktor saling membutuhkan antara satu dan lainnya. Dalam sistem kerjasama tersebut bisa dilakukan oleh dua orang atau lebih, dan masing-masing dari mereka tentunya memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Sehingga dengan adanya kerja sama tersebut diharapkan anggota satu dan yang lainnya bisa saling melengkapi, sehingga pada akhirnya tujuan yang semula hendak dicapai bisa terwujud dengan mudah.

ads

Setiap anggota dalam kelompok kerjasama tersebut memegang peranan dan fungsi masing-masing, dengan begitu maka akan dapat dilihat dengan jelas bagaimanakah struktur dari kerjasama tersebut, yang pada akhirnya hal itu akan mengarah pada terbentuknya organisasi. Jika demikian, apa sajakah manfaat yang bisa didapatkan dari suatu organisasi? Ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu pengertian dari organisasi itu sendiri. Secara umum, organisasi bisa dikatakan sebagai sekelompok orang (dua orang atau lebih) yang saling bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu. Organisasi juga bisa dikatakan sebagai suatu kerjasama antara dua orang atau lebih yang di dalamnya terdapat struktur pembagian kerja serta struktur tata hubungan kerja bagi setiap anggotanya dalam mencapai suatu tujuan tertentu.

Secara sederhana, organisasi merupakan suatu wadah guna menampung aspirasi, pikiran, serta pendapat dari para anggotanya untuk mencapai tujuan bersama. Adapun beberapa manfaat organisasi yang bisa diperoleh dari suatu organisasi di antaranya adalah :

  1. Dapat mencapai tujuan yang diharapkan bersama dengan lebih efisien

Terbentuknya suatu organisasi tentu memiliki suatu tujuan yang berkaitan dengan hajat para anggota yang ingin hendak dicapai. Dan salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari berorganisasi adalah bisa tercapainya tujuan tersebut dengan lebih mudah. Mengapa demikian? Karena seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa dalam sebuah organisasi terdapat struktur pembagian kerja serta struktur tata hubungan kerja bagi setiap anggotanya, sehingga meskipun masing-masing  anggota memiliki peran sendiri-sendiri akan tetapi satu dengan lainnya saling berkaitan, sehingga proses penyelesaian untuk mencapai tujuan tersebut bisa lebih cepat dan mudah.

  1. Permasalahan dapat teratasi dengan mudah

Dalam suatu kehidupan, khususnya kehidupan berorganisasi, timbulnya permasalahan merupakan hal yang sudah biasa terjadi. Hal itu disebabkan karena masing-masing anggota memiliki karakter dan pendapat yang berbeda-beda. Dan tentu saja dalam kehidupan organisasi, masalah yang timbul tidak hanya dibebankan atau diputuskan oleh salah satu anggota saja, akan tetapi seluruh anggota harus ikut aktif dalam memecahkan permasalahan yang timbul tersebut agar tidak memberikan dampak akibat konflik sosial yang terjadi di dalam masyarakat. Dengan demikian, maka para anggota akan terlatih tentang bagaimana bersikap serta menyikapi setiap permasalahan yang timbul dalam kehidupan masyarakat.

  1. Timbulnya semangat kerjasama

Mau tidak mau setiap anggota organisasi dituntut untuk ikut serta dalam setiap hal yang berkaitan dengan organisasi tersebut.  Dan dalam setiap hal yang berkaitan dengan orang banyak tentu tidak dapat dibebankan hanya pada satu orang saja, tetapi dibutuhkan kerjasama dari anggota lainnya. Dengan demikian, setiap anggota akan terpacu semangatnya untuk saling bekerja sama agar tujuan yang hendak mereka capai bisa terwujud.

  1. Mengembangkan kemampuan public speaking

Bagi sebagian orang, memiliki kemampuan dan keberanian untuk berbicara di depan umum merupakan hal yang tidak mudah, butuh waktu yang lama untuk melatih dirinya dapat memiliki kemampuan tersebut. Organisasi merupakan suatu wadah yang tepat bagi seseorang untuk dapat melatih dan mengembangkan kemampuan serta keberanian seseorang terkait public speaking, seperti menyampaikan pendapat, berpidato, dan lain sebagainya.

  1. Melatih jiwa kepemimpinan

Ada ungkapan yang menyatakan bahwa “Setiap orang dari kamu adalah pemimpin dan kamu bertanggung jawab terhadap kepemimpinan.” Maksud dari pernyataan tersebut adalah bahwa setiap orang pasti akan menjadi seorang pemimpin, baik itu bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain. Organisasi merupakan suatu wadah di mana jiwa kepemimpinan dalam diri kita bisa terasah, yaitu dengan mengedepankan kepentingan umum dibanding kepentingan pribadi. Selain itu, dalam suatu organisasi seseorang diajarkan bagaimanakah cara mengambil keputusan yang bijak dengan tidak merugikan pihak manapun.

  1. Dapat melatih seseorang untuk berinteraksi dengan berbagai karakter yang berbeda

Suatu organisasi tentu terdiri lebih dari satu orang, di mana orang yang satu dan yang lainnya memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda. Hal ini akan membantu melatih seseorang untuk dapat berinteraksi dengan orang yang lainnya tanpa membeda-bedakan satu dan lainnya.

  1. Memperluas wawasan dan pengetahuan seseorang

Kegiatan seminar, lokakarya, pelatihan, maupun kegiatan-kegiatan lain merupakan salah satu agenda yang ada dalam suatu organisasi seiring berjalannya pengaruh globalisasi. Dengan adanya kegiatan-kegiatan tersebut nantinya akan dapat membantu menambah wawasan,pengetahuan, serta kompetensi yang dimiliki setiap orang yang bergabung di dalam organisasi tersebut.

Sponsors Link

  1. Dapat memperluas pergaulan seseorang

Dalam suatu organisasi terdapat keterkaitan di antara anggota yang satu dengan anggota lainnya. Ini adalah sebagai akibat dari interaksi dan kerjasama yang terjadi di antara sesama anggota organisasi tersebut. Dengan demikian maka hubungan pertemanan seseorang akan menjadi lebih luas.

  1. Dapat menunjukkan jati diri dan kepribadian seseorang

Pada umumnya, seseorang yang aktif dalam berorganisasi, khususnya bagi para remaja akan dapat menemukan jati diri serta kepribadian mereka, yaitu dari lingkungan dan pergaulan dari komunitas atau organisasi yang mereka bentuk.

  1. Dapat membentuk Emotional Intelegent Quotien (EQ)

Selain kepribadian, keberadaan lingkungan dalam organisasi yang dibentuk akan mampu mempengaruhi perkembangan emosi seseorang, di mana lingkungan yang baik akan mampu menciptakan kondisi emosi yang baik pula. Dengan EQ yang baik, maka seseorang akan dapat bergaul dan menghadapi orang-orang dengan tipikal yang berbeda-beda.

  1. Dapat membantu seseorang untuk bisa membagi waktunya

Berbagai ungkapan telah menunjukkan pentingnya waktu bagi kita, seperti ungkapan yang menyatakan bahwa waktu adalah uang, atau juga pepatah yang mengatakan bahwa orang yang sukses adalah mereka yang mau menghargai waktu. Oleh karena itu, akan sangat penting bagi kita untuk memanfaatkan waktu yang kita punya dengan sebaik-baiknya. Organisasi adalah pilihan yang tepat bagi kita untuk belajar menghargai waktu dan mengatur setiap jadwal kegiatan kita.

  1. Dapat membantu seseorang untuk bisa lebih bertanggung jawab

Seseorang yang aktif dalam organisasi akan dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab di dalam dirinya. Hal ini dikarenakan adanya struktur yang jelas yang mengatur fungsi serta tugas masing-masing anggota organisasi tersebut sesuai dengan kedudukannya. Itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa keberadaan suatu organisai harus terus ditumbuh kembangkan.

Sponsors Link

  1. Dapat menumbuhkan disiplin dan etos kerja bagi seseorang

Hal lain yang bisa diperoleh seseorang dari berorganisasi adalah   peningkatan disiplin serta etos kerja di dalam dirinya. Hal tersebut secara tidak langsung akan mampu membentuk softskill dalam diri seseorang. Dengan kemampuan tersebut akan banyak hal yang bisa dilakukan olehnya seperti memiliki kemampuan dalam menyampaikan ide, bernegosiasi dengan baik, memiliki kemampuan untu merubah suatu halmenjadi lebih baik, dan masih banyak lagi.

  1. Dapat menumbuhkan sifat percaya diri seseorang

Memiliki rasa percaya diri adalah salah satu hal yang dibutuhkan dalam pergaulan seseorang, dan organisasi merupakan wadah yang tepat untuk mendapatkan hal itu. Dalam organisasi, seseorang dilatih untuk dapat menyampaikan ide-ide, diberikan kepercayaan untuk melakukan tugas-tugas tertentu, dan lain sebagainya. Secara tidak langsung hal itu akan dapat menumbuhkan sikap percaya diri dalam diri orang tersebut.

  1. Dapat melatih seseorang untuk lebih kuat dalam menghadapi tekanan

Dalam kehidupan di era modern ini, seseorang dituntut untuk bisa lebih kuat dalam menghadapi segala masalah maupun tekanan yang datang dari berbagai pihak. Keberadaan organisasi dapat melatih jiwa seseorang agar menjadi lebih kuat, adanya perbedaan pendapat di antara sesama anggota organisasi tersebut dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang terjadi merupakan salah satu cambuk yang nantinya akan membuat para anggota organisasi tersebut menjadi lebih kuat dalam menghadapi tekanan.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 15th, January 2016 / 07:24 Oleh :
Kategori : Lingkungan