Sponsors Link

10 Peran PKK Dalam Pembangunan Desa

Sponsors Link

PKK merupakan sebuah gerakan yang digalakkan sebagai tindak lanjut dari seminar home economis yang diselanggarakan pada tahun 1957 di Bandung. Gerakan ini berawal dari kepedulian istri gubernur Jawa Tengah yaitu Ibu Istriati Moenadi ketika melihat banyak masyarakat yang menderita busung lapar. PKK sendiri merupakan singkatan dari pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga. Program ini merupakan program yang digerakkan oleh para wanita dalam rangka membina, membentuk serta membangun keluarga yang sejahtera. Bisa dibilang, kesejahteraan keluargalah yang menjadi tujuan utama dibentuknya PKK ini. Keluarga merupakan unit paling kecil dalam sebuah masyarakat, namun dampaknya bagi pembangunan sangatlah besar. Ketika sebuah keluarga sejahtera, maka rasa aman, damai serta keharmonisan dalam bermasyarakat akan lebih baik sehingga  dapat menunjang kemajuan ekonomi serta pembangunan pada suatu desa dan merupakan kewajiban dan wewenang kepala desa. Intinya adalah ketika keluarga telah harmonis maka kesejahteraan masyarakat serta kemajuan akan dapat dirasakan.

ads

Untuk memajukan pembangunan sebuah desa melalui PKK, dapat diwujudkan melalui 10 program dasar PKK, Berikut adalah penjelasan mengenai peran PKK dalam pembangunan desa :

1. Penghayatan dan pengalaman pancasila

Seperti yang kita ketahui bersama, pancasila merupakan 5 prinsip dari negara yang tidak terpisahkan satu dengan yang lain. Pancasila sendiri dibuat dengan mementingkan kepentingan masyarakat secara menyeluruh dibandingkan dengan kepentingan pribadi atau satu keluarga. (baca : fungsi pancasila sebagai dasar negara)

2. Gotong royong

Gotong royong merupakan sebuah sikap saling bantu dalam rangka mewujudkan kebersamaan yang menguntungkan karena Indonesia merupakan bhinneka tunggal ika serta Sikap gotong royong sendiri telah membudaya pada masyarakat kita sejak zaman dulu.

3. Pangan

Dalam hal ini, PKK telah banyak melakukan penggalakan terhadap bagaimana cara memanfaatkan pekarangan dengan baik dan benar supaya lebih menghasilkan. Selain itu, penggalakan juga dapat berupa penyuluhan supaya masyarakat memelihara unggas atau ikan pada pekarangan mereka. Hal ini tidak hanya berguna untuk pengonsumsian pribadi melainkan juga dapat digunakan untuk menambah pendapatan keluarga dengan cara menjualnya. Pembinaan masalah pangan, bukan hanya dilakukan sendiri oleh PKK melainkan juga dilakukan dengan dinas pertanian setempat.

4. Sandang

Sandang merupakan kebutuhan pokok manusia disamping pangan. Dalam hal ini PKK melakukan penyuluhan dengan menggalakkan rasa cinta akan produksi dalam negeri. Selain itu, PKK juga menggalakan pemanfaatan bahan serta produk setempat untuk dikomersilkan.

5. Perumahan dan tata laksana rumah tangga

Seperti yang kita tahu, rumah merupakan tempat berlindung sekaligus tempat untuk melakukan banyak aktivitas di dalamnya. Untuk membuat rumah menjadi tempat tinggal yang nyaman tentu diperlukan pengetahuan bagaimana cara membuat lingkungan yang menarik serta layak untuk dihuni. Hal ini menjadi tugas bagi anggota keluarga dalam mewujudkannya.

Sponsors Link

6. Pendidikan dan ketrampilan

Setiap orang terutama anak-anak membutuhkan waktu untuk belajar sebagai salah satu cara mengasah skill serta pengetahuan mereka dalam menyongsong masa depan yang lebih baik seiring berjalannya pengaruh globalisasi. Dalam hal ini PKK sebagai salah satu mitra pemerintah melaksanakan PAUD atau pendidikan anak usia dini serta BKB atau bina keluarga balita sebagai salah satu programnya.

Belajar entah dalam jalur formal maupun non formal merupakan salah satu cara efektif untuk memberantas buta aksara. Bukan hanya dikhususkan bagi anak- anak, namun mereka yang telah dewasa, atau bahkan orang tua yang belum dapat membaca maupun menulis dapat mengikuti program ini. Untuk masalah ketrampilan sendiri, PKK melakukan penyuluhan berupa pembinaan supaya masyarakat dapat membuat produk atau kerajinan yang dapat dikomersilkan sebagai peningkatan tarif hidup.

7. Kesehatan

Kesehatan merupakan salah satu hal penting dalam hidup. Hal ini terkait erat dengan pola hidup seseorang. Bagi mereka yang selalu hidup sehat tentu harus pintar menjaga lingkungan serta dirinya. Setiap orang memiliki tugas dan kewajiban memelihara kesehatan diri serta anggota dalam keluarganya. Dalam ini terdapat pos pelayanan terpadu atau yang sering pula disingkat dengan posyandu dimana terdapat 5 layanan yang dapat dimanfaatkan mulai dari perbaikan gizi, imunisasi, penganggulangan diare, keluarga berencana serta kesehatan ibu dan anak. Pada posyandu, PKK mengadakan demontrasi mengenai gizi, kesehatan, keluarga berencana bahkan pemberian makanan tambahan dan lain sebagainya.

8. Pengembangan kehidupan berkoperasi

Dalam hal ini PKK menganjurkan adanya koperasi sebagai salah satu cara untuk meningkatkan pendapatan keluarga dalam keluarga. Koperasi nyatanya dapat meningkatkan para anggota yang bergabung di dalamnya. Selain bagus untuk meningkatkan taraf hidup keluarga, koperasi juga dapat menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat setempat.

Sponsors Link

9. Kelestarian lingkungan hidup

Program PKK yang satu ini memiliki andil dalam melestarikan lingkungan sekitar. Pencegahan bencana akan, dapat dilakukan dengan cara menjaga lingkungan sebaik mungkin.

10. Perencanaan sehat

Perencanaan sehat dapat dimulai dengan mengelola keuangan dengan baik. Hal ini berguna sebagai salah satu cara terhindar dari kesulitan finansial dalam masa depan. Ada banyak program yang PKK galakkan dalam perencanaan sehat mulai dari penganjuran penyimpanan uang di bank, pembagian waktu dengan baik, sehingga antara rumah tangga serta perkerjaan dapat berjalan secara seimbang.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 28th, December 2015 / 10:05 Oleh :
Kategori : Lingkungan