Inilah 3 Wujud Budaya Politik Yang Berkembang Di Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara berkembang yang terletak di kawasan Asia Tenggara dan Indonesia menjadi negara yang memiliki kekayaan alam yang sangat banyak atau berlimpah. Indonesia memang seringkali mendapatkan sebuah konflik yang terjadi dan salah satu contoh konflik sosial dalam masyarakat adalah tidak setuju terhadap sebuah kebijakan pemerintah, hal ini menjadi sebuah permasalahan biasa dalam sebuah negara. Kini hampir semua elemen masyarakat yang ada di Indonesia bisa ikut berpartisipasi dalam pemilu, karena sudah banyak masyarakat yang melek politik dan mampu mengikuti semua budaya politik yang terjadi.

Budaya politik yang bisa saja terjadi pada suatu negara adalah budaya politik parokial, budaya politik kaula dan budaya politik partisipan. Tingkat perbedaan yang sangat tinggi membuat negara Indonesia memiliki keragaman dan ada beberapa perbedaan yang sering menimbulkan konflik seperti perbedaan agama, perbedaan bahasa, perbedaan kasta dan berbagai perbedaan lainnya. Perbedaan yang seringkali menimbulkan konflik adalah perbedaan agama dan hal ini seringkali menimbulkan banyak konflik, namun Indonesia menjadi negara yang didominasi atau mayoritas beragama islam. Semua kedamaian di Indonesia dapat terwujud melalui musyawarah yang baik dan hal ini menjadi bukti dari manfaat musyawarah yang terjadi.

Perkembangan demokrasi di Indonesia memang sangat baik, hal ini terbukti dari beberapa kali pemilu yang berhasil dilaksanakan dengan baik. Keterbukaan pemilu sangat transparan dan siapapun bisa mencalonkan diri sebagai pemimpin di semua tahapan. Keterbukaan ini membuktikan bahwa Indonesia menjadi salah satu negara yang mampu menjalankan demokrasi dengan baik. Salah satu manfaat budaya politik di Indonesia adalah berjalannya pemilu dengan baik dan lancar.

1. Pemilu Aktif

Salah satu wujud budaya politik yang terjadi di Indonesia adalah pemilu yang aktif dan hal ini bisa terlihat dari peran serta masyarakat yang menyambut kegiatan pemilu dengan sangat terbuka. Dalam hal ini fungsi lembaga politik sangat berperan aktif dalam terselenggaranya pemilu aktif dan berjalannya pemilu ikut diapresiasi oleh masyarakat dengan berperan aktif untuk memilih pemimpinnya. Banyak masyarakat yang sudah melek politik dan mau mengungkapkan pendapatnya didepan umum. Panasnya persaingan hanya terjadi pada saat pemilu berlangsung, namun saat pemilu selesai persaingan pun akan berhenti dengan baik.

Sampai saat ini memang belum ada satupun pemilu yang diselenggarakan pemerintah terbebas dari isu-isu ketidakjujuran, karena pada setiap pelaksanaan pemilu selalu muncul isu-isu politik yang bisa menimbulkan perpecahan. Indonesia menjadi salah satu contoh negara yang mampu menyelenggarakan pemilu aktif dan Indonesia menjadi negara yang sangat setuju dengan pemilu jujur serta adil. Ada beberapa contoh kasus pelaksanaan pemilu yang sering membuat resah di masyarakat seperti adanya isu pemilih ganda, adanya isu materi yang dibagikan pada peserta pemilu atau pemilih dan adanya gelontoran uang yang besar dalam pelaksanaan kampanye hitam.

2. Aktif Diskusi Politik

Masyarakat Indonesia kini sudah banyak yang aktif diskusi politik dan keterbukaan informasi dalam dunia politik sangat menguntungkan bagi banyak kalangan. Dengan adanya diskusi politik tentu sangat menguntungkan bagi banyak masyarakat, karena dengan diskusi politik akan banyak masyarakat yang lebih mengetahui berbagai hal tentang politik. Sebelum dilakukannya pemilihan umum kini seringkali dilakukan kegiatan diskusi umum yang diselenggarakan berbagai pihak, tentu hal ini memudahkan akses informasi bagi masyarakat dan keterbukaan dalam berita politik juga menguntungkan bagi para calon pemilih dalam pemilu.

Indonesia kini seringkali melaksanakan pemilu yang transparan atau terbuka dan hal ini terlihat dari berbagai kegiatan diskusi politik yang dilaksanakan oleh pihak media. Media televisi menjadi media yang memiliki peran penting dalam terselenggaranya diskusi politik dan TV yang banyak menyiarkan acara politik adalah TV One, Metro TV, Kompas TV, Trans 7 dan TV lainnya. TV one menjadi salah satu tv yang banyak menyiarkan pembahasan-pembahasan politik dan banyak mendatangkan narasumber politik yang berasal dari berbagai kalangan. Hal seperti ini tentu memudahkan masyarakat untuk mendapatkan banyak informasi mengenai politik. Kini fungsi kebudayaan bagi masyarakat dapat berjalan dengan baik dan bisa bersinergi dengan pemerintah.


3. Mendukung Pemerintah

Masyarakat Indonesia sampai saat ini sangat mendukung berbagai langkah kebijakan yang dilakukan pemerintah dan setiap keputusan yang diambil pemerintah selalu ada pro dan kontra yang terjadi, namun sampai saat ini budaya demokrasi masih sangat berjalan dengan baik. Salah satu fungsi kebudayaan bagi masyarakat adalah untuk menimbulkan perilaku budaya positif dan pola perilaku masyarakat Indonesia sampai saat ini masih sangat baik, karena sangat patut untuk dicontoh. Pihak pemerintah yang menjalankan berbagai kebijakan terbaiknya selalu mendapatkan respon positif dan selalu diberi pengharapan yang lebih.

Semua pemimpin yang pernah berkuasa di Indonesia selalu mendapat dukungan yang baik dari masyarakat dan salah satu contoh kebijakan yang paling fenomenal pernah dilakukan saat pemerintahan SBY yaitu kebijakan gas dengan tabung 3 kg. Dengan kebijakan ini masyarakat mendapat dampak positif, karena bisa terlepas dari penggunaan kompor serta minyak tanah dan dengan menggunakan kompor gas pekerjaan ibu rumah tangga bisa lebih cepat. Ini menjadi salah satu contoh yang menimbulkan pro serta kontra di masyarakat, namun semua pertentangan yang ada di masyarakat hanya berjalan dalam waktu beberapa bulan saja.

Demikian ulasan lengkap mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan Budaya Politik yang Berkembang di Indonesia dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

, , , , , ,




Oleh :
Kategori : Politik