5 Keuntungan Memilih Politik Luar Negeri Bebas Aktif Yang Perlu Diketahui

Politik secara definsi menurut wikipedia merupakan seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan secara konstitusional maupun non konstitusional. Baik disadari maupun tidak, politik pasti dilakukan oleh individu maupun sekelompok individu demi terwujudnya tujuan yang diharapkan. Poltik sebuah negara juga menjadi kunci bagaimanan negara tersebut dapat meraih tujuan yang memang sedang dibutuhkkan.

Dalam sejarah pembentukan bangsa Indonesia, pernah ada politik luar negeri indonesia yang sangat penting untuk dipelajari selepas kemerdekaan Indonesia yakni politik luar negeri bebas aktif. Politik luar negeri yang diterapkan dalam masa pemerintahan Indonesia oleh presiden Soekarno tersebut banyak memberikan keuntungan pada negara Indonesia dalam kaitannya dengan hubungan internasional. Beriikut beberapa keuntungan memiliki politik luar negeri bebas aktif pada masa tersebut oleh negara Indonesia.

  1. Menunjukan eksisitensi

Politik luar negeri bebas aktif pada saat itu ditetapkan sebagai landasan negara Indonesia dalam berpolitik adalah untuk menunjukan eksistensinya di dunia internasional. Melalaui gebrakan politik tersebut, bangsa Indonesia secara bebas tidak mendukung dua blok kubu yang pada saat itu berseteru dan terus mencari dukungan negara lain yakni blok timur Uni Soviet dan blok barat Amerika. Indonesia juga dituntut untuk dapat berperan aktif dalam menciptakan perdamaian dunia.

  1. Mengali dukungan kemerdekaan

Pada saat penerapan politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif tersebut, kemerdekaan baru saja di dapat sehingga membutuhkan dukungan dari negara lain. Dengan politik bebas aktif dapat membantu memperlebar dukungan untuk kemerdekaan negara Indonesia pada semua negara yang tergabung dalam blok barat maupun blok timur serta negara yang tidak menetapak pilih blok mana mereka ikut bergabung. Konsep tersebut menjadi salah satu makna politik bebas aktif.

  1. Membentuk poros baru dunia

Salah satu keuntungan memilih politik luar negeri bebas aktif yang paling terlihat dari sejarah bangsa ini adalah terbentuknya poros baru dunia dengan gerakan non blok dimana bangsa Indonesia merupakan salah satu pencetusnya. Melalui gerakan non blok tersebut, peran bangas Indonesia di dunia internasional sangat terlihat aktif dan mulai dipandang oleh negara lain. Munculnya poros baru dunia merupakan salah satu bentuk perwujudan partisipasi politik bebas aktif dalam perdamaian dunia.

  1. Memberikan peran yang jelas di dunia internasional

Seperti yang dijelaskan diatas, bangsa Indonesia dapat dengan mudah menunjukan perannya di dunia internasional melalui politik bebas aktif. Dengan ikut berperan dalam dunia internasional tersebut menjadikan salah satu tujuan dari bangsa Indonesia untuk berperan aktif mewujudkan perdamaian dunia sedikit demi sedikit dapat terlihat hasilnya.

  1. Menjadikan Indonesia cepat dikenal sebagai bangsa

Melalui gebrakan politik luar negeri pada jaman pemerintahan presiden Soekarno tersebut, Indonesia yang baru saja merdeka dapat memperoleh banyak pengakuan dan cepat dikenal sebagai bangsa. Hal ini memberikan keuntungan di luar negeri maupun di dalam negeri. Kemerdekaan Indonesia yang cepat diakui oleh dunia internasional menjadikan sisa penjajah yang masih berada di dalam negeri dapat dengan mudah segera diusir untuk keluar.

Itulah beberapa penjelasan mengenai keuntungan politik luar negeri bebas aktif yang pernah diterapkan oleh bangsa Indonesia dalam sejarahnya yang sangat memberikan dampak positif bagi negara yang pada saat itu baru mereka.

,




Oleh :
Kategori : Politik