7 Manfaat Budaya Politik Bagi Suatu Bangsa Indonesia

Banyak manfaat dari budaya politik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Namun, sebelum membahasnya lebih lanjut sebaiknya kita memahami terlebih dahulu pengertian budaya politik. Dalam bahasa Sansekerta kata budaya berasal dari kata budhayyah yang artinya budi sehingga budaya adalah akal budi, pikiran atau hasil adat istiadat. Jika diadopsi dari bahasa Yunani, politik berasal dari kata polis yang memiliki arti suatu kewenangan atau aturan yang timbul diantara hubungan manusia yang hidup bersama.

Dalam bahasa Arab politik berarti siyasah yang artinya suatu tindakan guna mencapai suatu tujuan tertentu. Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa budaya politik adalah pola perilaku masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang diyakini oleh seluruh masyarakat seperti norma kebiasaannya, politik pemerintahannya, maupun penyelenggaraan adminitrasi negaranya. (Baca juga : Fungsi Kebudayaan)

Manfaat Dari Budaya Politik

Nah, setelah memahami pengertian budaya politik, berikut ini akan diuraikan manfaat mempelajari budaya politik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara untuk diri sendiri maupun pemerintah diantaranya adalah :

  1. Tanggap Terhadap Budaya Politik yang Sedang Berkembang

Dalam tanggapanya menggenai budaya politik yang sedang mengalami perkembangan dalam keadaan buruk atau baik, ini biasanya dibagi dalam beberapa tanggapan sebagai berikut:

  • Diri Sendiri, Budaya politik berkaitan erat dengan hubungan antara masyarakat dengan sistem politik yang dianut dalam suatu negara. Dengan mempelajari budaya politik maka kita akan lebih tanggap terhadap budaya politik yang berkembang di suatu masyarakat atau negara dan bagaimana hubungannya dengan sistem politik yang dianutnya. (Baca juga : Sistem Politik Demokrasi di Indonesia)
  • Pemerintah, Memahami budaya politik yang sedang berkembang di berbagai negara juga sangat penting untuk pemerintah. Pemerintah dapat menjadikannya sebagai pembelajaran apakah hubungan budaya politik yang dianut masyarakat dalam suatu negara dengan sistem politik yang dianut mengarah kepada hubungan yang positif atau justru negatif. Dengan demikian pemerintah dapat membandingkannya dengan negara yang dipimpinnya, apakah ada yang perlu diperbaiki dalam kepemimpinannya atau tidak.

Artikel terkait :

  1. Paham Terhadap Berbagai Tindakan Politik Masyarakat

Terhadap penyelesaian beberapa tindakan biasanya ada yang membendakan paham dalam tindakan politik yang terjadi di dalam masyarakat sebagai berikut:

  • Diri Sendiri, Suatu masyarakat yang hidup di suatu negara memiliki kecenderungan budaya politik berbeda-beda yang dipengaruhi oleh berbagai faktor. Mempelajari budaya politik dapat meningkatkan pemahaman kita terhadap tindakan politik yang dilakukan oleh masyarakat dan bagaimana pengaruhnya baik terhadap masyarakat itu sendiri maupun pemerintah di negara tempat mereka tinggal.
  • Pemerintah, Bagi pemerintah sangat penting sekali memahami budaya politik di negaranya. Dengan memahami budaya politik maka pemerintah dapat melakukan antisipasi terhadap tindakan politik masyarakat yang diperintahnya yang berupa dukungan atau tuntutan. Selain itu, pemerintah juga memahami bagaimana pandangan politik masyarakat terhadap pemerintahannya apakah mereka menerima dengan baik tindakan dan program-program yang dilaksanakannya atau tidak.
  1. Paham Terhadap Pola Perilaku Masyarakat Terhadap Politik

Dalam beberapa pola dan sikap perilaku juga selalu mempunyai beberapa tidak pahaman yang penting dalam berdasarkan pahaman sebagai berikut:

  • Diri Sendiri, Mempelajari budaya politik dapat membuat kita memahami pola perilaku masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Baik dalam norma kehidupan yang berkembang, hukum, adat istiadat, politik pemerintahan, maupun bagaimana penyelenggaraan administrasi negaranya. (Baca juga : Norma-norma Hukum)
  • Pemerintah, Seorang pemimpin di suatu negara tentunya harus memahami pola perilaku masyarakatnya. Dengan demikian, pemerintah dapat memimpin dan mengatur masyarakatnya dengan baik tanpa melanggar nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh mereka.

Artikel terkait :

  1. Paham Terhadap Nilai Kebersamaan

Di nilai dalam kebersamaan juga ternyata ini juga sangat berpengaruh pada beberapa paham yang diberdasarkan nilainya masing-masing sebagai berikut:

  • Diri Sendiri, Budaya politik tidak bisa lepas dari nilai kebersamaan. Pembelajaran budaya politik dapat membuat kita memahami nilai kebersamaan masyarakat tentang kesadaran berpolitik seperti pengambilan keputusan secara kolektif.
  • Pemerintah, Kebersamaan masyarakat dalam pengambilan keputusan secara kolektif atau bersama-sama dapat membuat pemerintah melakukan berbagai kebijakan publik dan mengantisipasi berbagai pengaruh yang menyertainya.
  1. Partisipasi Aktif dalam Politik di Negaranya

Politik di negara yang biasanya mempunyai partisipasi yang sangat aktif biasanya juga mempelajari dan mempunyai beberapa pahaman yang penting sebagai berikut:

  • Diri Sendiri, Dengan mempelajari budaya politik diharapkan baik diri kita sendiri maupun masyarakat turut serta aktif dalam kegiatan politik. Hal ini dapat ditempuh dengan cara menyampaikan aspirasi demi kemakmuran rakyat dan persatuan bangsa. Hal ini sangat perlu dilakukan mengingat pentingnya kegiatan politik berpengaruh terhadap kebijakan pemerintah sehingga berpengaruh pula terhadap masa depan bangsa. (Baca juga : Cara Mengungkapkan Pendapat)
  • Pemerintah, Pemerintah tidak dapat berdiri sendiri tanpa adanya dukungan rakyat. Dengan masyarakat yang aktif menyampaikan aspirasinya maka pemerintah dapat mengetahui dengan baik pemikiran rakyatnya.
  1. Kritis Terhadap Kebijakan Pemerintah

Dalam kritis dalam masalah kebijakan beberapa masalah dalam pemerintah ini biasanya dibedakan beberapa paham yang wajib kalian ketahui sebagai berikut:

  • Diri Sendiri, Mamahami budaya politik sangat penting sehingga kita mengerti dengan baik bagaimana cara mengkritisi kebijakan pemerintah. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi adanya penyalahgunaan wewenang pemerintah atau kebijakan-kebijakannya yang berpotensi merugikan rakyat. (Baca juga : Penyebab Penyalahgunaan Wewenang)
  • Pemerintah, Dengan masyarakat yang kritis menjadikan pemerintah selalu ingat tentang parameter dan batas-batas yang boleh ia lakukan selama memimpin. Karena bagaimanapun juga, sangat banyak gangguan dan pengaruh dari berbagai pihak ketika seseorang berada dalam kursi kepemimpinan. Oleh karena itu, sangat penting bagi pemerintah untuk memahami budaya politik yang ada.

Artikel terkait :

  1. Kontribusi Budaya Politik dalam Demokrasi di Indonesia

Indonesia sebagai sebuah negara yang berbentuk demokrasi mengijinkan masyarakatnya untuk terlibat dalam urusan politik, bebas berpendapat, dan memiliki kesetaraan dalam praktik politik. Adanya budaya politik dapat memberikan kontribusi positif terhadap upaya demokratisasi. Dengan demikian, pemerintah perlu memberikan wadah atau peran yang lebih luas kepada masyarakat sehingga menjadi masyarakat sipil yang kuat dan elit politik. Selain itu memberikan teladan bagi masyarakat dalam praktik budaya politik yang baik dalam negara demokratis. (Baca juga : Ciri-ciri Sistem Politik Demokrasi)

Sosialisasi Budaya Politik

Setelah mengetahui berbagai manfaat budaya politik, alangkah penting untuk kita mengetahui juga bagaimana sosialisasi budaya politik yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun langkah-langkah yang dapat ditempuh meliputi :

  1. Keluarga, Keluarga menjadi agen pertama untuk mensosialisasikan budaya politik, hal ini dapat dilakukan oleh orangtua yang memberikan teladan berpolitik yang baik untuk anak-anaknya seperti mencoblos calon pemimpin negara saat kegiatan pemilu.
  2. Sekolah, Sekolah juga merupakan agen sosialisasi budaya politik yang penting karena semua pengetahuan dimulai dari pendidikan. Guru dapat mendidik murid-muridnya untuk menjadi warga negara yang sadar berpolitik demi kemajuan bangsa seperti dengan memberikan pelajaaran PPKN kepada siswanya. (Baca juga : Tujuan Organisasi Sekolah)
  3. Masyarakat, Dalam kehidupan bermasyarakat, sosialisasi politik dapat dipraktikkan dalam berbagai lingkungan seperti lingkungan pekerjaan, organisasi, maupun partai politik.

Artikel terakait :

Itulah penjelasan tentang manfaat budaya politik bagi kita sebagai warga negara dan pemerintah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Semoga dengan ulasan ini kita menjadi masyarakat yang sadar politik. Banyak dari kita yang berpikir bahwa politik identik dengan partai politik dan tindakan negatif yang membuat kita enggan untuk mengikuti berbagai kegiatan politik. Padahal, budaya politik dapat dilakukan dengan berbagai cara misalnya menyampaikan aspirasi kita kepada pemerintah maupun mengikuti kegiatan pemilu dengan baik sehingga didapatkan pemimpin bangsa yang kompeten.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 20th, July 2017 / 05:16 Oleh :
Kategori : Pendidikan