6 Ciri-Ciri Ideologi Demokrasi dalam Kehidupan Bangsa dan Negara

salam sejahtera kepada seluruh pembaca. Dalam kesempatan yang indah ini, kita akan membahas mengenai ideologi demokrasi. Seperti apa itu ideologi demokrasi? Bagaimana ciri-ciri ideologi demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara? Tetap simak pembahasan selanjutnya ya.

Ideologi sendiri dapat kita pahami sebagai kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas atau dasar pendapat yang memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa makna dari ideologi demokrasi ialah suatu kumpulan konsep bersistem dengan asas atau dasar berpendapat sekaligus arah dan tujuannya adalah kekuasaan dari rakyat.

Pengertian Ideologi Demokrasi

Kata demokrasi merupakan salah satu kata yang akan banyak kita temui selama kita membahas mengenai dunia perpolitikan. Hal ini dikarenakan demokrasi merupakan unsur yang sangat penting di dalam politik. Demokrasi merupakan salah satu bentuk pemerintahan yang paling banyak digunakan oleh berbagai negara di dunia ini. Sejarah demokrasi mengajarkan pada kita bahwa kelahiran demokrasi merupakan satu babak terang baru bagi rakyat dalam mencapai kemakmuran dan kesejahteraan.

Demokrasi pertama kali ditemukan di kota Athena, Yunani pada abad keenam sebelum masehi. Demokrasi di dalam KBBI mengandung arti yaitu pemerintahan negara yang seluruh rakyat turut serta memerintah dengan perantaraan wakil rakyat. Pemerintahan dengan bentuk ini terbukti mampu menampung keinginan rakyat sehingga tujuan pembangunan nasional menjadi dapat dengan mudah dicapai. Demokrasi bagi negara kita sendiri juga merupakan suatu hal yang luar biasa. Berdasarkan sejarah kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945, pada awalnya negara ini menggunakan sistem demokrasi liberal sebagai bentuk pemerintahannya. Salah satu tujuan demokrasi liberal ialah menjadikan rakyat sebagai pemerintah yang sejati.

Ideologi Demokrasi dalam Kehidupan Indonesia

Penerapan dari ideologi demokrasi merupakan suatu hal yang penting agar kesejahteraan rakyat dapat tercapai dengan baik. Sikap positif terhadap pelaksanaan demokrasi harus senantiasa kita lakukan. Nah, agar pembaca dapat lebih memahami seperti apa tepatnya ideologi tersebut, berikut ini penulis sampaikan kepada pembaca beberapa ciri-ciri ideologi demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara:

1. Terdapat Kebebasan Menyampaikan Pendapat

Salah satu ciri paling utama dari ideologi demokrasi ialah terdapat kebebasan dalam hal menyampaikan pendapat. Kebebasan menyampaikan pendapat ini merupakan salah satu contoh hak asasi manusia dan terdapat sendiri asas kemerdekaan mengemukakan pendapat. Kebebasan ini penting karena dalam pelaksanaan demokrasi, pendapat rakyat merupakan suatu hal yang utama.

2. Senantiasa Mengutamakan Musyawarah Mufakat dalam Pengambilan Keputusan

Ciri ideologi demokrasi selanjutnya ialah musyawarah mufakat senantiasa dijadikan mekanisme dalam hal pengambilan keputusan atas suatu masalah. Karena ideologi demokrasi sangat berdasarkan kepada kuasa rakyat, maka musyawarah mufakat dijadikan suatu wadah untuk menampung berbagai pendapat dari rakyat. Keberadaan musyawarah mufakat merupakan suatu solusi atas berbagai perbedaan pendapat di tengah rakyat.


3. Tidak Terdapat Adanya Diskriminasi dalam Berbagai Bidang

Diskriminasi berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti yaitu pembedaan perlakuan terdapat sesama warga negara (berdasarkan warna kulit, golongan, suku, tingkat ekonomi, agama, pendidikan, dan lain sebagainya). Ketika kita dan masyarakat kita memiliki ideologi demokrasi, maka keberadaan diskriminasi merupakan hal yang sangat jarang.

4. Terdapat Pengakuan Terhadap Keberadaan Perbedaan

Salah satu ciri ideologi demokrasi selanjutnya ialah mengakui adanya perbedaan di tengah masyarakat. Perbedaan dianggap sebagai suatu hal yang wajar dan harus disyukuri keberadaannya. Dengan adanya perbedaan, maka cara pandang masyarakat terhadap suatu masalah menjadi bervariasi sehingga solusi terhadap masalah tersebut juga bervariasi dan dapat dipertemukan di dalam forum musyawarah untuk mufakat.

5. Memiliki Kebebasan yang Bertanggung Jawab


Di dalam ideologi demokrasi, setiap orang atau rakyat dipandang memiliki kebebasan terutama dalam mengambil keputusan mengenai dirinya. Kebebasan yang dimiliki pun bukan kebebasan yang sebebas-bebasnya, melainkan suatu kebebasan yang bertanggung jawab.

Arti dari kebebasan yang bertanggung jawab itu sendiri ialah kebebasan dengan tetap memperhatikan hak-hak orang lain. Dengan begini, maka ketertiban dan keamanan di tengah masyarakat menjadi mudah untuk dijaga.

6. Terbuka Terhadap Kritik dan Saran

Ciri berikutnya dari ideologi demokrasi ialah setiap orang yang menganut ideologi ini akan memiliki sikap yang terbukan terhadap kritik dan saran dari orang lain terhadap diri mereka. Orang yang memiliki idelogi ini akan merasa bahwa kritik dan saran merupakan salah satu alat agar mereka dapat memperbaiki diri ataupun karya-karya mereka. Dengan adanya sikap yang terbuka terhadap kritik dan saran ini, pembangunan juga dapat dengan mudah dilaksanakan.

Penjelasan di atas merupakan uraian mengenai materi ciri-ciri ideologi demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang dapat penulis sampaikan kepada pembaca dalam kesempatan yang indah kali ini. Semoga dengan membaca artikel ini pembaca dapat memahami apa saja yang menjadi ciri-ciri dari ideologi demokrasi di sekitar kehidupan sehari-hari kita. Dari penjelasan di atas pula kita dapat mengetahui bahwa keberadaan ideologi ini merupakan suatu hal yang bermanfaat dalam penyelenggaraan pemerintahan negara di dunia ini. Sekian, sampai jumpa pada kesempatan yang lain dan semoga kesuksesan senantiasa mengiringi langkah pembaca.

, ,
Post Date: Tuesday 06th, February 2018 / 04:58 Oleh :
Kategori : Pendidikan