3 Contoh HAM Universal dan Partikular di Indonesia

Kembali lagi bersama kami, kali ini kami akan memberikan kepada informasi yang masih berkaitan dengan HAM atau kepanjangan dari Hak Asasi Manusia. Sebelum kita membahas HAM secara luas maka perlu kita ketahui apa yang menjadi dasar hukum HAM sehingga kita bisa tahu bagaiamana hukum yang ada di dalam HAM itu bisa terbentuk. Kali ini kami akan memberikan informasi dari HAM secara luas.

Perlu kita semua ketahui jika pandangan HAM di dunia ini itu ada dua, HAM tidak memiliki definisi secara jelas sehingga menimbulkan dua pemikiran yang berbeda. Oleh karena itu kali ini kami akan membahas kedua pemikiran itu sehingga kita tahu. Berikut ini adalah informasi mengenai contoh ham universal beserta contoh ham partikular. Ini dia informasi lengkapnya:

Pengertian Pandangan HAM Universal

Yang pertama kita akan membahas mengenai HAM yang dipandang secara luas atau dipandang universal. Sebelum mengetahuinya dengan jelas maka ketahuilah terlebih dahulu mengenai sifat-sifat hak asasi manusia sehingga kita bisa mengetahui secara jelas mengenai Hak Asasi Manusia. HAM Universal artinya adalah hak asasi manusia yang dipandang secara luas, umum, atau menyeluruh yang bisa kita ketahui hanya dari kata “universal” nya saja. Di dalam dimensi hak asasi manusia secara universal ini, hak asasi manusia atau HAM dianggap sebagai suatu hal yang paling mendasar yang ada di dalam kehidupan setiap manusia di dunia ini tanpa terkecuali.

HAM secara universal ini juga diatur di dalam UDHR atau Universal Declaration of Human Rights. Dan negara-negara yang ada di dunia ini setuju dengan adanya HAM, mereka setuju dengan adanya Hak Asasi Manusia yang dimiliki oleh semua individu tanpa terkecuali itu. Hal itu diwakilkan oleh UDHR yang sudah diciptakan. Berdasarkan dari HAM yang dipandang secara universal itu, HAM tidak hanya diberikan secara Cuma-Cuma kepada setiap individu, melainkan juga diberikan kepada orang lain supaya orang lain bisa menghormati dan menghargai setiap individu satu sama lain sehingga tidak ada jenis-jenis pelanggaran HAM yang terjadi. Penerapan sistem bahwa semua manusia di dunia ini adalah sama akan membuat pandangan yang universal jika semua manusia itu bermartabat dan pantas untuk mendapatkan kehidupan yang layak di dunia ini. Setelah mengetahui pengertian HAM secara pandangan universal marilah kita melihat contohnya.

Contoh HAM Universal

Supaya kita semua lebih mengetahui lagi HA secara universal ini dengan baik maka kini saatnya kita untuk mengetahui contohnya. Berikut adalah beberapa contohnya :

  1. Hak untuk memperoleh pendidikan

Yang pertama adalah hak untuk memperoleh pendidikan, sekarang ini semua orang sudah mendapatkan persamaan hak sehingga kita semua bisa hidup dengan baik di dunia ini. Salah satu persamaan itu adalah dalam bidang pendidikan, pendidikan merupakan salah satu aspek yang bisa membangun generasi penerus bangsa dan bisa meningkatkan indeks bangsa. HAM secara universal ini artinya menyeluruh begitu juga dengan pendidikan. HAM yang diberlakukan secara universal di dalam bidang pendidikan ini artinya semua lapisan masyarakat bisa menerima pendidikan dengan layak. Mau kaya mau miskin semua pihak bisa menerima pendidikan, pendidikan bisa diterima tidak memandang agama, suku, ras, dan yang lainnya.

  1. Hak untuk memeluk agama

Hidup di dunia ini kita juga memerlukan yang namanya agama, dengan adanya agama kehidupan kita akan menjadi lebih terarah. Oleh karena itu agama merupakan salah satu hal yang sangat penting di dunia ini, karena agama merupakan salah satu instrumen yang penting dan harusnya dimiliki oleh setiap manusia maka agama juga termasuk ke dalam HAM universal. Semua orang yang ada di dunia ini bisa memiliki agama. Setiap orang dibebaskan untuk memeluk agama  dan kepercayaan tanpa diabatasi oleh suku, ras, umur, jenis kelamin, dan lain-lainnya. Kita semua bebas untuk menentukan agama kita sendiri.


  1. Hak untuk mendapatkan perlindungan di mata hukum

Tidak hanya soal agama dan pendidkan saja, di mata hukum pun HAM secara universal itu pun juga berlaku. Setiap masyarkat berhak untuk mendapatkan perlindungan hukum secara sah, setiap masyarakat berhak untuk mendapatkan perlindungan hukum siapapun dia. Tidak terlepas siapa orangnya, apakah pejabat atau bukan, atau agamanya. Semua orang yang ada di dunia terutama di Indonesia berhak unutk mendapatkan pengakuan dan perlindungan di depan mata hukum.

Pengertian Pandangan HAM Partikular

HAM juga tidak hanya dilihat secara universal namun juga bisa diihat secara partikular. Untuk pandangan HAM secara partikular ini biasnaya dianut oleh negara yang berkembang maupun negara timur. HAM partikular di suatu negara ini lebih mengutamakan nilai budaya suatu negara tersebut. Penegakan HAM disini dikembalikan kepada negara masing-masing. HAM secara partikular ini juga bisa didefinisikan jika HAM sebuah negara itu disesuaikan dengan kondisi negara tersebut. Menurut UU nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, HAM di Indonesia sendiri mendasar kepada hak yang diberikan Tuhan yang juga mengedepankan nilai yang relatif, dimana bisa disimpulkan jika HAM yang dianut di Indonesia ini dipandang secara partikular.

Itu dia informasi dari kami mengenai contoh ham universal beserta partikular. Supaya kita lebih tahu lagi mengenai HAM maka sebaiknya kita mengetahui juga hambatan penegak ham dan juga undang-undang yang mengatur ham. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua ya!

, , ,
Post Date: Wednesday 20th, December 2017 / 04:53 Oleh :
Kategori : HAM