3 Contoh Blokade Politik yang Pernah Terjadi Diluar Negeri dan Indonesia

Fungsi dan tujuan ideologi politik tidak hanya untuk hubungan internal di dalam suatu negara. Politik luar negeri juga sangat berpengaruh terhadap kehidupan negara tersebut. Dengan menjalin hubungan politik yang baik, negara bisa saling membantu dalam berbagai bidang. Namun, ada suatu keadaan yang membuat negara melakukan blokade politik terhadap negara lainnya. Blokade politik merupakan suatu tindakan penutupan atau pemutusan hubungan politik yang dilakukan suatu negara terhadap negara lainnya. Blokade ini bisa terjadi karena berbagai alasan. Namun, umumnya blokade dilakukan sebagai tindakan protes atau hukuman terhadap suatu negara yang melanggar perjanjian kedua negara. Blokade politik ini sangat merugikan karena negara yang melakukan blokade akan memutus semua hubungan dengan negara yang diblokade tersebut. Dalam sejarah dunia, ada banyak contoh blokade politik yang pernah terjadi. Berikut ini contoh-contoh blokade politik yang sangat terkenal yang pernah terjadi di Indonesia dan juga dunia.

  • Blokade Negara-Negara Arab Terhadap Qatar

Contoh blokade politik pertama yang terjadi adalah blokade politik yang dilakukan negara-negara arab dan timur tengah terhadap Qatar. Blokade politik ini dilakukan pada tahun 2017 dan masih berlangsung hingga saat ini. Blokade politik ini dilakukan karena negara-negara di sekitar Qatar merasa bahwa Qatar memberikan biaya untuk kegiatan terorisme yang terjadi di wilayah Teluk Arab. Negara-negara seperti Arab Saudi, Uni Emirat Arab, hingga Mesir juga meminta Qatar untuk menghentikan hubungannya dengan Iran serta menghentikan siaran TV Al Jazeerah. Namun, Qatar membantah tudingan membiayai kelompok terorisme dan tidak memenuhi keinginan lainnya dari negara-negara tersebut. Salah satu dari sifat-sifat ideologi politik yang diterapkan oleh Qatar adalah untuk tidak takut dengan ancaman yang dikeluarkan oleh negara-negara tetangganya. Hal inilah yang membuat blokade politik terhadap Qatar ini masih berlangsung.

  • Blokade Politik Israel Terhadap Palestina

Contoh blokade politik yang juga masih berlangsung dan sudah lama terjadi adalah blokade politik yang dilakukan Israel terhadap Palestina. Blokade politik ini juga menjadi salah satu yang paling dikecam di dunia. Bentuk blokade politik yang dilakukan oleh Israel adalah dengan membangun tembok pembatas antara Israel dan Palestina. Adanya tembok-tembok ini membuat warga Palestina tidak bisa bebas keluar masuk ke negaranya karena telah dipagari. Ekspor impor yang dilakukan oleh Palestina pun menjadi terganggu dengan adanya blokade politik ini.

  • Blokade Belanda Terhadap Indonesia (1945-1947)

Contoh blokade politik berikutnya adalah yang pernah terjadi di Indonesia. Indonesia pernah mengalami blokade politik dari negara yang pernah menjajah Indonesia, yaitu Belanda. Sebagai upaya menjaga keutuhan NKRI, Indonesia harus melawan Belanda di awal-awal kemerdekaan. Salah satu tujuan pembangunan nasional Indonesia sejak dahulu ialah tidak ingin membiarkan Indonesia kembali ke tangan penjajah. Hal ini Belanda melakukan blokade politik selama dua tahun, yaitu tahun 1945 hingga 1947. Belanda tidak ingin mengakui kemerdekaan Indonesia serta ingin kembali menjadikan Indonesia sebagai tanah jajahan. Namun, blokade politik ini tidak membuat Indonesia gentar. Semua masyarakat Indonesia menyadari bahwa sudah menjadi kewajiban warga negara untuk mengusir penjajah meskipun ada banyak tekanan.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Politik