6 Poin Penting Fungsi dan Tujuan Ideologi Politik di Dunia

Ideologi merupakan sekumpulan dari gagasan, ide, keyakinan, maupun kepercayaan yang tergabung secara menyeluruh serta sistematis. Ideologi juga dipahami sebagai suatu pedoman normatif yang dianut atau dijadikan suatu dasar dalam menjalankan kehidupan oleh sekumpulan orang ataupun negara dalam upaya mencapai tujuan maupun cita-cita bersama.

Ideologi juga dijadikan sebagai suatu dasar nilai serta keyakinan yang dijunjung tinggi oleh para pengikut atau penganutnya. Macam-macam ideologi di dunia sendiri sangat beragam, salah satunya adalah ideologi politik. Ideologi politik sendiri memiliki fungsi dan tujuan yang penting bagi kelangsungan hidup suatu negara. Apa saja fungsi dan tujuan ideologi politik tersebut? dalam kesempatan kali ini akan dibahas mengenai fungsi dan tujuan ideologi politik didunia secara lebih jelas dan lengkap.

Ideologi Politik

Sebelum membahas mengenai fungsi dan tujuan ideologi politik, akan lebih baiknya jika dipahami terlebih dahulu apa yang sebenarnya disebut sebagai ideologi politik. Ideologi politik merupakan sekumpulan ide dan juga prinsip yang menjadi dasar bagaimana untuk mengatur kekuasaan dan bagaimana kekuasaan tersebut seharusnya dilaksanakan, serta juga sebagai suatu dasar dalam mengatur kehidupan masyarakat suatu negara maupun ketata negaraan.

Beberapa jenis atau macam-macam ideologi politik diantaranya adalah ideologi liberalisme, ideologi kapitalisme, ideologi sosialisme, ideologi marxisme, dan masih banyak yang lainnya seperti ideologi demokrasi yang sekarang banyak digunakan oleh negara-negara di dunia. Dimana ideologi-ideologi tersebut juga memiliki ciri masing-masing, seperti ciri-ciri ideologi marxisme, ciri-ciri ideologi demokrasi, dan lain sebagainya. Pada dasarnya semua ideologi memiliki fungsi dan tujuan yang sama dimana menjadi suatu pedoman dalam berjalannya kehidupan masyarakat sebagai satu kesatuan untuk mencapai harapan maupun cita-cita bersama yang telah ditentukan sejak awal.

Hal ini juga berlaku dalam ideologi politik dimana juga memiliki fungsi dan tujuan ideologi politik untuk menjadi suatu dasar dalam menjalankan kehidupan maupun aksi politik di suatu negara. Sebagai contoh seperti ideologi demokrasi yang menjadi salah satu contoh atau macam-macam ideologi di dunia juga memiliki fungsi dan tujuan untuk memakmurkan dan mensejahterakan masyarakat dengan adanya tujuan pembangunan demokrasi, dengan cara menjunjung tinggi hak asasi manusia dan kebebasan mengutarakan pendapat serta keikutsertaan langsung masyarakat dalam pengambilan keputusan dan kebijakan politik.
Selain fungsi dan tujuan ideologi politik diatas masih ada pula beberapa fungsi dan tujuan lainnya yang akan dibahas lebih lengkap berikut ini.

Fungsi Ideologi Politik

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa hakikat ideologi sebenarnya memiliki fungsi dan tujuan yang sama sebagai suatu dasar dalam menata kehidupan masyarakat, hanya saja paham dan pandangan yang berbeda mengarahkan pada cara dan aspek yang dituju menjadi berbeda-beda. Salah satunya adalah pada ideologi politik. Didalam buku “Ideologies and Modern Politics”, Christenson mendefinisikan ideologi politik sebagai suatu sistem kepercayaan yang dapat memberikan penjelasan serta menjastifikasikan suatu tatanan politik dalam suatu negara yang dipilih oleh masyarakatnya. Dari pengertian tersebut juga dapat ditarik kesimpulan bahwa fungsi dari ideologi politik adalah untuk menjelaskan serta menjastifikasikan suatu tatanan politik apakah telah sesuai dengan yang diharapkan oleh masyarakatnya atau tidak.


Selain itu Christenson juga menjelaskan bahwa fungsi dari ideologi politik adalah untuk mendukung, mendorong, menuntut, dan juga membatasi tindakan-tindakan politik. Baik tindakan perseorangan, kelompok, maupun juga tindakan pemerintah suatu negara. Sedangkan menurut Lyman Tower Sargent , fungsi dari idologi politik adalah untuk memberi orang-orang atau masyarakat suatu gambaran mengenai bagaimana suatu kehidupan dunia yang baik seharusnya berlangsung. Ideologi politik juga mengatur kompleksitas dunia hingga pada hal-hal yang sederhana sehingga dapat dipahami dengan baik.

Jika dilihat dari beberapa pendapat mengenai fungsi ideologi politik seperti yang telah disebutkan diatas, maka dapat disimpulkan pula bahwa ideologi politik sebenarnya berfungsi untuk memberikan suatu identitas politik atau ciri-ciri politik yang khas bagi suatu kelompok maupun bangsa dan negara yang menganutnya. Kondisi tersebut juga berfungsi untuk menentukan kemana arah aliran politik dari suatu kelompok maupun bangsa dan negara tersebut.

Tujuan Ideologi Politik


Menurut Mirriam Budiarjo, suatu ideologi politik merupakan himpunan maupun sekumpulan nilai, ide, norma, dan juga kepercayaan yang dimiliki oleh seseorang maupun sekelompok orang dimana menjadi suatu dasar dalam menentukan sikap terhadap suatu kejadian maupun masalah politik yang dihadapi, serta juga menentukan tingka laku politiknya. Oleh sebab itu ideologi politik memiliki tujuan untuk menentukan tingkah laku politiknya ketika terjadi masalah politik maupun menentukan sikap politik suatu negara maupun kelompok. Selain itu, ideologi politik juga memiliki beberapa tujuan seperti:

  • Mempersatukan bangsa, karena dengan diterapkannya satu ideologi politik dalam suatu bangsa dan negara dapat mempersatukan pandangan serta paham akan bagaimana suatu kehidupan bangsa dan negara secara politik harus diarahkan.
  • Mencapai tujuan atau kepentingan yang sama, artinya bahwa ideologi politik yang diterapkan juga bertujuan untuk membimbing serta mengarahkan masyarakat, perseorangan, maupun bangsa dan negara pada satu tujuan maupun kepentingan yang sama.
  • Mengarahkan cita-cita bangsa, seperti ideologi demokrasi yang mencita-citakan adanya kesejahteraan dan kemakmuran pada masyarakatnya maka ideologi politik juga bertujuan untuk mengarahkan cita-cita suatu bangsa yang ingin dicapai bersama.
  • Memberi pedoman pembangunan, selain mengarahkan cita-cita bangsa, adanya ideologi politik juga bertujuan untuk memberikan pedoman bagi rencana pembangunan bangsa dan negara.

Demikian penjelasan mengenai fungsi dan tujuan ideologi politik secara umum di dunia. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

, , , ,




Post Date: Monday 08th, October 2018 / 09:42 Oleh :
Kategori : Politik