9 Contoh Geopolitik di Dalam Dunia

Geopolitik, adalah singkatan dari politik geografis. Definisi adalah geografi dari tanah yang dilihat pada efek politik, atau orang-orang. Keduanya bekerja dalam hubungan satu sama lain. Geografi dan pengaruhnya pada orang-orang. Contohnya adalah tanah yang mengalami kekeringan, bagaimana kekeringan menyebabkan perubahan politik. Dampak kekeringan bisa berarti pemerintah yang kurang stabil, migrasi orang, keluar dari daerah dengan sedikit makanan dan ke daerah di mana ada makanan. Geopolitik memperhitungkan fitur geografis bagaimana seseorang bergerak di dunia. Ada beberapa contoh struktur geografis, gunung, samudra, danau sungai, dan bagaimana fitur geografis ini mempengaruhi migrasi manusia seperti controh suprastruktur politik.

Contohnya adalah negara yang terkurung daratan tanpa penyangga alami. Lahan mungkin memiliki topografi datar, dan menerima curah hujan yang tinggi. Geopolitik tanah. menyebabkan gerakan orang di tanah untuk menjangkau tetangga. Terutama jika tetangga memiliki kondisi yang lebih cocok, iklim, dan topografi. Sepotong tanah yang datar secara geografis menjadi sasaran invasi, karena kurangnya daerah penyangga alami. Fitur geografis dari setiap lahan memberikan orang-orang, keuntungan geografis tertentu. Tidak ada lahan yang sempurna, ada kemungkinan besar, kerugian geografis dalam hal politik wilayah geografis seperti tugas partai politik. Ada banyak contoh geopolitik secara historis dan sekarang.

Contoh Geopolitik Di Dunia

Berikut beberapa contoh geopolitik yang akhir-akhir ini sedang marak dibicarakan :

1. Pembatasan Dukungan

Pembatasan AS terhadap dukungan Iran dan Uni Eropa dari Yunani, keduanya merupakan contoh geo-politik baru-baru ini. Nasib bangsa-bangsa sekarang terikat erat. Mustahil bagi Cina untuk mengabaikan semua Afrika atau Prancis untuk mengabaikan semua Asia atau kombinasi negara dan benua lainnya. Semua politik adalah aspek geo-politik, sekarang ini seperti tujuan politik luar negeri.

2. Dinding Perbatasan Mexico

Banyak hal yang bisa dilihat sebagai geopolitik. Trump berencana untuk membangun dinding di perbatasan Meksiko untuk menjaga kartel narkoba akan menjadi contoh geopolitik. Ini adalah alasan politik untuk membangun tembok untuk membantu orang-orang Amerika, dan jika ada yang tahu bagaimana persediaan dan permintaan bekerja, Anda tahu mengapa banyak yang berfikir itu hal yang bodoh.

3. Potensi Lahan Pertanian Rusia

Rusia memiliki begitu banyak tanah juga merupakan contoh bagus lainnya. Mereka memiliki banyak potensi untuk menumbuhkan banyak lahan pertanian dan menjadi kekuatan super berikutnya karena populasi Cina cukup dekat dengan mereka, meningkatkan perdagangan. dan itulah yang perlu dipikirkan oleh negara lain.

4. Peningkatan Perdagangan India

Sekarang ini adalah salah satu contoh kecil tetapi merupakan hal yang bagus. India berada di tengah-tengah banyak negara adalah contoh yang bagus. Mereka memiliki kemampuan untuk berdagang dengan negara lain dan menjadi kuat tetapi ada negara dunia ketiga, jadi tidak ada yang melakukannya.

5. Politik Afrika

Salah satu contoh yang paling menarik adalah “politik udara” di Afrika. Karena geografi, banyak negara Afrika berbagi Sungai Nil, yang dianggap sebagai sumber air utama oleh banyak negara termasuk tetangga Mesir dan Ethiopia. Suara gemuruh Mesir untuk mengendalikan Sungai Nil selama beberapa dekade terakhir adalah contoh geopolitik dan sejauh mana geografi menegangnya hubungan antar negara.


6. Kekeringan 

Karena pemanasan global, kekeringan semakin menjadi masalah di seluruh dunia dan kami melihat pemerintah berfokus pada kebijakan baru tentang pertanian dengan lebih banyak investasi.  Ada banyak yang melihat banyak hal di California saat ini, tetapi pasti tidak terbatas pada kawasan tersebut saja.  Contoh lain adalah hak air antar negara yang benar-benar menjadi alat tawar yang penting. Turki membangun salah satu bendungan terbesar tapi pasti yang paling penting di dunia yang mengontrol aliran air dari Tigris dan Eufrat yang mereka gunakan untuk mempersenjatai cukup banyak negara yang kaya akan penduduk yang cerdas.

7. Situasi Geografis Yang Buruk

Juga beberapa negara seperti Australia yang menghadapi situasi geografis yang sangat keras mengadopsi hampir semua kebijakan mereka dengan keadaan alami negara dalam pikiran. Tidaklah mungkin untuk memiliki kota-kota besar di suatu negara yang begitu jauh dari satu sama lain tetapi itu pada dasarnya adalah masalah yang harus dicari solusi Australia. Timur Tengah adalah tempat yang sangat baik untuk mencari lebih banyak contoh seperti hampir semua politisi di dunia mendekati wilayah dengan hal-hal spesifik dalam pikiran karena sebagian besar sumber daya alam berasal dari daerah tetapi selain menjaga aspek geografis dalam pikiran mereka juga menempatkan pendekatan ideologis orang-orang di daerah itu untuk politik mereka.

8. Masalah Angkatan Laut Russia

Contoh klasik geopolitik adalah perjuangan untuk menahan angkatan laut Rusia. Lebih khusus lagi, Rusia tidak memiliki pelabuhan untuk angkatan lautnya di mana air tidak membeku selama musim dingin. Akan lebih mudah bagi Rusia untuk melawan Angkatan Laut AS di laut jika memiliki bagian air hangat yang bisa diakses sepanjang tahun.

Jadi tujuan kebijakan luar negeri AS adalah menghalangi negara-negara dengan pelabuhan air hangat dari pelabuhan-pelabuhan yang disewakan ke angkatan laut Rusia. Rusia mendukung Iran dan Suriah untuk mengimbangi pengaruh AS di timur tengah adalah contoh Geopolitik. Mereka tidak peduli tentang negara-negara itu dan akan dengan senang hati mendukung Arab Saudi jika ternyata AS mendukung Iran. Dan sebaliknya. Inilah beberapa contoh kasus Geopolitik.

9. Erosi Hubungan Beberapa Negara

Ini menjadi awal yang menggelegar untuk tahun ini, dengan pertengkaran antara Arab Saudi dan Iran dan terjunnya pasar keuangan di China. Tetapi Grup Eurasia, konsultan risiko politik yang saya dirikan dan awasi, percaya bahwa risiko tertinggi untuk 2018 berpusat pada erosi hubungan yang telah menjadi landasan stabilitas global. Kemitraan transatlantik telah menjadi aliansi paling penting di dunia selama hampir 70 tahun, tetapi sekarang ini lebih lemah dan kurang relevan daripada kapan pun dalam beberapa dekade. AS tidak lagi memainkan peran yang menentukan dalam menangani salah satu prioritas utama Eropa. Intervensi Rusia yang berlanjut di Ukraina dan konflik di Suriah akan mengekspos divisi transatlantik. Ketika jalur AS dan Eropa menyimpang, tidak akan ada orang yang memainkan pemadam kebakaran internasional dan konflik global, khususnya di Timur Tengah, akan dibiarkan mengamuk.

Belum pernah ada negara di tingkat perkembangan ekonomi dan politik Cina yang sederhana meninggalkan jejak yang begitu luas. Ini adalah satu-satunya negara skala saat ini dengan strategi ekonomi global yang nyata. Pengakuan pada 2018 bahwa China adalah penggerak paling penting dan paling tidak pasti dari serangkaian hasil global akan semakin membuat bingung pemain internasional lainnya yang tidak siap untuk itu, tidak memahami atau setuju dengan prioritas Cina dan tidak akan tahu bagaimana menanggapi perubahan itu.

Memahami Cara Gepolitik Berkembang dan Mempengaruhi Tatanan Dunia

Tempat apa pun terdiri dari beberapa dimensi. Ada ekonomi yang memberi makan orang. Ada politik untuk organisasi internal. Ada militer untuk pembuatan perang dan pertahanan, teknologi untuk mengelola alam, dan budaya – yang mendefinisikan segala sesuatu dari komunitas hingga keindahan. Semua ini adalah komponen geopolitik. Komponen-komponen ini dibentuk oleh tiga hal. Pertama, ada kendala tempat.

Kedua, ada tingkatan di mana berbagai sistem berinteraksi untuk menciptakan kekuatan di semua dimensinya. Akhirnya, ada komunitas sekitar di kekuatan mereka, ketakutan dan keinginan mereka. Ini diambil bersama-sama menciptakan keharusan dan kendala. Imperatif adalah hal-hal yang harus dilakukan agar suatu komunitas dapat bertahan dan sejahtera. Batasan adalah hal-hal yang tidak bisa dilakukan. Imperatif dan kendala jarang sejajar. Ada hal-hal yang harus dilakukan yang tidak bisa dilakukan. Setiap bangsa berjuang untuk menyelaraskan hal-hal yang harus terjadi dengan hal-hal yang tidak mungkin, sejauh realitas mengizinkannya seperti makna politik bebas aktif.


  • Definisi paling sederhana adalah bahwa ada pergeseran geopolitik yang luas yang terjadi, seiring waktu, akan mengubah cara dunia bekerja.
  • Geopolitik seperti yang kita pahami sangat berbeda dari cara orang lain menafsirkannya. Bagi kebanyakan orang, itu adalah istilah yang digunakan secara bergantian dengan “hubungan internasional.” Bagi kami, itu adalah cara terpadu memandang dunia.
  • Ini dimulai dengan tempat dan kendala dan kemungkinan geografi. Geografi mendefinisikan jenis-jenis komunitas yang kita miliki, dari desa-desa kecil yang merdeka hingga negara-bangsa yang luas.
  • Model adalah penjumlahan bagaimana imperatif dan kendala yang kami identifikasi saling berhadapan di tingkat global.
  • Model memberi tahu kita dua hal. Yang pertama adalah bagian dunia apa yang dapat mengubah realitas global secara signifikan. Yang kedua adalah memprediksi apa kemungkinan hasil perubahan yang akan terjadi.
  • Jadi misalnya, pada saat ini, Model ini mencatat bahwa Eurasia sedang dalam proses perubahan degeneratif besar-besaran. Uni Eropa gagal pada berbagai level. Rusia semakin agresif dalam jangka pendek dan rapuh dalam jangka panjang. China sedang berjuang untuk mengatasi pergeseran besar dalam ekonominya. Timur Tengah mendefinisikan kembali dirinya sendiri setelah runtuhnya perbatasan Eropa yang diberlakukannya.
  • Dari ini kita juga dapat memperkirakan bahwa Asia Tengah akan mengguncang, terjebak di antara berbagai kekuatan. Akhirnya, Amerika Serikat dan Amerika Utara, tidak seperti Eurasia stabil dalam banyak hal dan meningkatkan kekuatannya.

Tantangan kecerdasan strategis adalah untuk melihat dan memahami hal yang sudah jelas. Belajar mempercayai apa yang Anda lihat betapapun tidak masuk akal hal itu mungkin muncul jauh lebih sulit daripada kedengarannya.

, , ,




Post Date: Tuesday 15th, May 2018 / 07:20 Oleh :
Kategori : Politik