30 Contoh Pancasila sebagai Ideologi Negara Indonesia dalam Kehidupan Sehari-hari

Makna dari Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia yaitu ia merupakan kaidah penyelenggaraan negara yang bersifat fundamental, yang berarti Pancasila itu merupakan hukum dasar. Karena sifatnya fundamental, mungkin sebagian dari kita merasa kesulitan menerapkan fungsi Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, untuk lebih memahami seperti apa tepatnya nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia, selanjutnya akan penulis sampaikan 30 contoh Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia.

Sila Pertama Dalam Contoh Penerapannya

Sila ketuhanan yang Maha Esa merupakan sila yang melingkupi seluruh sila selanjutnya. Berikut ini merupakan contoh sila pertama Pancasila sebagai ideologi negara:

1. Menjunjung Kebebasan Beragama

Makna kemerdekaan beragama bagi bangsa Indonesia begitu besar. Oleh karena itu, kita sebagai warga negara Indonesia yang baik harus senantiasa menjunjung tinggi kebebasan beragama. Kita harus menghindarkan diri kita dari memaksa orang lain untuk masuk agama tertentu dan kita juga harus mencegah hal tersebut.

2. Bertindak Sesuai dengan Ajaran Agama

Sejatinya di setiap agama selalu diajarkan kebaikan. Oleh karena itu, kita harus bertindak sesuai dengan apa yang diajarkan oleh agama kita dan menjaga diri dari melakukan hal-hal yang dilarang oleh agama.

3. Mewujudkan Toleransi Agama

Toleransi adalah sikap saling hormat menghormati antar pemeluk agama. Dengan saling menghormati antar agama, maka kedamaian akan tercipta di tengah masyarakat dan kita akan terhindar dari konflik antar agama. Di bawah ini adalah contoh lainnya:

  • Mendukung kegiatan keagamaan yang ada di sekitar kita baik dengan harta maupun dengan tenaga
  • Mempelajari lebih dalam mengenai agama kita dan mengajarkan apa yang kita tahu kepada orang lain
  • Menjaga fasilitas keagamaan yang ada atau memberikan bantuan sarana prasarana keagamaan

Sila Kedua Dalam Contoh Penerapannya

Sila kemanusiaan yang adil dan beradab sangat mewakili semangat bangsa Indonesia untuk menyamakan derajat manusia-manusianya. Di bawah ini merupakan contoh sila kedua Pancasila sebagai ideologi negara:

1. Senantiasa Menghormati Orang Lain

Manusia diciptakan oleh Tuhan dengan derajat yang sama. Oleh karena itu, sudah seharusnya setiap orang saling menghormati. Menghina atau melecehkan orang lain adalah suatu bentuk pelanggaran dari sila kedua.

2. Berani Menegur Sesuatu yang Salah

Adanya keadilan harus ditegakkan di dunia ini. Maka dari itu, ketika ada sesuatu yang salah di sekitar kita, kita harus berani menegur hal tersebut dan meluruskannya. Tentunya dengan adab yang disesuaikan dengan kondisi.

3. Menghindari Diskriminasi dalam Pergaulan


Ketika kita menjadikan Pancasila sebagai ideologi, maka kita tidak akan membedakan orang-orang dalam pergaulan hanya dikarenakan suku, ras, agama, adat, tingkat pendidikan, kondisi ekonomi dan lain sebagainya. Di bawah ini adalah contoh lainnya:

  • Mengusahakan yang terbaik dalam membantu orang lain
  • Melaksanakan hak sendiri dengan tidak mengganggu pelaksanaan hak orang lain
  • Menjalankan kewajiban sebagai warga negara dengan sepenuh hati

Sila Ketiga Dalam Contoh Penerapannya

Sila persatuan Indonesia merupakan perwujudan dari keinginan bangsa Indonesia untuk mencapai dan menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia. berikut ini merupakan contoh sila ketiga Pancasila sebagai ideologi negara:

1. Menghindari Penyebab Konflik

Seringkali konflik yang terjadi di tengah masyarakat disebabkan oleh hal sepele dan menjadi penyebab disintegrasi bangsa. Oleh karena itu, kita harus sedapat mungkin menghindari penyebab konflik dan menjaga kedamaian di tengah masyarakat.

2. Mendahulukan Kepentingan Bersama

Makna dari persatuan adalah adanya keterikatan. Salah satu sebab persatuan adalah adanya kepentingan bersama. Maka dari itu, sedapat mungkin kita harus mendahulukan tercapainya kepentingan bersama di tengah masyarakat.

3. Memelihara Kekayaan Budaya Indonesia

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang kaya dengan keanekaragaman budaya. Menjaga kekayaan budaya Indonesia juga merupakan salah satu penerapan dari Pancasila karena ia juga termasuk dalam upaya menjaga keutuhan NKRI. Berikut ini adalah contoh lainnya:

  • Mengutamakan Menggunakan produk dalam negeri
  • Mengadakan kegiatan yang meningkatkan persatuan dan kesatuan di masyarakat
  • Menjaga nama baik bangsa dan negara di forum internasional

Sila Keempat Dalam Contoh Penerapannya

Sila keempat dari Pancasila menginginkan rakyat sebagai ujung tombak sekaligus orang-orang yang dilayani oleh negara. di bawah ini merupakan contoh sila keempat Pancasila sebagai ideologi negara:

1. Bermusyawarah untuk Pengambilan Keputusan

Ciri utama dari sila keempat adalah musyawarah mufakat dalam pengambilan keputusan mengenai kepentingan bersama. Kita harus senantiasa mengutamakan musyawarah untuk memutuskan sesuatu yang penting.

2. Mengembangkan Sikap Demokratis

Terdapat unsur demokratis di dalam sila keempat. Hal ini menyebabkan kita harus dapat mengembangkan sikap demokratis pada diri kita dan orang-orang di sekeliling kita, terutama sikap positif terhadap pelaksanaan demokrasi. Berikut ini merupakan contoh lainnya:

  • Berani berpendapat di muka umum dengan tetap menjaga asas kemerdekaan mengemukakan pendapat di muka umum.
  • Melaksanakan hasil musyawarah dengan hati yang tulus
  • Menyampaikan aspirasi atau saran yang membangun kepada pemerintah
  • Mengkritisi jalannya penyelenggaraan negara oleh pemerintah

Sila Kelima Dalam Contoh Penerapannya

Sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia menginginkan kesejahteraan yang berkeadilan bagi segenap rakyat Indonesia. berikut ini merupakan contoh sila kelima Pancasila sebagai ideologi negara:

1. Berperilaku Adil dalam Setiap Keadaan

Bersikap adil berarti kita dapat menempatkan sesuatu sesuai dengan porsi dan haknya. Keadilan seringkali sulit diperoleh di tengah masyarakat. Maka dari itu, kita harus dapat bersikap adil dalam setiap situasi.

2. Berani Memperjuangkan Keadilan

Banyak ketidakadilan yang terjadi di negara ini. Apapun posisi sosial kita, kita harus tetap selalu memperjuangkan keadilan. Kita juga dapat mengajak orang lain untuk memperjuangkan keadilan itu agar posisi kita lebih kuat.

Berikut ini merupakan contoh lainnya:

  • Berusaha menyejahterakan masyarakat
  • Mencegah kriminalitas yang terjadi di sekitar kita
  • Menghargai karya orang lain dan memberikan kritik saran yang membangun
  • Bekerja keras dalam hal apapun

Itulah artikel mengenai 30 contoh Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia yang dapat penulis sampaikan dalam kesempatan ini. 30 contoh Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia terkait dalam kehidupan masyarakat Indonesia sehari hari. Sampai jumpa pada kesempatan lainnya dan semoga sukses selalu bagi para pembaca.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 02nd, November 2017 / 07:21 Oleh :
Kategori : Moral