17 Contoh Sikap Bertanggung Jawab dalam Kehidupan Sehari-hari

Di dalam kehidupan sehari-hari, pastinya kita sering menemui apa yang disebut dengan perilaku terpuji dan perilaku tidak terpuji atau tercela. Nah, kodrat manusia sendiri tentu menginginkan dirinya untuk senantiasa berperilaku terpuji di dalam setiap kondisi yang ia temui. Namun, terkadang keadaan  atau pendidikan yang kita terima baik dari lingkungan formal maupun lingkungan sehari-hari membuat kita seringkali tidak menyadari bahwa mungkin apa yang telah, sedang, atau pun akan kita lakukan merupakan perbuatan tercela. Maka dari itu, pentingnya pendidikan karakter semakin terasa di tengah kondisi zaman yang terus menggerus nilai moral ini.

Pendidikan karakter sendiri yaitu suatu proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan untuk membangun sebuah karakter dari diri orang tersebut agar menjadi lebih baik di dalam moral dan tingkah lakunya dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan karakter mutlak dilakukan agar setiap orang senantiasa melakukan perilaku terpuji dan menjauhkan diri dari perilaku yang tidak terpuji. Pendidikan karakter di sekolah juga gencar dilakukan, terutama yang berkaitan dengan moral kewarganegaraan dalam bentuk mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN).

Terdapat banyak sikap terpuji yang biasa atau dapat kita lakukan dalam keseharian kita, misalnya yaitu jujur, disiplin, berani, tenggang rasa, toleransi, dan lain sebagainya. Nah, dalam kesempatan ini kita akan lebih berfokus terhadap salah satu dari perilaku terpuji tersebut, yaitu sikap bertanggung jawab. Apa itu tanggung jawab? Tetap simak pembahasan berikutnya ya.

Pengertian Sikap Bertanggung Jawab dalam Kehidupan Sehari-hari

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sikap sendiri merupakan kata lain dari aksi, gerak-gerik, kelakuan, perbuatan, perilaku, tabiat, tindakan atau tingkah laku. Ia dapat juga diartikan sebagai pandangan, pendapat, pendirian, dan juga prinsip dalam mengambil langkah. Menurut KBBI pula, frasa tanggung jawab memiliki arti yaitu suatu keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang wajib menanggung segala sesuatu yang berarti jika terjadi suatu masalah tertentu, maka seseorang atau sekelompok orang tersebut boleh dituntut, dipersalahkan, diperkarakan, dan lain sebagainya.

Dari pengertian yang telah dipaparkan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa sikap bertanggung jawab memiliki arti yaitu suatu perbuatan seseorang atau sekelompok orang yang menanggung segala sesuatu yang jika terjadi sesuatu, maka ia atau mereka dapat dituntut, dipersalahkan, diperkarakan, dan lain sebagainya. Mengetahui pengertian dari sikap ini tentunya kita merasa cukup berat untuk melakukannya. Namun, sejatinya sikap bertanggung jawab dapat kita ibaratkan sebagai jinak jinak merpati, alias mudah mudah sulit dalam pelaksanaannya.

Contoh dari Sikap Bertanggung Jawab dalam Kehidupan Sehari-hari

Dari penjelasan makna sikap bertanggung jawab yang telah disebutkan di atas, sepertinya sulit untuk melaksanakan sikap tersebut. Namun, sebenarnya tanpa kita sadari, sesungguhnya kita telah, sedang, atau akan melakukan sikap tersebut. Agar pembaca lebih memahami apa itu sikap bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari, di bawah ini penulis akan memaparkan beberapa contoh dari sikap bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang dapat kita amalkan agar kita semakin meningkatkan moral kita:

1. Contoh dari Sikap Bertanggung Jawab di Lingkungan Rumah

Rumah merupakan tempat kita berpulang dari segala kesulitan hidup di luar rumah. Rumah menjadi tempat peristiharatan kita dari segala kelelahan kita menghadapi permasalahan di luar rumah. Rumah yang dimaksud adalah rumah yang di dalamnya terdapat keluarga seperti ayah, ibu, anak, kakek, nenek, dan lain sebagainya. Setiap anggota keluarga tersebut memiliki tanggung jawabnya masing-masing sebagai struktur dari keluarga tersebut.


Apabila salah satu dari anggota keluarga tidak menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap apa yang menjadi tanggung jawabnya, maka akan terjadi ketidakseimbangan fungsional di dalam keluarga tersebut yang kemungkinan besar akan menimbulkan konflik di tengah keluarga. Konflik keluarga dapat menjadi salah satu penyebab konflik sosial di tengah masyarakat yang tentunya tidak kita inginkan adanya.

Untuk lebih memahami perbuatan apa saja yang merupakan bagian dari sikap bertanggung jawab di lingkungan rumah yang dapat kita lakukan atau sedang kita lakukan, di bawah ini penulis sampaikan kepada pembaca contoh sikap bertanggung jawab di lingkungan rumah:

  1. Seorang ayah yang melaksanakan tanggung jawabnya untuk menafkahi keluarga agar keluarganya senantiasa berkecukupan dalam memenuhi kebutuhan hidup setiap anggota keluarga.
  2. Seorang ibu yang melakukan usaha terbaiknya untuk mengelola tata rumah tangga yang baik dan benar agar rumah berikut anggota keluarganya dapat berkegiatan dengan baik.
  3. Anak dalam keluarga yang senantiasa berusaha melakukan tanggung jawabnya untuk belajar dengan bersungguh-sungguh agar dapat berbakti pada orang tuanya.
  4. Seorang kakak yang melaksanakan tanggung jawabnya untuk menjaga adiknya dan menjadi teladan yang baik agar si adik dapat memiliki akhlak yang baik.

2. Contoh dari Sikap Bertanggung Jawab di Lingkungan Sekolah

Sekolah merupakan salah satu tempat yang menjadi tempat kita paling banyak menghabiskan waktu di dalamnya, terlebih dengan adanya sistem full day school, setidaknya kita menghabiskan waktu sekitar delapan hingga sembilan jam di sekolah. Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa sekolah merupakan rumah kedua bagi kita, dan guru adalah orang tua kedua bagi kita.

Kita ada di sekolah dengan tujuan untuk mempelajari banyak hal sehingga kita memiliki kemampuan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang sedang atau kita temui dalam hidup. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk senantiasa bersungguh-sungguh dalam setiap kegiatan di sekolah selama kegiatan itu baik bagi kita. Serius di dalam kegiatan persekolahan merupakan salah satu sarana agar tujuan pembangunan nasional Indonesia dapat tercapai.

Apabila kita tidak bersungguh-sungguh dalam menerima pelajaran atau pun melaksanakan segala kegiatan di sekolah, maka kitalah pihak yang merugi. Dapat dikatakan bahwa kita menjadikan sekolah sebagai neraka jika kita tidak serius di sekolah. Pengembangan diri kita pun semakin terhambat. Oleh karena itu, kita harus bersungguh-sungguh dalam bertanggung jawab atas kewajiban kita di sekolah. Di bawah ini penulis sampikan kepada pembaca apa saja contoh sikap bertanggung jawab di lingkungan sekolah:

  1. Siswa siswi yang secara sadar melaksanakan tanggung jawabnya untuk menaati segala tata tertib sekolah yang berlaku
  2. Para guru yang dengan sepenuh hati mengajarkan materi agar anak didiknya mengerti apa yang mereka ajarkan
  3. Para siswa yang melaksanakan kewajiban piket kebersihan kelas atau gotong royong membersihkan sekolah
  4. Para guru yang membimbing siswa siswinya dalam hal pengembangan diri (kegiatan ekstrakurikuler) di sekolah
  5. Para siswa yang dengan sungguh-sungguh mengerjakan ulangan atau pun latihan soal dengan jujur dan tanpa mencontek.
  6. Para guru yang dengan penuh tanggung jawab memberikan laporan hasil belajar anak didiknya kepada para wali murid.

3. Contoh dari Sikap Bertanggung Jawab di Lingkungan Masyarakat

Keluarga merupakan unit atau organisasi terkecil di dalam masyarakat. Peran keluarga dalam pembentukan kepribadian merupakan salah satu unsur terpenting dalam menciptakan kondisi masyarakat yang aman, tenteram, dan tertib. Kondisi ini merupakan kondisi ideal yang akan tercipta ketika moral masyarakat baik dan kesejahteraan sosial masyarakat tercapai dengan merata.

Nah, salah satu ciri moral masyarakat yang baik yaitu tingginya sikap bertanggung jawab setiap anggota masyarakat dalam ruang lingkup kehidupan bermasyarakat itu sendiri. Di dalam masyarakat, tentunya ada kewajiban-kewajiban yang harus kita lakukan sebagai anggota masyarakat. Menjalankan kewajiban tersebut dengan penuh tanggung jawab merupakan suatu hal yang harus kita lakukan sebagai anggota masyarakat yang baik. Jika kita mengelakkan tanggung jawab itu, maka kita akan mengacaukan kondisi masyarakat. Berikut ini merupakan contoh sikap bertanggung jawab di lingkungan masyarakat:


  1. Bapak-bapak Siskamling (sistem keamanan lingkungan) yang melaksanakan ronda tiap malam untuk menjaga keamanan lingkungan
  2. Anggota masyarakat yang dengan sepenuh hati melaksanakan kerja bakti untuk membersihkan lingkungan sekitar
  3. Kepala keluarga yang bersedia untuk membayar iuran di tingkat RT (Rukun Tetangga), RW (Rukun Warga), atau di tingkat desa
  4. Keluarga yang membayar pajak dengan taat
  5. Setiap anggota masyarakat yang berusaha menjaga kebersihan dan kenyamanan di lingkungan sekitar
  6. Ketua RT, RW, atau kepala desa yang berusaha sekuat tenaga untuk mengayomi dan melayani warga yang dipimpinnya.
  7. Ibu-Ibu PKK yang bekerja sama dengan dinas kesehatan untuk mengadakan posyandu (pos pelayanan terpadu) di lingkungannya agar kesehatan masyarakat terjaga.

Penjelasan yang telah disampaikan di atas merupakan penjelasan mengenai contoh sikap bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari. Penulis berharap, dengan pembaca membaca artikel ini, pembaca dapat lebih memahami mengenai apa itu tanggung jawab secara lebih tepat dan juga sikap seperti apa yang mencerminkan sikap bertanggung jawab kita dalam kehidupan sehari-hari. Setelah membaca artikel ini, semoga pembaca dapat mengamalkan setiap contoh dari sikap bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari dan juga mengajak orang-orang di sekitar kita agar senantiasa melaksanakan tanggung jawab yang dimilikinya. Jangan sampai kita lalai dari tanggung jawab kita. Nah, sampai jumpa pada kesempatan yang lain, semoga sukses selalu mengiringi langkah para pembaca!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 17th, November 2017 / 08:22 Oleh :
Kategori : Moral