5 Contoh Sikap Peduli di Rumah Terhadap Lingkungan

Rumah ialah tempat kita melabuhkan segalanya, entah suka, entah duka. Rumah menjadi pelindung kita dari kerasnya kehidupan di dunia yang luas ini. Tentu saja rumah yang dimaksud bukan rumah kosong yang tanpa penghuni. Rumah yang dimaksud yaitu rumah dengan keluarga kita di dalamnya. Keluarga merupakan salah satu contoh terkecil dari organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat. Kebersamaan dengan keluarga merupakan suatu hal yang harus kita syukuri dan kita jaga agar senantiasa harmonis sekalipun ada banyak permasalahan yang terus menggempur keluarga kita.

Di antara anggota keluarga tentunya harus ada hubungan timbal balik. Hubungan timbal balik yang dimaksud yaitu salah satunya adalah sikap peduli. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kita dapat menemukan bahwa kata peduli berarti memperhatikan atau mengindahkan atau menghiraukan. Maka dari itu, sikap peduli penting untuk diamalkan di tengah keluarga, karena peran keluarga dalam pembentukan kepribadian kita sangatlah penting. Nah, seperti apakah sikap peduli yang dapat kita amalkan di rumah? di bawah ini merupakan 5 contoh sikap peduli di rumah:

1. Membantu Merawat Anggota Keluarga yang Sakit

Sepanjang hidup manusia pasti ada yang namanya jatuh sakit, begitupun halnya dengan anggota keluarga kita. Seringkali kita menemukan keluarga kita sakit sehingga sulit melaksanakan aktivitas sehari-harinya. Maka dari itu, kita harus membantu dan merawat anggota keluarga yang sakit. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk sikap peduli kita terhaddap sesama anggota keluarga kita.

2. Memenuhi Permintaan Anggota Keluarga

Setiap orang pastinya memiliki harapan atau permintaan kepada orang lain. Sama halnya dengan keluarga kita. Pasti mereka memiliki harapan dan permintaan kepada diri kita. Jadi, selama harapan dan permintaan itu baik, serta kita mampu untuk memenuhinya, kita harus memenuhi harapan dan permintaan tersebut. Ini juga merupakan kepedulian.

3. Menghindarkan Diri dari Penyebab Konflik

Nah, seringkali terjadi pertengkaran di dalam keluarga. Hal tersebut memang wajar terjadi, namun tentunya akan menimbulkan rasa canggung di dalam keluarga bukan? oleh karena itu, sedapat mungkin kita harus meninggalkan segala bentuk konflik. Konflik keluarga dapat menjadi salah satu penyebab konflik sosial di tengah masyarakat juga.

4. Tidak Melakukan Diskriminasi di Dalam Keluarga

Seringkah pembaca menemui keluarga yang pilih kasih terhadap salah satu anggota keluarganya? Nah, jangan sampai hal tersebut terjadi di keluarga kita ya. Pilih kasih adalah salah satu bentuk diskriminasi yang dapat terjadi di dalam keluarga kita. Maka dari itu, kita harus menjaga keluarga kita dari adanya diskriminasi. Ini merupakan salah satu upaya menjaga keutuhan NKRI.

5. Menghargai Pendapat Sesama Anggota Keluarga

Setiap orang tentunya memiliki pendapat yang harus kita hargai keberadaannya. Menghargai pendapat sesama anggota keluarga merupakan salah satu bentuk sikap peduli yang dapat kita lakukan di lingkungan rumah. Asas-asas kemerdekaan mengemukakan pendapat di muka umum pun dapat kita terapkan di rumah.

Penjelasan yang telah disampaikan di atas adalah penjelasan mengenai 5 contoh sikap peduli di rumah. Beberapa contoh sikap tersebut memang nampaknya sederhana namun sejatinya dengan kita menerapkan dan mengajak keluarga kita untuk menerapkan 5 contoh sikap peduli di rumah, maka keluarga kita akan lebih harmonis dan dapat menyelesaikan setiap permasalahan di dalam keluarga secara lebih tepat dan berkeadilan. Selain contoh di atas, masih banyak lagi contoh sikap peduli yang dapat kita lakukan di rumah. Sampai jumpa pada kesempatan yang lain, dan semoga sukses selalu!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 17th, November 2017 / 07:19 Oleh :
Kategori : Moral