Hubungan Politik Bebas Aktif Dengan Gerakan Non Blok

Politik luar negeri Indoensia dalam sejarahnya menjadi suatu hal yang sangat menari untuk dibahas. Pengertian politik yang sangat umum, menjadikan pembelajaran terhadap setiap peristiwa politik yang terajadi di suatu negara termasuk Negara Indonesia akan dapat membantu memberikan pemahaman yang lebih luas ketimbang harus mempelajari teori teori dasar yang berkembangan dari kata politik.

Bukan hanya politik dalam negeri saja, beberapa peristiwa peran aktif politik luar negeri menjadi pokok bahasan yang menarik. Salah satu peristiwa yang sangat dikenang dalam sejarah bangsa Indonesia adalah penerapan politi luar negeri bebas aktif pada jaman presiden Soekarno. Politik bebes aktif tersebut sangat berkaitan dengan munculnya sebuah gerakan di dunia Internasional yang disebut dengan gerakan Non Blok. Berikut ulasan mengenai hubungan poitik bebas aktif dengan gerakan non blok.

  1. Prinsip dasar politik bebas aktif

Hubungan antara penerapan politik bebas aktif yang diberlakukan oleh bangsa Indoensia dengan gerakan non blok sangat berkaitan dengan prinsip dasar dari politik tersebut. Secara prinsip, makna politik bebas aktif dibagi kedalam dua pengertian yakni bebas dimana bangsa Indonesia menempatkan diri secara bebas dan tidak terikat dengan golongan maupun kekuatan kelompok manapun yang pada saat ini saling berselisih. Sedangkan aktif diartikan sebagai wujud dari sikap bangsa Indonesia di dunia internasional yang tidak akan tinggal  diam dan selalu aktif mewujudkan ketertiban dunia.

  1. Sejarah penerapan politik bebas aktif

Penerapan politik bebas aktif pada masa Presiden Soekarno oleh bangsa Indonesia dipicu oleh kondisi politik Internasional yang tidak kondusif dimana muncul blok blok yang saling berselisih dan berseteru untuk dapat mewujudkan keinginannya masih masing dan hanya memperhatikan keuntungan golongan tertentu saja. Dua kekuatan besar yang pada saat itu berselisih adalah Amerika sebagai blok barat dan Uni Soviet sebagai blok timur.

Dengan terbentuknya dua blok golongan tersebut mejadikan keduanya mengalang dukungan dari negara negara untuk dapat memenangkan perselisihan. Terkait dengan kenyataan tersebut menjadikan bangsa Indonesia mendapatkan banyak tantangan dan hambatan untuk dapat memperoleh dukungan terkait kemerdekaannya.

  1. Pemicu munculnya gerakan non blok

Gerakan non blok menjadi sebuah poros tengah yang terbentuk diantaranya blok barat Amerika dan blok Timur Unisoviet. Munculnya gerakan non blok tersebut tidak salah dipicu oleh sikap politik bebas aktif Indonesia yang tidak ingin memihan blok tertentu yang berkuasa dan berselisih saat ini guna mendapatkan banyak dukungan bagi kemerdekaannay dan tidak membatasi hanya dukung dari satu blok saja. Gerakan ini merupakan salah satu bentuk perwududan partisipasi politik bebas aktif dalam perdamaian dunia.

Indonesia yang diwakili oleh Presiden Soekarno menjadi salah satu pemerkarsa munculnya gerakan non blok yang dipicu oleh dasasila Bandung. Melalui politik bebas aktifnya, Indonesia memiliki peran yang besar dalam terbentuknya dan keberlansungan dari gerakan Non Blok ini dan bahkan sempat menjadi ketua dari negara negara yang tergabung dalam gerakan ini.

Itulah beberapa penjelasan mengenai hubungan politik bebas aktif dengan gerakan non blok yang dalam sejarahnya sangat berkaitan erat. Sikap politik bebas aktif dari Indonesia menjadi salah satu pemicu munculnya gerakan non blok di dunia internasional.




Oleh :
Kategori : UUD