6 Macam-macam Musyawarah dalam Kehidupan Sehari-hari

Para pembaca tentu telah menghafal dengan baik apa yang menjadi isi dari Pancasila. Bangsa kita ini dibangun dengan nilai-nilai dasar Pancasila semenjak tanggal kemerdekaannya. Sejarah kemerdekaan 17 Agustus 1945 mengajarkan pada kita bahwa ada hal-hal penting yang harus diputuskan dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

Pengambilan keputusan yang dilakukan oleh para pendiri bangsa tersebut dilakukan dengan mekanisme musyawarah mufakat. Demikian seperti yang diamanatkan dalam Pancasila betapa pentingnya musyawarah bagi bangsa kita. Musyawarah sendiri secara jelas disebutkan di dalam sila keempat Pancasila, yaitu Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan dan Perwakilan.

Berdasarkan sila tersebut, tentu kita menyadari bahwa adanya musyawarah sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat. Terdapat banyak manfaat musyawarah dalam kehidupan sehari-hari. Namun, untuk mencapai manfaat tersebut kita harus terlebih dahulu memahami asas-asas dalam mengemukakan pendapat di muka umum. Selanjutnya, penting bagi kita untuk memahami macam-macam musyawarah dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini penjelasannya:

1. Musyawarah Keluarga

Musyawarah keluarga merupakan jenis musyawarah yang dilakukan dalam lingkup keluarga, baik keluarga inti maupun keluarga besar. Musyawarah jenis ini biasanya dilakukan dalam rangka memutuskan segala permasalahan keluarga, misalnya mengenai nama anak, pernikahan, dan lain sebagainya.

2. Musyawarah Desa

Jenis musyawarah yang selanjutnya yaitu musyawarah desa. Musyawarah ini biasa dikenal dengan istilah rembuk desa. Umumnya, musyawarah ini dihadiri oleh para kepala keluarga di dalam desa tersebut. permasalahan yang dibahas ialah masalah pertanian ataupun masalah desa yang lainnya.

3. Musyawarah Daerah

Musyawarah daerah merupakan salah satu jenis musyawarah yang cukup besar. Biasanya anggota dari musyawarah yang satu ini adalah para perwakilan dari daerah yang lebih kecil. Materi yang dibahas dalam musyawarah ini sangat bervariasi, bergantung pada siapa yang menjadi penyelenggara dari musyawarah tersebut. Musyawarah ini juga dapat menjadi salah satu sarana penjalin silaturahmi di antara daerah yang satu dengan daerah yang lainnya.

4. Musyawarah Nasional

Jenis musyawarah yang selanjutnya yaitu musyawarah nasional. Musyawarah ini biasanya melibatkan para pemimpin dari daerah atau para perwakilan dari daerah. Musyawarah nasional cenderung memiliki skala yang besar dan umumnya diadakan satu tahun sekali dengan materi musyawarah yang bervariasi.

5. Musyawarah Anggota

Musyawarah anggota ialah musyawarah yang dilakukan dengan peserta yang merupakan anggota dari suatu organisasi tertentu. Dalam rapat ini, setiap anggota memiliki hak yang sama untuk menyatakan pendapatnya yang berkenaan dengan musyawarah tersebut. materi musyawarah biasanya merupakan hal-hal yang berbau teknis

6. Musyawarah Pimpinan

Jenis musyawarah yang terakhir penulis sampaikan kepada pembaca ialah musyawarah pimpinan. Musyawarah pimpinan merupakan jenis musyawarah dimana yang menjadi peserta musyawarah ialah para pemimpin di dalam suatu organisasi. Biasanya, apa yang dibahas oleh para pemimpin dalam musyawarah ini adalah hal-hal yang bersifat strategis demi kelangsungan organisasi yang mereka pimpin.

Uraian yang telah disampaikan di atas merupakan penjelasan secara lengkap mengenai materi macam-macam musyawarah dalam kehidupan sehari-hari yang dapat penulis sampaikan kepada pembaca dalam kesempatan yang indah kali ini. Semoga dengan membaca artikel ini pembaca dapat memahami secara lebih baik apa itu musyawarah dan seperti apa macam-macam musyawarah dalam kehidupan sehari-hari. Perlu kita pahami bersama musyawarah merupakan hal yang tidak akan pernah lepas dari usaha pencapaian tujuan pembangunan nasional Indonesia. sampai jumpa pada kesempatan yang lain dan semoga kesuksesan senantiasa mengiringi langkah pembaca dalam menjalani hidup.

, , ,




Post Date: Wednesday 06th, June 2018 / 03:20 Oleh :
Kategori : Pendidikan