4 Perbedaan Gubernur dan Bupati dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Baru-baru ini rakyat Indonesia disemarakkan dengan pemilihan kepala daerah secara serentak di berbagai daerah di berbagai sudut wilayah nusantara. Sudah menjadi salah satu kewajiban warga negara untuk mengetahui seperti apa struktur lembaga pemerintahan kabupaten kota dan provinsi itu. Negara kita sendiri termasuk negara yang tergolong besar dengan ratusan juta penduduk yang menghuni jutaan kilometer wilayah darat dan laut Indonesia ini.

Dalam kesempatan yang indah ini, penulis hendak menyampaikan kepada pembaca mengenai perbedaan gubernur dan bupati dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Keberadaan dua jenis jabatan ini sangat penting bagi bangsa kita agar dapat mewujudkan asas-asas otonomi daerah dengan baik dan benar. Berikut ini beberapa perbedaan gubernur dan bupati dalam kehidupan berbangsa dan bernegara:

1. Perbedaan Pengertian

Perbedaan yang pertama dimiliki oleh gubernur dan bupati ialah perbedaan pengertian di antara keduanya. Gubernur adalah salah satu jabatan politik di Indonesia yang merupakan kepala daerah untuk wilayah provinsi atau daerah tingkat I. di sisi lain, kita dapat memahami bahwa bupati merupakan kepala daerah untuk wilayah kabupaten atau daerah tingkat III.

2. Luas Wilayah Pemerintahan yang Berbeda

Perbedaan kedua di antara gubernur dan bupati dalam kehidupan berbangsa dan bernegara ialah luas wilayah pemerintahan mereka yang berbeda. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, gubernur memimpin daerah pada tingkat provinsi.

Provinsi merupakan gabungan dari beberapa kabupaten. Dengan demikian, gubernur memiliki kedudukan yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan bupati. Bupati sendiri mengatur wilayah yang merupakan gabungan dari beberapa kecamatan.

3. Perbedaan Tugas dan Wewenang

Selain perbedaan yang telah disebutkan sebelumnya, Jabatan politik gubernur dan bupati memiliki perbedaan tugas dan wewenang pula. Gubernur memiliki tugas dan wewenang untuk mengatur segala urusan yang berkenaan dengan pemerintahan daerah, termasuk mengatur pembagian sumber daya keuangan bagi setiap kegiatan atau program yang dimiliki oleh daerah.

Selain itu, gubernur bertanggung Jawa kepada DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Provinsi . di sisi lain, bupati memiliki tugas dan wewenang dalam urusan yang berkaitan dengan pemerintahan di kabupaten dan ia harus bertanggung jawab kepada DPRD tingkat kabupaten.

4. Jenis Peraturan yang Dapat Dibuat Berbeda

Perbedaan gubernur dan bupati dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang terakhir penulis bahas dalam kesempatan ini ialah perbedaan jenis peraturan yang dapat dibuat. Gubernur melalui persetujuan dari DPRD provinsi dapat mengeluarkan peraturan daerah (perda) yang wajib ditaati oleh setiap penduduk dan komponen pemerintahan daerah di provinsi tersebut.

Sementara itu, bupati dapat mengeluarkan peraturan kabupaten (perkab) melalui persetujuan dan pembahasan dari DPRD kabupaten. Peraturan ini harus ditaati oleh setiap orang yang ada di kabupaten tersebut, entah rakyat sipil maupun komponen lainnya di dalam kabupaten tersebut.

Uraian yang telah disampaikan di atas merupakan penjelasan secara lengkap mengenai materi perbedaan gubernur dan bupati dalam kehidupan berbangsa dan bernegara  yang dapat penulis sampaikan kepada pembaca dalam kesempatan yang indah kali ini. Semoga dengan membaca artikel ini pembaca dapat memahami secara lebih baik apa itu gubernur dan bupati beserta dengan perbedaan di antara keduanya. Perlu kita pahami bersama bahwa adanya lembaga seperti DPR dan MPR merupakan hal yang tidak akan pernah lepas dari usaha pencapaian tujuan pembangunan nasional Indonesia. sampai jumpa pada kesempatan yang lain dan semoga kesuksesan senantiasa mengiringi langkah pembaca dalam menjalani hidup.

, ,
Post Date: Friday 06th, July 2018 / 02:42 Oleh :
Kategori : Pemerintahan