10 Contoh Hak Asasi Sosial Budaya yang Tepat

Setiap manusia yang lahir di dunia ini memiliki jaminan perlindungan ham sehingga setiap hak yang manusia miliki memiliki jaminan dan lindungan sendiri sehingga setiap manusia yang ada di dunia ini bisa hidup dengan baik dan sejahtera. Hak asasi manusia atau HAM memiliki banyak sekali macam dan jenis yang berguna untuk melindungi kesejahteraan masyarakat di dunia maupun di Indonesia. Jenis hak asasi yang dibuat bertujuan sehingga para masyarakat dunia bisa hidup dengan adil dan sejahtera. Dan kali ini kami akan memberikan infromasi kepada kalian semua mengenai contoh hak asasi sosial budaya yang wajib sekali kita ketahui terutama sebagai masyarakat Indonesia. Berikut adalah informasi lengkapnya :

  1. Hak untuk mengembangkan budaya yang sesuai dengan bakat dan minat

Sebelum mengetahui apa saja contoh-contohnya lebih baik mengetahui lebih dahulu dasar hukum ham supaya kita tahu apa saja dasar-dasar hukum yang mengatur hak asasi manusia. Contoh hak pertama dari hak asasi sosial budaya adalah hak untuk mengembangkan budaya yang sesuai dengan bakat dan minat kita. Hal ini merupakan salah satu hak yang dimiliki oleh masyarakat, masyarakat tidak dilarang untuk mengaplikasikan budaya yang dimiliki negara tempat mereka tinggal. Dengan bebas masyarakat bisa mengembangkan budaya yang dimiliki oleh negara mereka berasal dan tinggal sesuai dengan bakat dan minat yang mereka memiliki. Sehingga pemerintah tak akan membatasi para masyarakatnya untuk mengembangkan budaya selama itu tidak membuat citra budaya menjadi buruk.

  1. Hak mendapatkan pengajaran

Setiap warga negara di dunia memiliki hak untuk menjadi manusia yang cerdas untuk sekarang maupun di masa depan sehingga bisa membuat negara yang mereka tempati itu semakin maju dan berkembang lagi. Oleh karena itu pemerintah juga membuat hak sehingga setiap warga negaranya bisa mendapatkan pengajaran yang baik dan layak dan bisa berperan untuk memajukan bangsanya. Hak mendapatkan pengajaran ini dapat dimiliki semua orang tanpa terkecuali dan pandang bulu. Semua orang sejak lahir memiliki jenis hak asasi yaitu sosial budaya. Sehingga tidak ada warga yang tak bisa menerima pengajaran.

  1. Hak memperoleh pendidikan layak

HAM yang ada di dunia merupakan salah satu instrumen penting yang juga bisa membangun dunia menjadi lebih baik lagi, oleh karena itu dibentuklah lembaga perlindungan ham yang akan mengatur HAM dan mengawasi dan mengatasi juga jika adanya pelanggaran HAM. Contoh dari hak sosial budaya yang selanjutnya adalah semua masyarakat di dunia ini tanpa terkecuali memiliki hak untuk memperoleh pendidikan yang layak. Mereka berhak masuk ke semua sekolah yang ada di berbagai negara, memperoleh pendidikan yang layak dan baik untuk masa depan mereka dan juga untuk kemajuan bangsa dan negara.

  1. Hak memilih dan menentukan pendidikan

Pada jaman yang serba modern ini pendidikan merupakan salah satu aspek yang penting untuk kehidupan sekarang ini. Tanpa pendidikan maka mungkin dunia tidak akan bisa menjadi maju oleh karena itu pendidikan adalah aspek nomor 1 yang sangat penting. Oleh karena itu pemerintah dunia juga membuat sebuah hukum yang bisa melindungi dan menjamin setiap kesejahteraan masyarakat dunia yaitu adalah hak asasi manusia. Hak asasi manusia memiliki berbagai macam jenis salah satunya adalah sosial budaya yang dimana semua masyarakat dunia berhak untuk memilih dan menentukan pendidikan mana yang ingin mereka tempuh selama itu tidak menyalahi hukum atau aturan yang sudah dibuat oleh pemerintah. Kita tidak akan dibatasi harus bereskolah dimana, kita sekarang bebas ingin bersekolah dimana saja dan kapan saja.


  1. Memiliki hak untuk berinovasi dan berkreasi

Contoh hak selanjutnya yang masuk ke dalam hak asasi sosial budaya adalah setiap masyarakat memiliki hak untuk berinovasi dan berkreasi. Hak ini sudah diatur di dalam hak asasi manusia sehingga tidak akan ada bisa yang melarang sesama warga dalam hal ini selama apa yang dilakukannya tidaklah menyalahi aturan dan tidak membuat warga lainnya menjadi rugi. Pemerintah bahkan juga tidak berwenang untuk membatasi apa yang ingin dilakukan oleh warganya, hak ini adalah hak istimewa karena kita dibebaskan berinovasi dan berkreasi. Namun jangan sampai menyalahgunakan hak ini karena jika “kreasi dan inovasi” ini bisa saja merugikan negara jika disalahgunakan. Maka dari itu gunakanlah dengan bijak ya hak ini.

  1. Melakukan pengembangan terhadap minat dan bakat

Ternyata HAM juga tidak selalu berjalan dengan lancar, ternyata ada juga pelanggaran hak asasi manusia ham yang bisa terjadi di sekitar kita. Oleh karena itu sebelumnya kita sebagai warga dan masyarakat Indonesia yang baik juga wajib untuk mengetahui apa saja pelanggaran tersebut sehingga kita bisa mengetahui apa saja yang termasuk dalam pelanggaran dan tidak sampai menerima hukuman. Contoh hak asasi sosial budaya yang keenam adalah setiap manusia yang ada di muka bumi ini berhak untuk melakukan segala usaha yang terkait dengan pengembangan terhadap minat dan bakat seseorang. Kita semua berhak memiliki ketertarikan pada suatu hal dan juga selain itu berhak untuk mengembangkan minat, bakat, dan hobby yang kita punya asal tidak sampai menyalahi aturan dan merugikan negara ataupun orang lain. Selama kita menyalurkan dan mengembangkan bakat yang kita miliki dengan baik dan benar maka kita sudah mewujudkan hak ini dengan sangat baik. Oleh karena itu jangan sampai melanggar peraturan yang ada ya.

  1. Hak mendapatkan penghidupan yang layak

Contoh dari hak yang selanjutnya adalah setiap manusia berhak untuk mendapatkan penghidupan yang layak. Semua orang tanpa terkecuali, tanpa pandang bulu di dunia ini berhak untuk memiliki kehidupan yang layak, pekerjaan yang layak, dan juga berhak untuk mendapatkan kehidupan yang sejahtera. Semua ini sudah diatur di dalam hukum HAM dan tidak ada orang yang bisa mengganti ataupun menghapus hukum untuk segala umat di dunia ini. Kita sebagai warga dunia terutama sebagai warga Indonesia berhak untuk mendapatkan penghidupan yang layak sebagai seorang manusia. Oleh karena itu tidak ada juga orang yang berhak merampas hak yang diberikan kepada setiap manusia ini.

  1. Hak untuk memperoleh perlindungan atas hak cipta

Seperti yang sudah kita bahas di atas tadi bahwa setiap manusia memiliki hak dan kesempatan yang sama yaitu memiliki hak untuk mengembangkan minat dan bakat yang mereka miliki selain itu kita juga diberi hak istimewa untuk melakukan hal kreatif dan juga inovatif. Sehingga kita bisa menyalurkan apa yang menjadi ide bagi kita, dan oleh karena itu kita juga dijamin melalui hak asasi sosial budaya. Yaitu ada hak dimana kita bisa memperoleh perlindungan atas hak cipta oleh karya yang sudah kita sebarluaskan sehingga apa yang kita ciptakan dan salurkan itu bisa dilindungi sehingga tidak akan ada orang lain yang menyalahgunakannya dan juga sehingga tidak dijiplak oleh orang lain. Hak ini merupakan salah satu hak yang bisa melindungi dan menjamin para pekerja seni sehingga karya mereka tetap aman walaupun mungkin sudah disebarluaskan dan dinikmati oleh masyarakat luas. Jadi jika kalian memiliki sebuah karya yang kalian sebarluaskan maka jangan khawatir jika kalian tidak akan diakui oleh masyarakat luas karena sudah ada hak asasi sosial budaya yang mengatasi ini. Yaitu akan menjamin hak cipta atas sebuah karya yang kita buat dan sebarluaskan asal itu orginal dari kita.

  1. Hak untuk berkomunikasi

Hak selanjutnya yang bisa didapatkan melalui hak asasi sosial budaya yang selanjutnya adalah hak untuk berkomunikasi. Hak ini menjamin kita semua untuk berkomunikasi kepada siapapun, dimanapun, dan bagaimanapun caranya. Kita bisa berkomunikasi bahkan dengan orang yang ada jauh dari tempat kita sekalipun dengan memanfaatkan teknologi seperti internet sekarang ini. Tidak ada yang melarang kita untuk berkomunikasi dengan siapapun, selama apa yang kita komunikasikan dengan orang lain itu tidak menyangkut hal-hal kriminal yang mungkin membahayakan atau mengancam nyawa orang lain, dan juga membocorkan rahasia negara kepada pihak negara asing. Hak ini membuat kita bisa menjadi dunia luar dengan sangat mudah tanpa perlu repot-repot lagi.


  1. Hak menolong sesama

Di dunia ini kita tidak hidup sendirian, kita hidup berdampingan dengan orang lain dan tentu saja setiap manusia selalu membutuhkan pertolongan dari orang lain karena mereka tidak bisa hidup sendirian di dunia ini. Namun tenang saja, kita bisa membantu orang lain kapan saja, dimana saja, dan siapapun. Hak asasi sosial budaya yang dibuat untuk menyejahterakan sesama itu menjamin hak untuk menolong sesama. Sehingga tidak akan ada larangan atau hukuman jika kita menolong sesama kita. Oleh karena itu sebagai manusia seharusnya kita menolong sesama supaya tercipta kerukunan di antara masyarakat dunia.

Itu dia beberapa infromasi mengenai contoh hak asasi sosial budaya yang bisa kita patuhi sehari-harinya. Sebagai warga yang baik kita juga harus tahu apa saja contoh perlindungan dan pemajuan ham. Sehingga kita lebih tahu secara detail mengenai HAM yang ada di dunia dan di Indonesia, semoga artikel ini bermanfaat!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Sunday 03rd, December 2017 / 09:04 Oleh :
Kategori : HAM