3 Contoh Sikap Positif Terhadap Pancasila Dalam Lingkungan Masyarakat

Jika berbicara mengenai Pancasila, Pancasila merupakan  ideologi bangsa dan Negara Indonesia yang tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan masyarakat Indonesia itu sendiri. Setiap sila yang ada di dalam Pancasila itu sampai kapanpun tidak akan pernah bisa dipisahkan, setiap sila yang ada tidak dapat berdiri sendiri dan menjadi satu kesatuan bersama sila yang lainnya.

Oleh karena itu kita sebagai Warga Indonesia yang baik hendaknya hidup bermasyarakat dengan menerapkan kelima sila yang ada sebagai Pancasila untuk menunjukkan kehidupan yang sejahtera sesuai dengan yang tertera pada Pancasila. Oleh karena itu kali ini kami akan memberikan informasi kepada Anda mengenai contoh sikap positif terhadap pancasila dalam lingkungan masyarakat yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah ulasannya untuk Anda :

  1. Toleransi kepada pemeluk agama lainnya

Karena kita tinggal di Negara Indonesia, maka kita juga harus memperhatikan nilai-nilai dasar Pancasila dalam hidup bermasyarakat. Pada sila pertama kita mengetahui Nilai Ketuhanan dimana sebagai wujud jika sebuah negara harus mempercayai keberadaan Tuhan YME. Negara Indonesia adalah negara yang mengizinkan masyarakatnya untuk menganut berbagai agama dan kepercayaan. Tidak hanya ada 1 agama saja di negara kita ini. Oleh karena itu kita sebagai warga yang taat pancasila harus memiliki sikap toleransi kepada pemeluk agama lainnya yang bisa diwujudkan dalam beberapa tindakan :

  • Menghormati agama lain yang sedang beribadah di sekitar kita.
  • Mengucapkan selamat kepada masyarakat pemeluk agama lain yang sedang merayakan hari raya.
  • Menghormati kepercayaan atau agama lain.pan
  • Tidak membanding-bandingkan agama lain dengan agama sendiri dan masih banyak yang lainnya.
  1. Menjadi masyarakat yang adil dan tidak membeda-bedakan

Indonesia sendiri adalah negara yang bhinneka tunggal jika, beragam suku dan budaya ada di Indonesia. Oleh karena itu sebagai masyarakat yang baik tentu saja kita semua harus mengerti mengenai makna persamaan kedudukan warga negara. Untuk mewujudkan nilai positif pancasila, maka yang harus kita lakukan sebagai masyarakat adalah menjadi masyarakat yang adil dan tidak membeda-bedakan, hal ini bisa diwujudkan dalam beberapa tindakan :

  • Tidak membeda-bedakan warga lainnya melalui suku, ras, dan agama mereka.
  • Tidak main hakim sendiri.
  • Menghormati tetangga kita yang mungkin berbeda agama atau suku dengan kita.
  • Mengambil keputusan dengan cara musyawarah mufakat.
  1. Menjaga keutuhan Bangsa dan Tanah Air

Pancasila merupakan salah satu patokan bagi Warga Negara Indonesia di dalam bersikap. Sebagai warga yang baik tentu kita semua harus mengetahui juga contoh Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari supaya kita bisa menjadi warga sesuai dengan Pancasila. Kita memilki kewajiban untuk menjaga keutuhan Bangsa dan Tanah Air Indonesia, dan wajib melakukan contoh sikap positif terhadap Pancasila dalam lingkungan masyarakat seperti tindakan berikut :

  • Tidak menjadi provokator dengan menyebutkan isu-isu yang berkaitan dengan agama, politik, atau lainnya sehingga memicu perpecahan bangsa.
  • Memiliki semangat hidup rukun walau berbeda-beda agama dan suku.
  • Tidak memojokkan suatu agama atau suku yang minoritas demi menadapatkan keuntungan.
  • Menghormati keputusan orang lain.
  • Hidup saling gotong royong dan saling membantu orang lain yang sedang membutuhkan.

Jika kita menjalankan contoh sikap positif terhadap Pancasila dalam lingkungan masyarakat yang sudah kami sebutkan diatas tadi. Maka kita juga melakukan upaya menjaga keutuhan NKRI. Kita sebagai masyarakat Indonesia yang menghargai para pejuang Bangsa dan juga menghargai Pancasila harus melakukan contoh penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat dan kita bisa menerapkan setiap contohnya dengan baik ya!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 08th, November 2017 / 09:02 Oleh :
Kategori : Moral