3 Hubungan Presiden dan Gubernur yang Belum Banyak Diketahui

Sejarah kemerdekaan Indonesia mengajarkan pada kita bahwa perjuangan kemerdekaan bukanlah perkara main-main. Para pendiri bangsa sudah mengorbankan harta dan nyawanya demi kemerdekaan Indonesia. maka dari itu, tugas dari generasi selanjutnya ialah mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang bermanfaat mengingat negara ini merupakan negara besar yang memiliki potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang besar pula.

Negara ini dipimpin oleh seorang presiden sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan. Di bawahnya, ada banyak pejabat pemerintahan yang memiliki perannya masing-masing. Salah satunya adalah gubernur yang merupakan kepala pemerintahan di daerah  provinsi. Dalam kesempatan ini, penulis hendak menyampaikan kepada pembaca mengenai hubungan presiden dan gubernur dalam pemerintahan. Berikut ini penjelasannya:

1. Hubungan Koordinasi Antara Presiden dan Gubernur

Presiden dan gubernur memiliki hubungan koordinasi. Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata koordinasi memiliki arti yaitu kegiatan mengatur suatu organisasi atau kegiatan sehingga peraturan dan tindakan yang akan dilaksanakan tidak saling bertentangan atau simpang siur di antaranya. Hubungan ini sangat penting terjadi di antara keduanya mengingat bahwa program kerja dari presiden dan gubernur tidaklah boleh bertentangan.

Pekerjaan dari presiden dan tugas gubernur harus selaras antara satu sama lainnya agar pembangunan di Indonesia, baik di pusat mau pun di daerah dapat dilakukan dengan baik. Maka dari itu, terdapat suatu forum tersendiri bagi presiden dan seluruh gubernur di Indonesia untuk saling berkoordinasi. Forum tersebut yaitu APPSI (Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia).

2. Hubungan Struktural Presiden dan Gubernur

Berdasarkan peraturan perundang-undangan, presiden merupakan kepala pemerintahan di negara yang berbentuk kesatuan ini. Maka sudah menjadi suatu hal yang pasti dalam hal pemerintahan jika terdapat struktur di bawah presiden. Gubernur juga memiliki kewenangan di bawah presiden, sehingga dalam beberapa urusan presiden berhak memberikan instruksi kepada gubernur dan gubernur harus melaksanakan instruksi tersebut. namun, presiden juga harus tetap memperhatikan otonomi daerah yang dijalankan oleh gubernur sehingga instruksi yang diberikan tidak boleh sembarangan atau pun melanggar ketentuan perundang-undangan.

3. Gubernur Sebagai Perwakilan dari Presiden di Daerah

Hubungan di antara presiden dan gubernur yang terakhir penulis bahas dalam kesempatan ini yaitu  gubernur adalah perwakilan dari presiden di daerah. berdasarkan asas-asas otonomi daerah, gubernur menjalankan beberapa tugas sebagai perwakilan presiden, seperti memberi penghargaan atau sanksi pada bupati/ wali kota terkait dengan penyelenggaraan pemerintahan di daerahnya, mengatur pembinaan dan controlling terhadap pelaksanaan asas tugas pembantuan di daerahnya, dan beberapa tugas yang lainnya.

Jenis hubungan yang satu ini sangat penting untuk dijalankan dengan baik mengingat bahwa setiap komponen pemerintahan harus saling mendukung agar pembangunan yang dilakukan dapat terjadi dengan baik dan merata di seluruh daerah di Indonesia.

Uraian yang telah disampaikan di atas merupakan penjelasan secara lengkap mengenai Hubungan Presiden dan Gubernur dalam Pemerintahan  yang dapat penulis sampaikan kepada pembaca dalam kesempatan yang indah kali ini. Semoga dengan membaca artikel ini pembaca dapat memahami secara lebih baik apa hubungan presiden dan gubernur di dalam pemerintahan. Perlu kita pahami bersama bahwa adanya presiden dan gubernur beserta hubungannya dalam pemerintahan merupakan hal yang tidak akan pernah lepas dari usaha pencapaian tujuan pembangunan nasional Indonesia. sampai jumpa pada kesempatan yang lain dan semoga kesuksesan senantiasa mengiringi langkah pembaca dalam menjalani hidup.

, , , ,




Post Date: Monday 06th, August 2018 / 08:51 Oleh :
Kategori : Pemerintahan