7 Negara Yang Mengakui Kemerdekaan Indonesia Pertama Kali

Salah satu syarat sebuah negara dapat berdiri dan merdeka adalah adanya pengakuan dari negara lain yang sah secara hukum. Pasca proklamasi kemerdekaan, berbagai upaya dilakukan oleh tokoh sejarah Indonesia untuk dapat memperoleh pengakuan dari negara lain. Melalui proses diplomasi yang dilakukan oleh tokoh tokoh diplomat tersebut, ada beberapa negara yang akhirnya mau untuk mengakui kemerdekaan Indonesia diantaranya seperti :

  1. Mesir

Mesir mengakui kemerdekaan Indoensia secara de facto tahun 1946 tepatnya di bulan maret. Dukungan penuh terhadap kemerdekaan Indonesia ini dikarenakan alasan yang sama dari kebanyakan negara timur tengah yang menilai Indonesia sebagai negara muslim yang sama dengan mesir termasuk juga dikarenakan banyaknya warga Indonesia yang menuntut ilmu di mesir. Tidak hanya mengakui secara individu negara, Mesir juga ikut mendorong Liga Arab untuk mengakui kemerdekaan Indonesia.

  1. Suriah

Meski Indonesia telah memproklamasikan kemerdekaannya, agresi militer Belanda masih tetap  berlangsung di tanah air sehingga kebutuhan akan pengakuan dari negara dan dunia internasional sangatlah penting. Selain mesir, Suriah merupakan negara timur tengah yang kemudian juga mengakui kemerdekaan Indonesia. Bahkan pada tauhn 1947 setelah proklamasi kemerdekaan, Suriah ikut mendorong Dewan Keamanan PBB untuk mendiskusikan masalah Indonesia.

  1. Lebanon

Setelah kedua negara timur tengah yang disebutkan diatas, negara Lebanon menjadi negara ketiga yang mengakui kedaulatan Indonesia.Pengakuan secara de-jure dari Lebanon di dapatkan Indonesia di tahun 1947. Meskipun pengakuan tersebut sudah lama terjadi, kedutaan besar Indonesia untuk lebanon baru berdiri di tahun 1996. Indonesia juga tercatat pernah mengirim pasukan perdamaian bersama PBB untuk lebanon.

  1. Arab Saudi

Negara Liga Arab lain yang juga ikut mengakui kemerdekaan Indonesia adalah Arab Saudi. Alasan negara tersebut mengakui Indonesia sama halnya dengan alasan negara liga arab lainnya. Hubungan kedua negara islam ini yang paling tampak adalah  kesempatan kerja bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi yang sudah berlangsung sejak lama dan juga kerja sama di bidang ibadah haji setiap tahunnya.

  1. India

India juga merupakan salah satu negara penting yang turut membantu atas pengakuan kemerdekaan Indonesia.  Peran yang dilakukan oleh India antara lain mengirim banyak bantuan obat-obatan sebagai timbal balik bantuan beras dari Indonesia. India juga menjadi tuan rumah dari konferensi Asia di tahun 1949 yang membantu nama Indonesia untuk lebih dikenal dunia Internasional.

  1. Vatikan

Vatikan merupakan negara Eropa pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Pengakuan itu dilakukan pada tanggal 6 Juli 1947 ditandai dengan pembukaan kedutaan yang disebut “Apostolic Delegate”

  1. Australia

Australia memberikan Dukungan terhadap kemerdekaan Indonesia dikarenakan buruh di Australia bersimpati atas perjuangan yang dilakukan oleh rakyat Indonesia. Peran Australia dalam upaya mendukung kemerdekaan Indonesia adalah dengan menjadi wakil Indonesia dalam Komisi Tiga Negara. Selain itu juga ada aksi lain dari Australia yakni pemboikotan kapal kapal Belanda yang berlayar di daerah perairan Australia

Itulah beberapa negara yang mengakui kemerdekaan Indonesia pada saat pasca proklamasi. Meskipun sudah mengucapkan kemerdekaannya saat proklamasi, Indonesia tetap butuh pengakuan dari negara lain agar dapat diakui dalam dunia Internasional.

, ,




Oleh :
Kategori : UUD