Jenis, Ciri-ciri dan Contoh Hedonisme yang Wajib Diketahui

Setiap manusia memiliki ideologi berbeda- beda dan karena manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan cenderung berkelompok maka setiap orang dengan ideologi sama akan membentuk kelompok- kelompok tertentu. Ideologi sendiri memiliki definisi umum sebagai ide ataupun gagasan yang menjadi sebuah pemikiran dalam menjalankan hidup. Setiap orang pasti memiliki ideologinya sendiri- sendiri.

Ada beberapa macam ideologi dan anda juga bisa melihat negara yang menganut ideologi anarkisme, mulai dari ideologi bersifat baik hingga ideology yang dapat merugikan dan merusak diri. Salah satu jenis ideologi dengan sifat dapat merusak yaitu hedonisme. Berbeda dengan jenis ideologi lainnya, hedonisme merupakan salah satu jenis ideologi yang tidak semua orang memilikinya dan sebagian kecil masyarakat dengan ideologi hedonisme ini akan membentuk kelompok- kelompok kecil.

Walaupun tidak semua orang menganut ideologi hedonisme, nyatanya banyak juga kelompok- kelompok maupun orang berideologi hedonisme di sekitar masyarakat Indonesia. Tentunya ini juga dapat meresahkan masyarakat, sebelum kita menyelami lebih dalam lagi mengenai hedonisme anda perlu mengetahui definisi dari hedonisme itu sendiri. Terkait dengan ideologi masyarakat saat ini sebenarnya hedonisme sendiri perlu ditangani karena dapat meresahkan sebagian masyarakat.

Hedonisme memiliki definisi sebagai salah satu jenis ideologi yang diwujudkan dalam bentuk gaya hidup dengan kenikmatan dan kebahagian secara pribadi. Dan ini merupakan tujuan utama dari seseorang penganut hedonisme secara etimologi. Secara tata bahasa sendiri berbeda dengan teori-teori ideologi, kata hedonisme diambil dari bahasa Yunani kuno yaitu “hedon” dimana ini memiliki arti kesenangan. Dengan ini maka secara sederhana, hedonisme mengacu pada paham kesenangan terhadap kenikmatan dunia.

Sehingga bisa dibilang bahwa orang dengan ideologi hedonisme memiliki sebuah pemikiran dimana kebahagiaan dan kesenangan dapat diraih dengan berbagai cara seperti melakukan banyak hal menyenangkan dan menghindari hal- hal menyakitkan untuk dirinya sendiri. Penganut paham hedonisme ini tentunya lebih bersikap egois tanpa memperhatikan sekitar demi kesenangan dan kenikmatan nya sendiri.

Karena itu pula anda juga bisa melihat sifat-sifat ideologi politik, banyak orang menganggap hedonisme merupakan pandangan hidup berdasarkan hawa nafsu, ini juga sangat erat hubungannya dengan harta kekayaan duniawi, kenikmatan batin, kenikmatan seksual hingga kebebasan dan kekuasaan. Selain memahami definisi dari hedonisme, anda juga perlu mengeti jenis- jenis hedonisme. Hedonisme sendiri memiliki beberapa 3 jenis seperti berikut ini.

  1. Evaluative Hedonism

Dalam konsep evaluative hedonism memiliki artian bahwa kesenangan merupakan hal paling berharga dimana rasa sakit merupakan sebuah hal paling mengecewakan dan dianggap hal yang tidak layak untuk dialami.

  1. Psychological Hedonism

Dalam hal ini berbeda dengan prinsip-prinsip ideologi politik, manusia memiliki pilihan dalam hidupnya dan orang dengan ideology psychological hedonism merupakan seseorang yang menginginkan kesenangan. Dimana ia menganggap bahwa manusia secara naluri, memiliki sifat untuk menghindari rasa sakit dan derita.

  1. Rationalizing Hedonism

Berbeda dengan jenis- jenis hedonisme sebelumnya, rationalizing hedonism merupakan seseorang yang mencari kesenangan namun juga paham dengan konsekuensinya.

Itulah jenis- jenis dari hedonisme yang dapat kami sampaikan, selain itu hedonisme sendiri dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Banyak sekali masyarakat tampaknya kurang paham mengenai apa saja penyebab dari perilaku hedonisme di masyarakat saat ini. dan sangat penting juga bagi anda untuk mengetahui apa saja penyebab dari hedonisme untuk menghindari perilaku hedonisme itu sendiri.


Faktor- faktor penyebab dari gejala hedonisme di masyarakat saat ini dibedakan menjadi 2 yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal merupakan salah satu penyebab hedonisme paling berpengaruh dimana ini menjadi salah satu sifat manusia pada umumnya. Sifat manusia itu sendiri antara lain yaitu malas dan ketamakan dan inilah menjadi penyebab dari hedonisme. Dimana manusia ingin mempunyai kesenangan sebanyaknya dengan bekerja sesedikit mungkin.

Faktor kedua dari penyebab adanya hedonisme yaitu faktor eksternal dimana ini terbentuk dari adanya arus informasi dari luar dan bersifat global, kebanyakan orang yang terpengaruh menjadi hedonis setelah mereka menerima berbagai macam informasi tentang kenikmatan dan kepuasan. Selain itu anda juga bisa melihat fungsi dan tujuan ideologi politik di dunia, kebiasaan- kebiasaan orang lain yang dianggap dapat membuat senang dan merasakan kenikmatan akan mudah diadaptasi oleh orang- orang disekitarnya.

Itulah faktor- faktor penyebab dari hedonisme yang perlu anda hindari untuk mencegah perilaku hedonisme dalam diri anda. Perlu anda ketahui pula bahwa perilaku hedonisme ini tidak hanya merugikan orang lain, diri sendiri pun akan menerima kerugian jika dilakukan secara terus menerus. Selain memperhatikan penyebab- penyebabnya anda juga perlu mengetahui ciri- ciri dari perilaku hedonisme di masyarakat.

Ciri- ciri dari hedonisme yang dialami oleh setiap orang tentunya berbeda- beda mengingat jenis- jenis hedonisme juga berbeda- beda. Namun secara umum, orang dengan paham hedonisme memiliki beberapa ciri- ciri umum yang sama. Bagi anda yang ingin menghindari perilaku hedonisme, berikut kami sampaikan beberapa ciri umum dari perilaku hedonisme yang ada di masyarakat saat ini.

Ciri- Ciri Hedonisme di Masyarakat

  1. Mengesampingkan atau tidak peduli dengan perasaan, kebahagiaan, dan keadaan orang lain dalam memenuhi keinginan.
  2. Tujuan utama para hedonisme adalah kenikmatan pribadi.
  3. Pergaulan yang bebas.
  4. Konsumtif, dimana para pelaku hedonisme lebih mementingkan keinginan dalam mendapatkan sesuatu dan lebih mengesampingkan kebutuhan.
  5. Diskriminatif, kebanyakan orang dengan paham hedonisme lebih memilih teman ataupun individu berdasarkan kekayaan maupun sesuatu yang dapat memenuhi nafsunya.
  6. Sombong terhadap orang lain dan menganggap dirinya lebih baik.
  7. Materialis, selalu tidak bisa puas dengan pencapaiannya dan selalu mencari yang lebih untuk nafsu dan kenikmatannya sendiri.

Itulah ciri- ciri orang ataupun kelompok dengan paham hedonisme di masyarakat saat ini berbeda dengan macam-macam ideologi politik berbagai negara secara umum, dari semua ciri di atas paling sering dijumpai yaitu materialistis. Dimana orang dengan kekayaan tinggi dan kurang puas terhadap kekayaan akan memiliki paham hedonisme tinggi dimana mereka tidak mau bergaul dengan orang- orang di bawah mereka bahkan orang hedonis seperti mereka cenderung bersikap arogan dan kasar terhadap orang lain. Tentunya dengan sikap mereka tersebut, ada beberapa dampak yang timbul di masyarakat dan tentunya ini bukan dampak yang baik. Banyak sekali masyarakat merasa resah dengan adanya tindakan hedonisme walaupun beberapa juga merasa diuntungkan. Bagi anda yang penasaran dengan apa saja dampak dari adanya perilaku hedonisme di masyarakat saat ini, berikut kami sampaikan informasinya.

Dampak Hedonisme di Tengah Masyarakat

  • Konsumtif

Banyak orang menjadi lebih konsumtif ketika mereka memeluk paham hedonis. Hal ini karena barang- barang tersebut merupakan sebuah keinginan dan akan buruk jika keinginan tersebut tidak terpenuhi.

  • Individualis

Dengan paham hedonisme makan seseorang cenderung menganggap dirinya sangat penting dari orang lain sehingga mereka cenderung individualis.

  • Egois

Untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan dan memenuhi nafsu serta kenikmatan tak heran pemeluk hedonisme lebih mementingkan dirinya sendiri tanpa peduli orang lain.

  • Pemalas

Para pemeluk hedonisme kebanyakan terlena dengan kenikmatan dan nafsu mereka sehingga tidak bisa menghargai waktu sehingga menjadi pemalas.

  • Kurang Bertanggung Jawab

Ketika menjadi seorang hedonism akan cenderung lebih mudah menggampangkan kewajiban sehingga tidak bisa bertanggung jawab bahkan terhadap dirinya sendiri.

  • Boros

Untuk meraih kenikmatan dan memenuhi nafsu, tak jarang pula para pemeluk hedonisme rela mengeluarkan banyak uang.

  • Korupsi

Korupsi merupakan salah satu dampak dari adanya hedonisme paling berbahaya berbeda dengan ciri-ciri ideologi sosialisme dan kehidupan berbangsa dan bernegara, tidak hanya korupsi uang bahkan waktu, pekerjaan, dan masih banyak lagi.


Itulah berbagai dampak yang bisa muncul dari adanya hedonisme di tengah masyarakat saat ini, apalagi seorang manusia kebanyakan memiliki sifat tidak mudah puas. Untuk itu sebagai solusi, anda harus bisa mensyukuri apapun yang telah anda terima dalam hidup anda. Menjadi seorang hedonis nyatanya sangat berbahaya. Banyak sekali orang menjadi korban hedonis hingga akhirnya tidak bisa memenuhi kenikmatan dan nafsunya karena kekurangan materi. Selain itu sebagai makhluk sosial ada baiknya jika kita tidak bersikap egois satu sama lain, kita harus bisa memperhatikan sekeliling.

Apalagi, hedonisme memiliki banyak sekali kekurangannya. Jika seseorang memiliki sifat egois tinggi, maka ia bisa jadi tidak memiliki kepekaan sosial. Tentunya ini sangat mengkhawatirkan dimana kita sebagai manusia dan makhluk sosial harus bisa merasakan keadaan satu sama lain. Tidak hanya itu saja, bahkan untuk mencapai tujuan dan nafsunya tak jarang seorang hedonis akan menghalalkan segala cara demi mencapai tujuannya tanpa peduli apakah cara tersebut bersifat baik ataukah buruk dan tentunya ini sangat merugikan orang lain di sekitarnya.

Walaupun banyak sekali kekurangannya, tampaknya hedonisme ini juga memiliki sedikit kelebihan. Kelebihannya yaitu memiliki motivasi kuat untuk mencapai keinginan, suka bekerja keras dan pantang menyerah. Selain itu pemeluk hedonisme juga akan memanfaatkan setiap kesempatan dengan sebaik mungkin. Dengan begini pula tidak ada salahnya untuk mencontoh kelebihan dari adanya paham hedonisme. Tetapi jangan mengikuti keburukan pada hedonisme karena sangat tidak baik. Selain itu adapun beberapa contoh- contoh hedonisme yang perlu anda ketahui seperti berikut ini.

Contoh- Contoh Hedonisme

  1. Melakukan vandalism untuk kesenangan.
  2. Membeli barang trending yang bagus dan mahal tanpa melihat budget.
  3. Menggunakan obat- obatan terlarang demi kesenangan.
  4. Mengeluarkan uang ratusan juta untuk pesta.
  5. Menghambur- hamburkan uang untuk mengkoleksi mobil mewah.

Itulah hal- hal terkait dengan hedonisme beserta contoh- contohnya yang dapat kami sampaikan, semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda.

, , ,




Oleh :
Kategori : UUD