3 Alasan Lebanon Mengakui Kemerdekaan Indonesia Yang Perlu Diketahui

Salah satu syarat atau unsur unsur terbentuknya negara adalah adanya pengakuan dari negara lain secara hukum. Setelah proklamasi kemerdekaan yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 1945, berbagai upaya dilakukan untuk mendapatkan pengakuan dari negara lain. Salah satu upaya yang ditempuh adalah dengan mengirim misi diplomasi ke negara lain untuk mendapatkan dukungan kemerdekaan. Pada era pemerintahan Perdana Menteri Sutan Syahrir, Indonesia berupaya untuk menarik dukungan dari berbagai Negara internasional terhadap kemerdekaan Indonesia sebagai jalan meneruskan makna proklamasi yang sudah dibunyikan.

Ada dua untuk yang menjadikan bangsa Indonesia dapat diakui kemerdekaannya yaitu unsur konstitutif dan deklaratif. Unsur konstitutif terbentuknya suatu negara meliputi wilayah, rakyat, dan pemerintahan yang berdaulat, Sedangkan unsur deklaratif yakni pengakuan dari negara lain yan sebenarnya bukanlah unsur wajib yang harus dipenuhi akan tetapi tetap penting agar tidak terkucilkan lingkup hubungan internasional. Salah satu Negara yang mengakui proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia adalah Lebanon.  Berikut 3 alasan mengapa lebanon mengakui kemerdekaan Indoensia pada selepas proklamasi pada saat itu yang juga menjadi faktor pendorong pengakuan kemerdekaan Indonesia dari kebanyakan dilakukan oleh negara negara di Timur Tengah antara lain:

  1. Persamaan agama yang dianut

Mayoritas agama yang dianut oleh warga Indonesia adalah Islam. Banyaknya penganut agama islam inilah yang juga menjadi faktor dari alasan lebanon mengakui kemerdekaan Indonesia karena lebanon juga termasuk dalam negara yang mayoritas penduduknya menganut agama islam. Rasa persaudaraan antara sesama umat muslimlah yang menjadikan banyak negara arab termasuk lebanon memberikan pengakuan secara hukum terhadap kemerdekaan yang sudah diperjuangkan oleh bangsa Indonesia pada saat itu. Persaudaraan negara Islam memang sudah terbentuk dengan baik sejak dulu dalam sejarahnya.

  1. Banyak orang Indonesia yang menuntut ilmu di Timur Tengah

Alasan lain yang menjadikan negara Lebanon di timur tengah mengakui kemerdekaan bangsa Indonesia adalah karena banyaknya warga negara Indonesia yang pada saat itu menuntut ilmu atau belajar di timur tengah. Dengan kondisi tersebut, meskipun tidak banyak atau bahkan tidak ada warga negara yang menuntut ilmu di lebanon, tetap saja ada ketertakaitan negara lebanon sebagai salah satu bagian dari timur tengah. Kondisi itulah yang melandasi mengapa lebanon mau mengakui Negara Indonesia sebagai bangsa yang merdeka.

  1. Keadaan senasib pernah dijajah bangsa Barat yang tertuang dalam tujuan gerakan non blok.

Pada saat itu di Timur Tengah membentuk Liga Arab yang dibentuk pada tanggal 22 Maret 1945. Anggota liga Arab tersebut antara lain Mesir, Irak, Yordania, Lebanon, Arab Saudi, Suriah. Peran diplomat dalam setiap perkumpulan Internasional sangatlah penting bagi bangsa Indoensia. Salah satu diplomat dari Indonesia yang sangat rajin memperkenalkan negaranya ke dunia internasional adalah H. Agus Salim sebagai tokoh perwakilan diplomatik Indonesai untuk negara lain. Sebagai tokoh perwakilan Indonesia, Agus salim melakukan banyak diplomasi untuk menyatakan bahwa Indonesia memiliki keadaan senasib dengan negara dalam liga Arab.

Itulah beberapa penjelasan yang perlu diperhatikan sebagai bagian dari alasan Lebanon mengakui kemerdekaan Indonesia. Beberapa alasan yang disebut diatas juga merupakan alasan umum banyak negara arab dan timur tengah mengakui juga kemerdekaan Indonesia.

, ,




Oleh :
Kategori : Negara