Bentuk Perkembangan Rule Of Law Di Indonesia Yang Perlu Diketahui

Indonesia merupakan negara hukum yang setiap prinsip peyelengaraan negaranya berdasarkan landasan hukum. Salah satu istilah dalam dunia hukum yang sering terdengan adalah prinsip rule of law. Menurut wikipedia, definisi role of law adalah prinsip hukum yang menyatakan bahwa hukum harus memerintah sebuah negara dan bukan keputusan pejabat-pejabat secara individual.

Prinsip role of law tersebut menjadikan hukum sebagai pengatur perilaku bermasyarakat di sebuah negara termasuk pejabat pemerintahan.Negara Indonesia menjadi salah satu negara di dunia yang menerapkan prinsip prinsip rule of law dalam pemerintahannya yang telah berkembang sejak dulu dalam dasar hukum NKRI. Berikut ulasan mengenai perkembangan rule of law di Indonesia yang dijelaskan dalam uraian di bawah ini. 

  1. Penerapan hukum di Indonesia

Dalam perkembangan dan sejarahnya, hukum di Indonesia tidaksepenuhnya menganut pada sistem rechstaat yang artinya kepastian hukum sebagai sendi utama namun juga ada unsur dan ciri ciri rule of low atau asas keteradilan dalam penerapan penegakan hukumnya yang disebut sebagai negara hukum pancasila. Dalam amandemen UUD 45, disebutkan bahwa Indonesia adalah negara hukum. Nilai nilai pancasila menjadi dasar negara yang juga berkaitan dengan penegakan hukum.

  1. Prinsip hukum rule of law di Indonesia

Ada tiga landasan prinsip yang dilaksanakan dalam sebuah negara hukum diantaranya seperti kesetaraan di depan hukum yang diwujudkan dengan jaminan perlindungan hak asasi manusia, supremasi hukum yang terlihat dari kekuasaan kehakiman dan peradilan yang merdeka, serta penegakan hukum dengan cara cara yang tidak menentang hukum itu sendiri yang diwujudkan dalam legalitas hukum dalam segala bentknya.

  1. Impelmenasi rule of law dalam pemerintahan

Perkembangan rule of law di Indonesia dapat terlihat pada beberapa bentuk implementasi yang terlihat di pemerinatahan. Beberapa contoh bentuk penerapan prinsip prinsip rule of law yang diimplementasikan sebagai perkembangan rule of law yang ada di negara Indonesia diantaranya seperti :

  • Adanya pemilihan umum secara langsung yang sudah dilaksanakan sejak lama di Indonesia
  • Setiap aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah harus ada undang undang yang menaunginya atau disebut dengan peraturan perundang undangan
  • Adanya lembaga lembaga negara untuk melegalitaskan hukum seperti Polisi, KPK, Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi, lembaga legislatif dengan tugas dan wewenang dpr, serta beberala lembaga lainnya
  • Setiap warga negara Indonesia memiliki kebebasan untuk berserikat maupun menyatakan pendapat.
  1. Perlindungan hak asasi manusia

Sebagai negara hukum dengan konsep rule of law, hak asasi manusia dari setiap warganya merupakan hal yang sangat penting untuk dilindungi. Penerapan perlindungan hak asasi manusia tersebut menjadi bagian dari perkembangan prinsip prinsip rule of law di Indonesia secara perlahan meskipun dalam kenyataannya pemerintah sendiri kerap melanggar hak tersebut. Perbedaan antara hak asasi manusia dan hak konstitusional akan dapat terlihat dengan jelas dalam hukum di Indonesia. 

  1. Pendidikan hukum

Negara dengan penerapan rule of law juga dapat dilihat dari penerapan pendidikan hukum untuk warga negaranya. Negara Indonesia sangat memahami bahwa pendidikan hukum merupakan upaya untuk dapat membangun dan menciptakan budaya hukum di Masyarakat. Pelaksanaan penyuluhan ukum menjadi salah satu bentuk implementasi dari penerapan pendirikan hukum di Indonesia yang sudah berjalan sejak dulu.

Itulah penjelasan mengenai perkembangan rule of law di Indonesia yang jika diamati secara langsung dapat terlihat melalui beberapa point yang disampaikan diatas. 

, , ,




Oleh :
Kategori : Hukum