Britania Atau Inggris, Contoh Negara Dominion

Menurut wikipedia, negara adalah sekumpulan orang yang menempati wilayah tertentu dan diorganisasi oleh pemerintah negara yang sah, yang umumnya memiliki kedaulatan. Dalam pemerintahan yang berkuasa di dalam negara tersebut tentu ada beberapa bentuk sistem pemerintahan yang dianut demi terwujudnya kondisi dan cita cita bangsa. Ada banyak tipikal negara yang ada di dunia ini yang sebagian besar merupakan akibat dari sejarah dimasa lalu, dan salah satunya disebut sebagai negara dominion. Negara dominion tersebut merupakan negara bekas jajahan inggris yang merdeka dan berdaulat namun tetap mengakui raja inggris sebagai rajanya. Beberapa contoh negara dominion tersebut diantaranya dijelaskan di bawah ini.

Inggris Contoh Negara Dominion

Bentuk negara dominion memang hanya ada satu contoh saja yakni Inggris yang memang dibentuk dari negara bekas jajahan inggris tersebut dimasa lampau. Inggris sebagai negara yang menganut ideologi kapitalisme pada masa penjajahan memang memiliki banyak negara yang dijajah dan tersebar hingga keberbagai penjuru dunia. Negara bekas jajahan inggris tersebut tetap mengakui raja dan ratu inggris yang bertahta sekarang sebagai pemimpin negara dan lambang persatuan mereka. Negara dominion hasil bentukan negara bekas jajahan inggris tersebut disatukan dalam sebuah organisasi yang bernama British Commonwealth of Nations.

Negara Dominion Berbeda Dengan Koloni

Selain bentuk negara dominion, ada bentuk negara lain yang masih berkaitan dengan negara jajahan yakni negara koloni. Negara koloni dan negara dominion berbeda dimana negara koloni merupakan negara yang masih terjajah oleh negara penjajahnya sedangkan negara dominion terdiri dari negara negara berdaulat dan merdeka sendiri lalu mengakui bekas jajahannya secara sukarela. Dengan kondisi tersebut maka negara dominion dapat secara bebas keluar dari ikatan kesepakatan bersama tersebut dan mengurus politik dalam maupun luar negerinya sendiri sebagai salah satu ciri ciri negara dominion di dunia yang mudah dikenali. Kondisi ini berbeda dibandingkan dengan negara koloni yang masih diatur oleh negara penjajah dan tidak berhak menentukan nasibnya sendiri sebelum merdeka secara penuh.

Negara Negara Dominion Inggris

Negara dominion inggris terdiri dari beberapa negara bekas jajahan seperti yang disebutkan sebelunya. Berikut Contoh negara dominion Inggris yang membentuk British Commonwealth of Nations tersebar dalam beberapa benua diantaranya seperti :

  • Pakistan dan India meskipun sekarang ini kedua negara Asia Selatan telah mengubah bentuk negaranya menjadi republik parlementer dari yang sebelumnya monarki. Kedua negara tersebut juga santer terdengar di Internasional karena perselisihan yang terjadi. Karena India dan pakistan yang mengubah bentuk negaranya tersebut maka British Commonwealth of Nations diubah menjadi Commonwealth of Nations saja karena yang duduk di dalamnya bukan hanya negara dominionnya saja. Pakistan merupakan salah satu negara negara pendiri asean yang juga anggota pada masa lampau sebelum ada perubahan.
  • Negara pesemakmuran sebagai bagian dari Commonwealth of Nations diantaranya seperti Malaysia, Kanada, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, kepulauan polinesia dengan banyak negara di dalamnya sebagai bekas jajahan Inggris, dan tentunya Inggris. Di negara tersebut, Ratu atau Raja Inggris diwakili oleh gubernur jendral, sedangkan perwakilan negara tersebut di ibu kota Inggris disebut High Commisioner.

Itulah beberapa penjelasan mengenai contoh negara dominion yang ternyata hanya dapat diketahui dan dipelajari dari bekas bekas jajahan Inggris meskipun sekarang ada tambahan anggota dari negara bukan bekas jajahan Inggris. Inggirs ternyata juga merupakan salah satu contoh negara plutokrasi.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Negara