5 Sikap dan Komitmen Persatuan dalam Lingkungan Bangsa dan Negara

Bangsa Indonesia merupakan salah satu bangsa besar di dunia. Dengan 261,1 juta jiwa penduduk, Indonesia menjadi negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia. Jumlah penduduk yang besar ini memberikan suatu pekerjaan rumah tersendiri bagi bangsa Indonesia untuk senantiasa memberikan usaha terbaiknya agar tercapai persatuan yang hakiki di tengah segenap penghuni negeri ini yang memiliki begitu banyak perbedaan baik dalam hal suku, agama, ras, adat istiadat dan lain sebagainya.

Kamus Besar Bahasa Indonesia memberikan makna tersendiri untuk kata persatuan. Ia memiliki arti yaitu gabungan, ikatan, atau kumpulan dari beberapa bagian yang sudah bersatu. Dari definisi ini, kita dapat mengetahui bahwa mempertahankan persatuan bagi bangsa Indonesia berarti melakukan segala upaya menjaga keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Mempertahankan persatuan menjadi penting karena dengannya segala penyebab konflik sosial dapat hilang dengan mudah. Lantas, seperti apakah sikap dan komitmen persatuan dalam lingkungan bangsa dan negara yang mesti kita lakukan agar tidak terjadi konflik sosial? Di bawah ini merupakan beberapa contoh sikap dan komitmen persatuan dalam lingkungan bangsa dan negara:

1. Senantiasa Meningkatkan Sikap Toleransi

Yang dimaksud dengan sikap toleransi yaitu suatu sikap saling hormat menghormati di antara seseorang atau sekelompok orang yang memiliki suatu perbedaan tertentu. Entah itu perbedaan suku, agama, ras, adat istiadat (SARA) dan perbedaan yang lainnya. Dengan adanya sikap toleransi di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara, maka persatuan di antara segenap komponen bangsa akan lebih mudah terwujud. Namun sikap toleransi ini harus senantiasa ditingkatkan mengingat penyebab terjadinya disintegrasi nasional bangsa Indonesia yang terus muncul.

2. Mendahulukan Kepentingan Umum

Salah satu nilai-nilai dasar Pancasila, terutama Pancasila sila kedua mengajarkan pada kita untuk senantiasa mendahulukan kepentingan bangsa dan negara. hal ini nantinya akan bermuara pada semakin kuatnya persatuan di tengah lingkungan bangsa dan negara. salah satu dari contoh mendahulukan kepentingan umum adalah seseorang yang merelakan tanah miliknya digunakan untuk proyek pelebaran jalan.

3. Memperluas Pergaulan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memperluas pergaulan kita ke seantero nusantara untuk mengenal segala keanekaragaman yang ada di Indonesia. dengan mengenal kebhinekaan Indonesia itu, kita dapat lebih bijaksana ketika menyikapi perbedaan di sekitar kita atau yang akan kita temui nantinya.

4. Menggunakan Atribut Persatuan Indonesia

Di awal masa kemerdekaan, para pendiri bangsa memikirkan bagaimana cara menyatukan segala perbedaan yang ada di Indonesia. maka dari itu, muncullah segala lambang, bendera, dan lagu kebangsaan Indonesia yang digunakan untuk menyatukan hati segenap rakyat Indonesia. selain itu, salah satu isi sumpah pemuda adalah menggunakan bahasa persatuan, yaitu bangsa Indonesia. menggunakan semua atribut persatuan tersebut merupakan suatu bentuk sikap dan komitmen kita terhadap persatuan.


5. Tidak Melakukan Diskriminasi dalam Pergaulan

Salah satu dari amanat Pancasila sila persatuan Indonesia adalah tidak melakukan diskriminasi dalam hal apapun. Yang dimaksud dengan diskriminasi yaitu pembedaan perlakuan terhadap sesama warga negara atas berbagai sebab, seperti jenis kelamin, SARA, tingkat pendidikan dan lain sebagainya.

Itulah artikel mengenai sikap dan komitmen persatuan dalam lingkungan bangsa dan negara yang dapat penulis sampaikan kepada para pembaca pada kesempatan kali ini. Semoga dengan membaca artikel ini pembaca dapat memahami seperti apa sikap dan komitmen untuk senantiasa bersatu di tengah lingkungan bangsa dan negara. perlu kita ingat bersama bahwa persatuan merupakan langkah awal yang harus dilakukan seluruh komponen bangsa ini untuk mencapai tujuan pembangunan nasional. dengan adanya persatuan pula, maka ketertiban dan keamanan di tengah lingkungan masyarakat juga dapat lebih mudah diwujudkan. Sampai jumpa pada kesempatan yang lain, semoga sukses selalu bagi para pembaca.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 14th, November 2017 / 05:04 Oleh :
Kategori : Pendidikan