Tokoh Perwakilan Diplomatik Indonesia Untuk Negara Lain

Diplomatik merupakan hubungan antar negara dalam dunia internasional yang saling mengakui satu sama lain. Dalam kehidupan internasional memang akan dikenal berbagai macam bentuk proses diplomatik yang dilakukan oleh suatu negara demi tujuan tertentu yang ditetapkan oleh negara tersebut.Hubungan diplomatik sangat berkaitan untuk menjadikan suatu negara eksis dan diakui perannya di dunia internasional.

Dalam hubungan internasional antar negara yang dilakukan oleh Negara Indonesia, kita tentu akan mengenal banyak tokoh perwakilan diplomatik indonesia untuk negara lain yang memiliki peranan dan jasa besar untuk negara. Beberapat tokoh perwakilan diplomatik Indonesia tersebut sangat dikenang jasanya dan sangat layak untuk diketahui. Berikut nama nama tokoh perwakilan diplomatik Indonesia yang sangat populer dengan perannya dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Agoes Salim

Tokoh perwakilan diplomatik Indonesia untuk negara lain yang perannya sampai saat ini sangat dikenal yang pertama adalah H Agoes Salim sebagai diplomat kemerdekaan bangsa Indonesia. H. Agoes salim semasa hidupnya dikenal sebagai tokoh diplomatik yang sangat lihat dalam perundingan yang menguntungkan bangsa Indonesia dan tidak takut berunding dengan negara manapun termasuk dalam hal politik luar negeri Indonesia.

  1. Mochtar Kusumaatmajaya

Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmajaya juga merupakan salah satu tokoh diplomat Indonesia yang peran diangkat menjadi menteri luar negeri di tahun 1978 – 1988. Tokoh yang pernah menjabat sebagai diplomat Indonesia di PBB ini memiliki peranan yang besar dalam konsep wawasan nusantara. Mochtar Kusumaatmajaya dikenal sebagai tokoh yang sangat pandai dalam mencairan suasana ditengah perundingan yang sangat serius. Beliau selalu memberikan contoh hubungan bilateral yang baik.

  1. Dian Triansyah Djani

Menjadi satu dari tiga tokoh diplomat Indonesia yang memiliki jabatan tinggi di PBB. HE. Dian Triansyah Djani semat ditunjuk menjadi ketua dari second commitee atau komisi II di PBB yang menurusi masalah ekonomi dan finansial. Selain jabatannya di PBB, Dian Triansyah Djani juga pernah menjabat jabatan diplomatik penting lainnya seperti direktur kerjasama ASEAN dan Direktur kerjasama intra kawasan asia pasifik dan afrika.

  1. Kamarpradipta Isnomo

Nama lain dari tiga tokoh diplomat Indonesia yang memiliki jabatan penting di perwakilan bangsa bangsa atau PBB adalah Kamarpradipta Isnomo. Beliau pernah ditujuk sebagai wakit ketua komite I atau first Committee di PBB yang membahas tentang keamanan internasional dan pelucutan senjata.Ismono juga menjadi salah satu diplomat Indoneisa yang bertempat di Konsulat jendreral Republik Indonesia kota New York, Amerika.

  1. Masni Eriza

Selain Isnomo dan Dian, nama lain tokoh Diplomat Indonesia yang memiliki jabatan penting di PBB adalah Masni Eriza. Tokoh diplomat menjadi salah satu syarat menjadi anggota PBB.Masni Eriza yang juga menjabat sebagai Minister Counsellor di KJRI New York dipilih secara aklamasi untuk menjadi wakil ketua komisi 3 atau third committee di PBB yang menanganai masalah sosial, humaniter, dan budaya.

Itulah beberapa contoh tokoh diplomat Indonesia untuk negara lain maupun untuk perwakilan bangsa bangsa atau PBB. Semua diplomat yang disebutkan diatas merupakan tokoh yang sangat berjasa membawa nama indonesia di dunia internasional dan sudah diakui memiliki kemampuan diplomasi diatas rata rata. Kesemua nama yang disebutkan diatas menunjukan bahwa Indonesia menjadi negara yang diakui perannya di dunia internasional. Tokoh Diplomatik menjadi salah satu contoh penjelasan mengenai hubungan internasional dan organisasi internasional.

, , ,