6 Tugas Wakil RW Dalam Menunjang Pembangunan Di Indonesia

Sistem pemerintahan di Indonesia diatur dari pemerintahan pusat hingga pemerintahan daerah. Unite terkecil dari pemerintahan ini adalah RT dan RW. RT dan RW di Indonesia sebenarnya merupakan peninggalan penjajahan Jepang di Indonesia. Namun, karena dianggap sesuai dengan penduduk Indonesia, maka sistem ini masih dipertahankan hingga saat ini. Dalam menjalankan tugasnya serta hak dan kewajiban RW, dibentuklah struktur kepemimpinan RW. Struktur ini minimal terdiri dari ketua, wakil, bendahara, dan sekretaris. Masing-masing anggota kepemimpinan RW memiliki tugasnya masing-masing. Tugas wakil RW yang perlu kamu ketahui adalah:

  1. Membantu ketua RW dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya di lingkungan RW tersebut. Jika suatu RW memiliki cukup banyak RT tentu akan cukup banyak tugas yang dimiliki oleh ketua RW. Oleh karena itu, wakil ketua RW diwajibkan untuk membantu meringankan tugas ketua RW agar semua tugas selesai dengan baik.
  2. Memberikan saran, kritik, dan masukan kepada ketua RW dalam setiap keputusan yang diambil. Ketua RW mungkin melakukan kesalahan sepanjang melakukan tugasnya. Wakil ketua RW wajib menasihati ketua RW agar dapat mengambil keputusan yang tidak merugikan warga masyarakat. Contoh kesalahan yang mungkin dilakukan ketua RW adalah kesalahan data pengajuan bantuan sosial. Kesalahan data bisa berdampak pada tidak tercapainya tujuan pembangunan nasional dari program tersebut. Oleh karena itu, semua perangkat pemerintahan harus saling membantu untuk memastikan data dibuat dengan benar.
  3. Mewakili ketua RW untuk menyampaikan gagasan kepada masyarakat terkait suatu program tertentu. Selain itu, wakil ketua RW juga bisa menjadi perwakilan masyarakat untuk menyampaikan usul dan masukan kepada ketua RW.
  4. Menggantikan atau mengambil alih tugas ketua RW ketika ketua RW berhalangan untuk hadir menjalankan tugas tersebut. Wakil ketua RW juga dapat mengambil keputusan penting sebagai perwakilan ketua RW jika ketua RW sedang tidak ada di tempat. Terutama dalam musyawarah yang dilakukan bersama dengan masyarakat. Semua ini dilakukan agar sistem pemerintahan di masyarakat tetap dapat berjalan dengan baik dan tujuan musyawarah dapat dicapai dengan segera.
  5. Bersama dengan ketua RW menjamin semua program RW berjalan dengan lancar sehingga semua harapan dari program tersebut dapat tercapai, terutama dalam menegakkan norma dalam masyarakat serta menjaga kerukunan dan kedamaian masyarakat di RW tersebut. Misalnya, program yang berkaitan pada masalah-masalah mengenai fungsi toleransi dalam kehidupan masyarakat. Wakil RW dan ketua RW harus memastikan tidak ada gesekan di tengah masyarakat yang berpotensi menimbulkan keributan melalui berbagai program yang terencana dengan baik. Salah satu contoh program menjaga toleransi di kehidupan RW adalah bersama-sama menjaga perayaan ibadah setiap agama yang ada di RW tersebut.
  6. Tugas wakil rw berikutnya adalah menjalin kerjasama dengan pihak-pihak tertentu bersama dengan ketua RW dan perangkat RW lainnya, seperti RT atau RW lainnya untuk menyukseskan berbagai program kerja RW dan pemerintahan.

Itulah beberapa tugas wakil RW yang ada di Indonesia. Dalam melaksanakan tugasnya, masyarakat boleh memberikan kritik dan masukan kepada wakil RW agar tugas wakil RW dapat dijalankan dengan baik. Memberikan masukan terhadap tugas wakil RW merupakan contoh kegiatan memajukan kesejahteraan umum karena masyarakat telah berpartisipasi dalam memperbaiki sistem pemerintahan.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Lembaga Negara