3 Tujuan dan Fungsi Ideologi Komunis Dalam Menciptakan Kesetaraan Hidup

Dari macam-macam ideologi di dunia, komunisme merupakan salah satu  ideologi yang paling banyak digunakan dan memiliki banyak pengikut. Ideologi ini hadir sebagai bentuk protes dari ideologi kapitalisme yang dinilai terlalu mementingkan keuntungan pribadi. Adanya ideologi kapitalisme membuat strata sosial menyengsarakan masyarakat.

Sedangkan ideologi komunis sangat mengutamakan kepentingan bersama. Tujuan pembangunan nasional di negara komunis juga semata-mata untuk kesejahteraan masyarakat. Selain itu, berikut ini tujuan dan fungsi ideologi komunis serta penjelasan lengkapnya yang perlu kamu ketahui:

  • Memberikan ‘rasa’ yang sama pada semua warga negara

Tujuan dan fungsi ideologi komunis yang pertama adalah memberikan rasa yang sama pada semua warga masyarakat di suatu negara. Pemerintah yang menerapkan ideologi komunis ingin agar semua warga negara merasakan kehidupan yang sama. Jika ada hasil perekonomian, maka akan dibagi sama rata ke seluruh penduduk. Jika ada warga masyarakat yang mendapatkan nilai-nilai pendidikan karakter, maka penduduk lainnya juga harus bisa menempuh pendidikan yang sama.

Komunis ingin setiap warga negara mendapatkan perlakuan yang sama. Perlakuan ini berlaku di bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, dan semua bidang kehidupan lainnya. Hal inilah juga yang membuat negara komunis umumnya melarang adanya agama di suatu negara. Mereka ingin agar semua warga negara memiliki kepercayaan yang sama, yaitu kepercayaan kepada ideologi komunis.Semua hal yang berpotensi membedakan yang ada di kehidupan warga negara akan dihilangkan oleh negara.

  • Memberikan keadilan hukum yang sama

Keadilan hukum yang sama juga menjadi tujuan dan fungsi ideologi komunis. Fungsi dan tujuan ideologi politik komunis ingin semua warga negaranya mendapatkan perlakuan yang sama, maka hukum pun akan diberlakukan dengan kesetaraan. Siapapun yang melakukan kesalahan harus mendapatkan sanksi yang sama dari negara apapun jabatan dan status sosialnya. Inilah prinsip rule of law di dalam ideologi komunis.

  • Menghilangkan strata sosial di masyarakat

Awal kemunculan komunisme adalah kapitalisme di Eropa yang membedakan antara kelas majikan dan kelas pekerja. Mereka yang menjadi majikan akan hidup semakin kaya. Sedangkan, kelas pekerja akan miskin selamanya karena hanya menggunakan tenaganya untuk mendapatkan uang.

Komunisme ingin menghilangkan strata sosial ini dari kehidupan masyarakat. Tidak ada majikan dan pekerja di negara komunis. Semuanya akan mendapatkan perlakuan yang sama sebagai warga negara. Kewajiban warga negara terhadap negara juga sama rata tanpa perbedaan.

Di negara komunis juga tidak dikenal kepemilikan pribadi. Semua faktor produksi dikuasai oleh negara agar semua warga negara bisa mendapatkan dan merasakan hasilnya secara bersama-sama. Semua kekayaan yang ada di negara komunis akan dibagi rata kepada warga negara. Hal ini tentu akan menghilangkan strata sosial di tengah masyarakat karena semua masyarakat memiliki ekonomi yang sama.

Itulah tujuan dan fungsi ideologi komunis yang diterapkan di beberapa negara di dunia. Tujuan dan fungsi ideologi komunis memang hampir sama dengan ideologi sosialisme. Hal ini karena komunis sendiri lahir dari pemikiran sosialisme. Jika ideologi sosialisme adalah teori, maka hakikat ideologi komunis adalah penerapan dari teori tersebut.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Pendidikan