4 Tujuan dan Fungsi Ideologi Sosialisme Diterapkan Sebagai Landasan Negara

Sosialisme merupakan satu dari macam-macam ideologi di dunia yang masih diterapkan hingga saat ini. China dan Rusia menjadi negara yang terkenal sebagai penganut ideologi sosialisme. Ada banyak ciri-ciri ideologi sosialisme yang bisa kamu amati dari negara-negara yang menerapkan ideologi ini. Salah satunya adalah kepemilikan sarana produksi yang dimiliki oleh negara.

Masih adanya negara yang menerapkan ideologi ini karena ada tujuan yang fungsi yang ingin diambil dari penerapan ideologi ini. Tujuan ideologi sosialisme ini tentu diharapkan dapat membuat negara damai dan maju. Tujuan dan fungsi ideologi sosialisme diterapkan di beberapa negara di dunia adalah:

  • Mengatasi Kesenjangan Dalam Masyarakat

Mengatasi kesenjangan yang ada di masyarakat menjadi tujuan dan fungsi ideologi sosialisme. Di dalam ajaran ideologi sosialisme, semua warga negara akan diperlakukan sama dalam semua segi kehidupan. Macam-macam kebijakan publik yang diterapkan di negara penganut sosialisme juga mengutamakan kesetaraan di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Tujuan pembangunan nasional di negara sosialis disusun agar kehidupan ekonomi masyarakat bisa sama rata tanpa ada kesenjangan. Negara akan membagi kekayaan sama rata untuk seluruh warga negara. Dengan demikian tidak ada warga negara yang kaya dan yang miskin. Semuanya akan mendapatkan kehidupan ekonomi yang sama.

Hal ini ditujukan karena ideologi sosialisme sendiri muncul sebagai bentuk perlawanan terhadap ideologi kapitalisme. Ideologi kapitalisme membuat munculnya pemilik perusahaan yang kaya dan kelas pekerja yang miskin. Hal ini menciptakan kesenjangan di tengah-tengah masyarakat sehingga muncul banyak masalah sosial.

  • Membatasi Hak Milik Pribadi

Tujuan dan fungsi ideologi sosialisme berikutnya adalah membatasi hak milik pribadi. Di dalam ideologi sosialisme, semua sumber produksi menjadi milik negara. Individu tidak memiliki hak atas alat dan sarana produksi seperti pada ciri-ciri ideologi liberalisme dan kapitalisme. Jika negara yang menguasai semua sumber, alat, dan sarana produksi maka pemerintah lebih bisa mengontrol keadaan ekonomi. Semua warga negara akan memperoleh kedudukan dan kekayaan ekonomi yang sama.

  • Menciptakan Masyarakat yang Solid dan Bekerjasama

Tujuan dan fungsi ideologi sosialisme diterapkan di suatu negara juga untuk membentuk masyarakat yang solid dan saling bekerjasama. Dengan adanya ideologi sosialisme, masyarakat akan bekerja untuk pemerintah dalam bidang-bidang yang sudah dibagi. Masyarakat akan melakukan tugas dan fungsi yang sama.

Setiap warga negara akan mendapatkan kekayaan ekonomi yang sama. Jadi, jika satu masyarakat miskin, maka masyarakat lainnya akan merasakan kemiskinan yang sama. Jika ada warga negara yang hidupnya layak, maka warga negara lain harus mendapatkan perlakuan yang serupa. Intinya di ideologi sosialisme “berat sama dipikul, ringan sama dijinjing.”

  • Menjaga Kesejahteraan yang Damai dan Demokratis

Jika semua masyarakat hidup dalam keadilan ekonomi, hukum, sosial, dan politik, maka diharapkan kehidupan di negara tersebut dapat berjalan dengan adil. Ini merupakan tujuan dan fungsi ideologi sosialisme yang diterapkan di negara-negara di dunia.

Negara sosialisme akan sangat memegang prinsip rule of law. Hal ini akan menjamin keadilan selalu tersedia bagi warga negara. Dasar hukum HAM dan hukum-hukum lainnya memastikan setiap masyarakat mendapatkan semua haknya sebagai warga negara.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Pendidikan