Sponsors Link

Cara Melestarikan Budaya di Indonesia

Sponsors Link

Apa itu budaya? Kata budaya itu sendiri merupakan kata yang berasal dari bahasa Sansekerta budhayah. Kata tersebut adalah bentuk jamak dari kata budhi yang mempunyai arti akal atau budi. Untuk pengertian lengkapnya, budaya adalah sebuah sistem yang ada dalam suatu masyarakat dan budaya tersebutlah yang mengatur kehidupan masyarakat tersebut sehingga mereka mempunyai hukum, tata cara hidup, dan lainnya. Kemudian, sistem yang ada ini kemudian diturunkan ke generasi berikutnya sehingga lahirlah kebudayaan sebagai hasil adanya budaya. Karena budaya ini merupakan warisan dari nenek moyang dan telah turun-temurun diwariskan, maka budaya haruslah dijaga dengan baik. Begitupun dengan budaya Indonesia yang terkenal sangat beragam dari Sabang sampai Merauke.

ads

Beragamnya budaya Indonesia dapat terlihat dari banyaknya tarian daerah, bahasa daerah, kesenian daerah, dan juga ritual-ritual daerah yang berbeda-beda setiap sukunya, dan menurut catatan ada lebih dari 1300 suku dan lebih dari 500 bahasa daerah yang ada di Indonesia. Namun, sayangnya budaya Indonesia mulai memudar. Terbukti dengan adanya suku-suku yang hampir punah seperti suku yang ada di Kepulauan Mentawai, bahkan telah ada beberapa suku yang telah punah. Punahnya suku-suku tersebut jelas disebabkan karena budaya suku yang tidak dilestarikan lagi. Lalu, bagaimana cara melestarikan budaya tersebut? Anda dapat menyimak penjelasannya pada paragraf di bawah ini.

Kenali Budaya

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk melestarikan budaya yang telah ada. Hal pertama yang dapat dilakukan ialah mengenali budaya yang ada. Dengan mengenal budaya anda, paham apa saja budaya yang diwariskan nenek moyang, anda akan lebih mudah untuk melestarikan budaya anda karena anda telah benar-benar memahami sehingga mengerti bagaimana cara untuk menjaga budaya tersebut.

Dalam hal ini, ada berbagai macam cara yang dapat anda lakukan untuk mengenali budaya anda.

1. Mencari tahu tentang budaya anda

Jika anda memang belum benar-benar memahami budaya anda, hal yang harus anda lakukan ialah anda harus mencari tahu berbagai macam informasi yang berhubungan dengan budaya anda. Anda bisa mendapatkan informasi tersebut melalui bermacam-macam literatur seperti buku, ensiklopedi, atau bisa juga melalui surat kabar. Apalagi, saat ini, banyak literatur yang membahas mengenai budaya dan kebudayaan sehingga anda akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi mengenai budaya anda.

Selain dari literatur cetak, anda pun dapat mempelajari tentang budaya melalui internet. Dengan perkembangan teknologi yang makin pesat karena pengaruh globalisasi, tentu saja akan menjadi kemudahan untuk anda dalam mendapatkan informasi yang lengkap mengenai budaya anda. Contohnya yaitu jika anda adalah orang Jawa yang ingin memperdalam pengetahuan anda mengenai budaya Jawa, anda bisa membaca berbagai buku budaya Jawa atau cukup mencari infonya melalui website-website tertentu.

2. Mengikuti kegiatan budaya

Untuk dapat mengenal budaya yang ada di daerah anda, setelah mempelajari tentang budaya anda, mengikuti kegiatan budaya merupakan langkah yang tepat. Jika anda mengikuti kegiatan budaya ini, tentu saja anda akan lebih cinta terhadap budaya yang ada. Dalam mengikuti kegiatan budaya, sebaiknya anda terlibat langsung di dalam sebuah kontes misalnya sebab jika anda hanya mengikuti kegiatan budaya sebatas sebagai penonton atau peserta saja, anda tidak akan mendapatkan pengalaman yang mengesankan. Misalnya saja anda ingin mengikuti kegiatan budaya Banyumas seperti pementasan kentongan. Akan lebih baik jika anda menjadi pemain kentongan tersebut sebab anda akan lebih merasakan euforia kebudayaan anda. Selain itu, terlibat langsung dalam kegiatan budaya juga akan menambah kecintaan anda pada budaya anda tersebut. Anda pun akan mendapatkan sebuah pengalaman baru yang tentu saja tidak dapat dilupakan sebab kegiatan kebudayaan biasanya digelar dalam acara tertentu.

3. Bergabung dalam komunitas

Jika anda ingin mengenal budaya Indonesia dan budaya di daerah anda khususnya, cara lain yang dapat anda lakukan ialah dengan bergabung dengan komunitas budaya yang ada di sekitar daerah anda. Ada berbagai hal yang akan anda dapatkan disini. Pertama, anda bisa lebih mengenal budaya anda sebab dalam sebuah komunitas, akan ada beberapa tokoh kebudayaan yang sering berkunjung untuk menambah pengetahuan anda atau bisa juga mereka bertukar pikiran dengan anda dan anggota komunitas lain tentang budaya untuk menghindari penyebab terjadinya tindakan penyalahgunaan kewenangan Lalu, untuk mempererat tali persaudaraan dan kekompakan dalam melestarikan budaya, sebuah komunitas akan membuat acara tertentu yang bertemakan budaya anda. Sama halnya dengan poin sebelumnya, ini merupakan hal yang sangat menguntungkan anda sebab anda bisa mempelajari bagaimana budaya anda dari acara tersebut.

Ajarkan Budaya kepada Orang Lain

ads
Setelah anda mengenal betul budaya anda, mulai dari sejarahnya sampai macam-macam kebudayaan yang lahir dari budaya tersebut, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memberikan pengajaran kepada orang lain agar akan ada makin banyak orang yang mengenal budaya tersebut. Dalam hal ini, ada beberapa pilihan yang bisa anda lakukan yaitu mengajar di sekitar lingkungan anda atau mengajar di sekolah.

1. Mengajar di sekitar lingkungan anda

Untuk melakukan ini, anda bisa membuka sebuah kelas khusus budaya. Dalam kelas ini, sebaiknya siswa yang bergabung adalah anak-anak sampai remaja sebab dalam rentang umur tersebutlah, mereka akan mudah terpengaruh dengan budaya asing yang dianggap lebih kekinian. Dapat anda lihat bahwa saat ini, makin banyak anak-anak dan remaja yang tidak tahu tentang budaya mereka yang tergantung dengan peran orang tua dalam mendidik anak.  Mereka justru lebih bangga apabila mereka mengikuti budaya asing yang belum tentu baik untuk mereka. Bahkan, mereka nampak tidak peduli apabila budaya yang telah diwariskan oleh nenek moyang mereka punah. Tentu saja hal ini sangat miris sebab budaya yang seharusnya mereka cintai dan lestarikan justru menjadi budaya yang tidak diperhatikan.

Oleh karena itu, anda bisa memberikan sebuah hal yang baik untuk mereka agar mereka lebih mengenal dan mencintai budaya yang ada. Memang, untuk mewujudkan semua hal ini tidaklah mudah jika anda melakukannya sendiri. Maka, anda bisa bekerja sama dengan desa atau juga Karang Taruna agar niat baik anda ini bisa terwujud. Dengan bantuan desa dan juga Karang Taruna, anda akan lebih mudah untuk mengumpulkan anak-anak dan remaja yang ingin bergabung dalam kelas anda ini.

2. Mengajar di sekolah

Selain membuka kelas budaya di sekitar lingkungan anda, anda pun bisa berbagi pengetahuan tentang budaya dengan anak-anak sekolah. Dalam hal ini, yang mungkin dapat anda lakukan ialah dengan menjadi salah satu staf pengajar seni budaya atau bisa juga dalam ekstrakulikuler budaya di sekolah. Jika anda bukanlah seorang lulusan guru seni budaya, maka pilihan menjadi pelatih ekstrakulikuler merupakan ide yang bagus. Anda bisa menjadi pelatih di SD, SMP, maupun di SMA, hal ini tergantung pada ada tidaknya ekstrakulikuler yang mewadahi para siswa untuk mengenal budaya mereka. Beberapa ekstrakulikuler yang biasanya mengenalkan siswa terhadap kebudayaan ialah teater, musik, dan seni lukis. Jadi, anda bisa memilih salah satu ekstrakulikuler yang anda kuasai. Dengan mengajarkan budaya kepada siswa sekolah, jelas anda telah memberikan konstribusi yang cukup besar dalam melestarikan budaya kepada generasi muda yang nantinya akan mengemban tugas untuk terus menjaga budaya mereka. (baca : manfaat tata tertib sekolah)

Memperkenalkan Budaya ke Luar Negeri

Cara berikutnya yang dapat dilakukan untuk terus melestarikan budaya yang ada ialah dengan memperkenalkan budaya anda ke luar negeri. Mungkin bagi sebagian orang, hal ini cukup sulit. Namun, sebenarnya, hal ini sangatlah mudah untuk dilakukan apalagi dengan berbagai teknologi canggih saat ini. Jadi, ada berbagai hal yang dapat anda lakukan jika anda ingin memperkenalkan budaya anda ke luar negeri.

1. Memposting kesenian lokal di media sosial anda

Di era modern ini, makin banyak orang yang mengenal internet dan media sosial. Melalui media sosial yang menghubungkan seluruh orang di dunia inilah anda dapat memperkenalkan budaya lokal anda kepada orang luar. Postinglah foto-foto kesenian lokal yang dilengkapi dengan deskripsi di media sosial anda. Akan lebih baik jika anda memberikan deskripsi dalam dua bahasa yaitu bahasa lokal dan juga bahasa inggris agar orang luar lebih memahami apa yang anda posting. Jelaslah memposting foto-foto kesenian lokal akan lebih bermanfaat untuk anda daripada memposting foto-foto selfie anda sebab dengan anda memperkenalkan budaya lokal anda, anda akan memberikan konstribusi dalam pelestarian budaya yang ada.

2. Mengenakan produk budaya lokal anda di luar negeri

Selain melalui media sosial, misi memperkenalkan budaya kepada luar negeri juga dapat anda lakukan jika anda sedang berada di luar negeri entah untuk belajar, liburan atau lainnya. Anda cukup memakai produk hasil budaya lokal anda saja disana. Misalnya saja anda mempunyai batik sebagai produk budaya lokal anda, dan untuk memperkenalkan batik tersebut, anda cukup memakainya saat anda sedang di luar negeri. Dengan memakai pakaian batik tersebut, tentu saja anda telah memberikan sumbangsih anda dalam memperkenalkan budaya lokal ke dunia luar. Selain pakaian, anda juga bisa memakai hasil kesenian lokal lainnya seperti tas, gelang, dan lain-lain.

3. Mengekspor barang hasil kesenian budaya lokal

Bagi anda para pengusaha, anda pun bisa membantu mempromosikan budaya lokal melalui produk kesenian lokal yang anda jual. Caranya ialah anda mengembangkan usaha anda agar sampai ke pasar mancanegara. Jika anda telah mencapai itu, tentu saja anda bisa mengekspor produk kesenian tersebut ke luar negeri. Kini, ada beberapa produk lokal Indonesia yang memang telah menembus pasar internasional seperti batik dan songket, namun akan lebih baik jika ke depannya ada lebih banyak lagi produk kesenian lokal yang diperkenalkan sampai ke luar negeri.

Tidak Terpengaruh Budaya Asing

Untuk terus melestarikan budaya lokal yang anda miliki, hal yang harus anda lakukan adalah anda jangan sampai mudah terperngaruh dengan budaya asing. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pada era globalisasi ini, budaya asing sangatlah mudah masuk ke dalam kehidupan masyarakat Indonesia karena peran Indonesia dalam ASEAN. Dengan asumsi bahwa budaya asing tersebut lebih modern, gaul, dan tidak kampungan, banyak masyarakat Indonesia yang telah meninggalkan budaya lokal mereka. Maka tak jarang jika sekarang banyak orang tidak tahu atau paham dengan budaya mereka sendiri. Hal ini tentu saja sangat ironis sebab Indonesia dikenal dengan negara yang mempunyai keragaman budaya. Agar budaya-budaya lokal Indonesia ini tidak punah, anda harus mempunyai prinsip agar anda tidak mudah terpengaruh budaya asing tersebut, dan caranya ada di penjelasan berikut ini.

1. Jadikan budaya anda adalah identitas anda

Sponsors Link

Pertama, anda harus menjadikan budaya lokal anda sebagai identitas anda. Apa artinya? Artinya ialah anda mempunyai rasa bangga terhadap budaya lokal yang anda miliki dan kelebihan Indonesia di mata dunia Internasional. Dengan rasa bangga itulah anda tidak akan mudah terpengaruh dengan budaya asing yang masuk ke Indonesia. Menjadikan budaya sebagai identitas memanglah tidak mudah. Apalagi saat ini, banyak orang yang berfikir bahwa budaya daerah merupakan budaya yang sudah ketinggalan jaman. Tentu saja, harus ada banyak usaha yang anda lakukan misalnya anda tidak ikut-ikutan datang ke bar atau diskotik untuk dugem.

2. Memilah kebudayaan asing

Hal kedua yang dapat anda lakukan adalah dengan memilah dan memilih kebudayaan asing yang datang ke Indonesia. Nyatanya, tidak semua kebudayaan asing ini memberikan dampak positif terhadap budaya lokal. Maka dari itu, anda harus cermat dalam mengadopsi budaya asing yang datang. Jangan sampai anda asal mengikuti tren yang ada, dan hasilnya adalah budaya lokal anda hilang. Contohnya ialah budaya kerja keras dari budaya asing dapat anda adopsi sebab budaya ini akan berdampak positif. Anda bisa lebih bekerja keras dalam mencapai cita-cita anda dan juga bekerja keras untuk melestarikan budaya lokal Indonesia.

Dari penjelasan yang telah dibahas diatas, ada empat cara yang dapat anda lakukan untuk menjaga sekaligus melestarikan budaya lokal Indonesia. Yang pertama adalah dengan mengenali budaya lokal anda melalui memperbanyak bacaan anda tentang budaya lokal, mengikuti acara-acara kebudayaan, dan bergabung dalam komunitas budaya. Selanjutnya adalah dengan mengajarkan budaya lokal kepada anak-anak dan remaja sebagai generasi muda yang akan mengemban tugas untuk menjaga budaya lokal di masa yang akan datang. Selain itu, memperkenalkan budaya lokal anda kepada orang luar negeri menjadi langkah selanjutnya untuk menjaga budaya anda agar tidak punah, dan terakhir adalah anda jangan sampai mudah terperngaruh budaya asing yang bisa membuat budaya lokal dilupakan. Dengan cara-cara tersebut, budaya lokal yang anda miliki tidak akan mudah dilupakan dan akan tetus terjaga.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 29th, October 2015 / 09:51 Oleh :
Kategori : Moral