Sponsors Link

19 Kelebihan Indonesia di Mata Dunia Internasional

Sponsors Link

Nusantara begitu sebutan lain bagi Indonesia. Indonesia merupakan neara kepulauan yang berada di wilayah Asia Tenggara. Berada diantara dua benua yaitu benua Australia dan benua Asia dan diselimuti oleh dua samudera yaitu samudera Hindia dan samudera Pasifik. Wilayah negara Indonesia terbentang sepanjang 3.977 mil dari Sabang hingga Merauke. Nusantara memiliki luas wilayah daratan 1.922.570 km² dan wilayah perairan seluas 3.257.483 km². Tersebar 17.508 pulau kecil dan besar di wilayah Indonesia, 6.000 pulau tidak berpenghuni.

ads

Permasalahan Indonesia

  • Garis khatulistiwa yang melewati Indonesia menjadikan negara ini sebagai negara tropis, yang memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan.
  • Jumlah penduduk yang tinggal di Indonesia tercatat sebanyak 253.270.792 jiwa pada tahun 2015. Setiap tahunnya jumlah penduduk terus meningkat tajam, peningkatan sebesar 1,21% per tahun menurut data pertumbuhan penduduk.
  • Hal inilah yang saat ini menjadi permasalahan dalam negara kita, jumah penduduk yang terus meningkat tidak seimbang dengan peningkatan ekonomi di negara kita.
  • Keadaan tersebut terus membuat rakyat Indonesia belum mendapatkan kehidupan yang sejahtera.
  • Permasalahan ini adalah permasalahan kita semua sebagai rakyat negara ini, butuh kerja sama dan kesadaran dari masing-masing pihak untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.
  • Akan tetapi dibalik permasalahan-permasalahan yang saat ini di alami oleh bangsa Indonesia, begitu banyak sekali kelebihan dan keunggulan negara kita yang dikagumi oleh dunia Internasional.

Indonesia juga merupakan negara yang populer dan dikagumi dunia Internasional. Memiliki wilayah yang strategis dengan berbagai keunikan-keunikan yang tidak dimiliki oleh negara lain. Indonesia termasuk negara yang tidak bisa dipandang sebelah mata oleh dunia kelebihan, kekayaan, dan keunggulan yang kita miliki telah membuat negara kita berpengaruh didunia internasional. Contohnya saja baru-baru ini bendera negara Palestina akhirnya dapat berkibar di markas PBB dan sejajar dengan bendera-bendera negara lainnya. Indonesia juga memiliki peran yang penting bersama dengan negara lain agar negara Palestina menjadi negara yang berdaulat dan diakui oleh dunia. Hal tersebut membuktikan Indonesia mempunyai hubungan internasional yang baik dengan negara-negara lainnya.

Selanjutnya mengenai kelebihan dan keunggulan Indonesia dimata dunia, berikut beberapa rangkuman yang telah kami kumpulkan.

1. Tambang emas terbesar dengan kualitas emas terbaik didunia ada di Indonesia

Tambang tersebut terletak di daerah papua, wilayah paling timur negara Indonesia. Akibat kurangnya teknologi yang dimiliki oleh negara kita, tambang emas tersebut dikelola oleh pihak asing yaitu PT. Freeport milik Amerika. Tambang ini diketahui telah menghasilkan 725 ton emas. Bukankah Indonesia sangat kaya? Emas tersebut digali dari tanah milik negara kita, tetapi saham yang kita miliki hanya 1% saja dan 99% sisanya dikelola oleh pihak asing. Tidak hanya emas banyak bahan mineral lainnya seperti tembaga. Baru-baru ini diketahui ternyata dibawah lapisan emas dan tembaga terdapat bahan mineral yang harganya jauh lebih mahal dari pada emas yaitu Uranium. Uranium merupakan bahan baku pembuatan nuklir, sekarang bahan tersebut melimpah ditanah papua. Betapa kaya rayanya negri kita Indonesia.

2. Memiliki cadangan gas alam terbesar didunia.

Natuna adalah sebuah kepulauan yang memiliki luas wilayah 141.901 km², memiliki cadangan gas alam terbesar didunia. Hal itu menjadikan wilayah kepulauan Natuna menjadi incaran banyak negara, meraka ingin mengklaim wilayah tersebut menjadi wilayah negara mereka. Blok Natuna D, menyimpan cadangan gas alam yang jika diambil tidak akan habis hingga 30 tahun yang akan datang. Tidak hanya Blok Natuna D, ada Blok Cepu, dll yang terdapat diwilayah ini. Sayangnya lagi-lagi kekayaan negeri kita ini dikelola oleh pihak asing.

3. Tanah yang subur

Karena dilintasi oleh garis khatulistiwa membuat negara ini beriklim tropis yang bagus untuk pertanian. Tidak hanya itu banyaknya gunung merapi yang aktif dan tersebar di seluruh nusantara menjadikan tanah di negeri ini sangat subur.

4. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar didunia

ads
Sebutan negara kepulauan terbesar didunia mungkin memang pantas disandang oleh Indonesia, kenapa tidak Indonesia memiliki 17.508 pulau yang tersebar diseluruh wilayah. Akan tetapi diketahui 6.000 dari jumlah tersebut belum memiliki nama dan belum ada penghuninya. Tidak hanya itu 5 pulau di Indonesia termasuk kedalam 13 pulau-pulau terbesar didunia. Terletak diantara dua samudera yakni samudra Hindia dan samudra Pasifik, menjadikan negara ini kaya dengan keanekaragaman hayati. Sebagai contoh berbagai jenis ikan yang tidak ada dinegara lainnya, tetapi ada di wilayah perairan Indonesia.

5. Terdapat hutan Tropis terluas didunia

Hutan tropis Indonesia seluas 39.549.447 Ha, memiliki keanekaragaman hayati terlengkap didunia. Kekayaan hutan Indonesia tidak hanya kayu, tetapi juga flora dan fauna. Hutan tropis menyimpan sumber air yang banyak bagi kehidupan makhluk hidup. Namun hutan tropis tersebut sekarang sudah terus menerus berkurang, akibat penebangan hutan secara liar dan baru-baru ini banyak terjadi kebakaran hutan. Indonesia juga disebut-sebut sebagai paru-paru dunia. Oleh sebab itu mari kita bersama-sama menjaga keselamatan hutan-hutan di Indonesia.

6. Indonesia memiliki suku bangsa terbanyak di dunia

Menurut data sensus pada tahun 2010 di ketahui ada 1.340 suku bangsa yang ada di Indonesia. Suku jawa memiliki total populasi terbesar di Indonesia yaitu sebesar 41%

7. Pulau Jawa merupakan pulau berpenduduk terpadat di dunia

Memiliki luas 126.700 km² pulau ini memegang rekor penduduk terpadat didunia. Jumlah penduduk pulau jawa tercatat 124 juta jiwa, dengan 6 provinsi. Pusat pemerintahan negara ini juga berada di pulau Jawa, hal tersebut yang menjadikan banyak penduduk daerah lain datang berbondong-bondong ke Jawa.

8. Bahasa daerah terbanyak didunia

Sekitar 750 bahasa daerah yang ada di negara Indonesia. Bahasa resmi yang digunakan adalah bahasa Indonesia, tetapi bahasa daerah yang paling banyak dipakai ialah bahasa jawa.

9. Umat muslim terbanyak didunia

Terdapat 5 agama yang diakui oleh pemerintah Indonesia antara lain Islam, Katolik, Protestan, Hindu, dan Budha. Dari keseluruhan jumlah penduduk Indonesia, sebanyak 214 juta jiwa merupakan pemeluk agama Islam atau 88% dari penduduk Indonesia. Serta juga memiliki jumlah mesjid terbanyak didunia.

10. Candi Borobudur adalah candi terbesar didunia

Monumen bersejarah ini termasuk salah satu keajaiban dunia dan terletak di negara kita. Candi Borobudur ini dibangun oleh Dinasti Syailendra selama 40 tahun. Salah satu warisan tertua didunia.

11. Tempat ditemukan manusia purba tertua didunia

Pithecanthropus Erectus adalah manusia purba tertua didunia yang di perkirakan hidup 1,8 juta tahun yang lalu ditemukan di Indonesia. Namun phitecanthropus sudah tidak tidak bisa ditemukan lagi sisa-sisa fosilnya dikarenakan manusia purba ini ditemukan sebelum masehi.

12. Bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi ASEAN

Pada bulan September 2015 bahasa Indonesia yang biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia menjadi bahasa resmi ASEAN dan ini merupakan kelebihan yang tidak di miliki oleh negara lain.

13. Bahasa Indonesia di pelajari oleh beberapa negara didunia

Saat ini ada 45 negara yang mempelajari bahasa Indonesia dan negara-negara tersebut telah membuka program studi bahasa Indonesia. 500 sekolah di Australia sudah membuka kelas bahasa Indonesia. Tidak hanya itu negara Vietnam menyatakan bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua di negara mereka.

14. Wikipedia bahasa Indonesia berada pada nomor urut 26 didunia.

Dikutip dari web Wikipedia menyatakan bahwa dari 250 wikipedia berbahasa asing, wikipedia bahasa Indonesia berada pada peringkat ke 26. Namun ditingkat Asia, Indonesia menduduki peringkat ketiga karena banyak kelebihan di Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara lain.

15.Bahasa Indonesia merupakan bahasa ketiga paling banyak digunakan pada WordPress

Setelah bahasa Spanyol sebagai peringkat pertama didunia, bahasa Indonesia berada diposisi ketiga terbanyak digunakan oleh pengguna wordpress yang menggunakan bahasa Indonesia.

16. Kopi andalan di Starbuck

AS adalah Java Mocha, Sumatera, dan Toraja Coffe berasal dari indonesia. 3 kopi tersebut dipajang pada etelase paling depan. Merk internasional yang sangat terkenal yaitu Gucci menggunakan kain tenun asli Indonesia sebagai bahan baku produknya.

17. Seni Batik berasal dari Indonesia

Batik yang sudah diakui dan sangat terkenal diseluruh dunia bahkan sampai ke mancanegara. Batik merupakan kesenian yang berasal dari negri tercinta kita ini. Sehingga pada tanggal 2 Oktober telah ditetapkan sebagai hari Batik sedunia untuk mengeluarkan berbagai kreatifitas seluruh bangsa indonesia yang melalui hari batik nasional yang selalu dipeeringati setiap tahun.

18. Terdapat binatang purba yang hanya hidup di Indonesia

Di Indonesia juga terdapat komodo binatang dari zaman purba yang masih hidup hingga kini, berada di pulau Komodo Nusa Tenggara Timur. Sayangnya binatang ini sudah termasuk binatang yang langka sehingga sulit di temukan di pulau komodo.

19. Indonesia tempat ditemukannya ikan terkecil didunia

Ikan ini ditemukan hidup dalam rawa-rawa berlumpur pulau Sumatera. Panjang ikan ini hanya 7,9 mm dan memiliki bentuk tubuh yang transparan dan tidak ada tulang kepala.

Sponsors Link

Keanekaragaman hayati di Indonesia

Di Indonesia memiliki berbagai macam kenidahan, pemandangan, serta keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia yang merupakan suatu kelebihan yang terdapat di Indonesia yang tidak dimiliki oleh orang lain.

Berikut adalah penjelasan mengenai berbagai macam keanekaragaman hayati di Indonesia

  1. Kopi Luwak termahal didunia dari Indonesia.
  2. Hutan bakau terbesar didunia terdapat di Indonesia.
  3. Negara dengan jenis ikan Hiu terbanyak didunia.
  4. Indonesia memiliki aneka ragam kuliner terbanyak didunia.
  5. Seragam tentara NATO dibuat di Indonesia yaitu didaerah Solo dan Jawa tengah.
  6. Indonesia adalah tempat ditemukan primata terkecil didunia.
  7. Bunga Raflesia Arnoldi adalah bunga terbesar didunia tumbuh dan hidup di Indonesia.
  8. Indonesia mempunyai banyak ragam kesenian dan budaya terbanyak didunia.
  9. Indonesia memiliki pemandangan alam yang luar biasa indahnya.

Banyak sekali kelebihan-kelebihan Indonesia dimata dunia. Hanya beberapa saja yang kami sebutkan, akan tetapi masih banyak lagi keunggulan negara kita yang telah diakui oleh internasional. Akan tetapi kita sebagai rakyat Indonesia masih belum menyadari betapa kayanya negeri kita ini. Melupakan keaslian negara kita dan mengikuti gaya kebarat-baratan, itulah permasalahan terbesar dalam negara kita saat ini. Setelah melihat beberapa kelebihan Indonesia dari banyak kelebihan-kelebihan lainnya semoga kita semakin mencintai tanah air kita ini.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Baca juga artikel ppkn lainnya :

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 19th, October 2015 / 09:21 Oleh :
Kategori : Politik