Blok Barat dan Blok Timur Penyebab Perang Dingin

Disebut dunia sebagai negara pemenang dalam perang dunia ke 2, membuat Amerika dan Unisoviet (sekarang Rusia) menjadi bertikai dan saling curiga yang akhirnya melahirkan ideologi yang berbeda yang populer disebut sebagai blok barat dan Blok timur.

Negara Amerika (blok Barat) dan Uni soviet yang sekarang menjadi Rusia (Blok Timur) adalah Dua negara yang telah dinobatkan oleh semua negara didunia sebagai negara yang kuat dan sebagai pemenang perang dunia ke 2. Namun sayangnya kedua negara tersebut tidak menyukai ada 2 negara didunia yang disebut sebagai negara kuat dan negara pemenang dalam perang dunia 2.

Dasar berdirinya blok timur dan blok barat

Atas dasar apa Amerika dan Uni soviet menyebut harus ada satu negara yang menjadi pemenang diperang dunia ke 2 bukan dua negara?

  • Amerika meyakini bahwa merekalah yang patut disebut sebagai negara adidaya dan sebagai negara pemenang perang dunia ke 2. Amerika merasa hanya merekalah yang memiliki ideologi paling masuk akal dan tidak merugikan pihak lain yaitu mampu membawa perubahan ekonomi bagi negara negara yang sengsara karena  krisis akibat perang dunia 2.
  • Sedangkan pihak Uni soviet meyakini bahwa negara merekalah yang jauh lebih besar dan kuat dan paling layak untuk mendapatkan gelar sebagai negara pemenang diperang dunia ke 2. karena kala itu Unisoviet memiliki persenjataan yang super canggih dan lebih banyak dari Amerika serta memiliki tujuan mulia yaitu akan membawa perubahan kesejahteraan bagi seluruh negara negara eropa timur dari krisis yang disebabkan oleh perang dunia ke 2.

Berikut adalah pengertian dari blok barat dan blok timur :

Blok Barat

Blok barat adalah Amerika yaitu  negara yang membawa macam macam ideologi liberal kapitalisme yang terbentuk didalam pertahanan  NATO (North  atlantic treaty Organization) pada tanggal 4 april 1949 yang mempunyai pengikut sebanyak 12 negara terdiri dari Amerika serikat, Belanda, Inggris, Islandia, Portugal, Italia, kanada, Belgia, Demnark, Luksemburg, Norwegia.

Tugas NATO 

Tugas dan fungsi NATO yang ada didalam blok barat adalah mendirikan , mengembangkan, melindungi, mencegah dan mengkoordinir pertahanan militer yang ada pada negara negara anggota terhadap kemungkinann  agresi atau serangan diam diam dari Soviet yag kala itu dinilai Amerika telah merasa iri dan marah karena dunia mengakui Amerika serikat sebagai pemenang perang dunia ke 2.

Blok Timur

Blok Timur adalah Uni soviet (sekarang Rusia) yaitu negara yang membawa ideologi komunisme yang kemudian membentuik badan organissi untuk menyaingi keberadaan NATO. Organisasi terswbut bernama PAKTA WARSAWA pada tanggal 14 mei 1955 yang memounyai pengikut awalnya hanya berjumlah 7 negara , terdiri atas Albania, Cekoslovakia, Jerman timur, Uni soviet, Hongaria, Polandia , Bulgaria. Unisoviet saat itu mencurigai Amerika telah iri dan tidak suka dengan gelar yang diberikan dunia bahwa Unisoviet adalah negara pemenang dunia ke 2.

Tugas Pakta Warsawa 

Pakta warsawa mempunyai tugas melindungi dan menjaga kondisi  serta keberadaan negara negara saatelit soviet yang terbentuk setelah usai perang dingin sekaligus untuk memberi keamanan , kenyamanan, pertahanan dan berani memberi jaminan bahwa tidak akan ada negara lain (musuh) yang akan merusak atau membuat penyerangan terhadap negara negara satelit itu. Kedua ideologi antara Amerika dan unisoviet (sekarang Rusia) memiliki pola berfikir yang berbeda tetapi secara praktenya keduanya ternyata mampu membawa perubahan perubahan ekonomi bagi negara negara ayang menderita kelaparan dan kemiskinan setelah perang dunia ke 2 berakhir.

Perbedaan ideologi pada blok Timur dan Barat membuat kedua blok menjadi merasa paaling beanr dan tidak bisa hidup berdampingan dengan rasa toleransi dan damai. Akibatnya ketegangan diantara keduanya diikuti oleh negara negara pengikut keduanya yang menjadikan  perang dingijn sulit untuk dihindari. Perang dingin yang terjadi merupakan bentuk dari pertikaian mereka yang sama sama merasa sebagai negara terkuat didunia.


Penyebab Munculnya Perang Dingin

Inilah penyebab munculnya perang dingin antar Blok Timur dan Blok Barat

  1. Munculnya pengakuan dunia pada Amerika serikat sebagai pemenang perang dunia ke 2 yaitu pemenang mutlak atas perang dipihak sekutu yaitu Inggris dan perancis dan lain lain.
  2. Munculnya pengakuan dunia pada Uni soviet sebagai negara pemenang perang dunia ke 2 karena telah mampu membebaskan eropa timur dari negara jerman dan mampu pula memperbaiki kondisi buruk perekonomian negara negara eropa timur
  3. Karena lahirnya negara negara baru yang berhasil menyatakan kemerdekaannya setelah perang dunia ke 2 usai yang terjadi diluar jangkauan negara eropa.

Amerika Serikat dan Unisoviet dua negara terkuat didunia namun terlemah dalam masalah egoisme . Mereka (Amerika dan Unisoviet) tidak mampu mengendalikan rasa sombongnya dan tidak mampu merubah pertikaian diantara mereka menjadi sebuah persahabatan. keduanya merasa paling kuat, paling maju, paling canggih dan negara terbaik. sikap yang berbau dengan paham Chauvinisme tersebut sama sama tersemat didalam aura kekuasaan didua negara tersebut. (baca : pengertian paham chauvinisme)

Antara negara yang berada pada blok Timur ataupun blok Barat memiliki ideologi yang berbeda yaitu liberal kapitalisme (Amerika) dan paham komunisme (unisoviet) yang keduanya saling bahu membahu berupaya menarik perhatian dunia agar lebih banyak negara negara lain yang  bergabung dengan mereka.

Pembentukan NATO dan Pakta Warsawa

Pembentukan NATO (amerika) dan Pakta Warsawa (uni soviet sekarang menjadi Rusia) membuat kedua negara itu diliputin rasa saling curiga , saling menudijng dan terjadi banyak kesalahpahaman.

  • Amerika Serikat menuduh Pakta Wrsawa dari Uni soviet telah memperluas hegemoni atau kekuasaan di negar negara demokrasi agar mereka mau beralaih ke ideologi Komunisme. Menurut pihak Amerika itu adalah sebuah pemaksaan dan termasuk sebuah kejahatan moral.
  • Uni Soviet yang kini telah berubah menjadi Rusia justru menuduh Amerika atau pihak NATO telah menjalankan politik imperalis untuk mempengaruhi dunia.

Fakta Unik Seputar Blok Barat dan Blok Timur

Inilah fakta unik seputar Amerika (blok barat) dan Uni soviet (blok timur) yang belum banyak orang tahu.

  • Ternyata selama perang dingin berlangsung berkepanjangan Amerika dan pihak Uni soviet tidak pernah secara langsung terlihat  konflik fisik ( tidak pernah ikut ikutan perang ) pada perang dingin terbuka. Mereka hanya berada dibelajkang layar yaitu dibelakang nenargar negara lain yang kala itu sedang sibuk berperanag karena sedang bersengketa.
  • Antara Amerika serikat dana Uni soviet saat itu saling bersaing membantu dan peduli dengan negara negara yang tengah berperang dingin berupa persenjataan, memberikan bantuan obat obatan pada korban perang, memberiukan makanan pada korban peranag yang kelaparan terutama kaum wanita dan ank anak dan lain lain.
  • Kedua negara (Amerika dan Uni soviet)sama sama berhasil dan sukses pada bidang politik dan militer selain mereka menguasai kondisi perekonomian yang sedang krisis dan mampu berubah keadaan menjadi lebih baik. jika Amerika serikat bisa bangga dengan MARSHALL PLAN dan CIA maka Uni soviet akan bangga dengan  MOLOTOV PLAN dan KGB dimana mereka juga sama sama antusias meningkatkan kegiatan intelejen, tekhnologi nuklir , tehknologi ruang angkasa , dan olahraga (olimpiade)

  • Persaingan Blok Timur dan Blok barat akhirnya mengalami erosi pada tahun 1990 an yang mengakibatkan banyak wilayah dari Uni soviet justru berbondong bondong mengundurkan diri dan memisahkan diri untuk tampil menjadi negara baru yang merdeka. negara negara tersebut adalah Rusia, Uzbekistan, Kazakhstan, Armenia, Belarusia, Estonia, Ukraina, Moldova, Turkmenistan dan lain lain.
  • Terjadi perpecahan wilayah pada Blok Timur pada tahun 1990 an ternyata tidak banyak mempengaruhi kondisi NATO (Blok barat) untuk tetap berjalan seperti apa adanya sampai saat ini sehingga menyebabkan penyebab terjadinya tindakan penyalahgunaan kewenangan . Mungkin Amerika lebih lihai dalam mempertahankan persatuan dan kesatuan warga negaranya yang terdiri dari orang orang dari seluruh dunia dan lebih mengutamakan seruan perdamaian ketimbang mengharuskan negara lain untuk ikut menjadi negara Komunis yang cenderung memiliki aturan yang terlalu berat. bahkan banyak orang orang yang menyatakan bahwa paham ideologi liberal kapitalisme terbukti lebih ramah, tidak terlalu menjerat atau setidaknya masih sesuai dengan pola pikir manusia didunia.

Bayangkan jika kedua negara kuat ini bisa hidup rukun berdampingan, saling memiliki rasa toleransi yang tinggi dan saling merasa sebagai saudara, maka kemajuan ekonomi , kemajuan bidang sosial budaya, kemajuan pendidikan , teknologi ruang angkasa dan teknologi nuklir ada ditangan mereka dan tidak akan pernah bisa tertandingi oleh bangsa manapun! sayangkan kedua negara ini masing masing ingin berdiri sendiri menjadi negara Adidaya (penguasa) atas semua negara negara didunia.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 03rd, May 2016 / 09:41 Oleh :
Kategori : Negara