20 Contoh Nilai Kemanusiaan Dalam Kehidupan Yang Harus Diterapkan

Pancasila sebagai dasar negara Indonesia membuat kita sebagai warga negara wajib merapkan nilai-nilai pancasila. Hal itu karena Panca sila sudah dianggap sebagai pandangan hidup atau pedoman hidup sehari-hari dalam mengambil sikap ataupun berperilaku. Kekuatan Pancasila sebagai dasar negara juga dikukuhkan oleh Undang – Undang Dasar 1945. Dalam UUD 1945, sila-sila dalam Pancasila disebutkan secara jelas dan termasuk dalam pokok pikiran dalam pembukaan UUD. Dari situ bisa disimpulkan bahwa mengubah Pancasila akan mengubah UUD 1945 juga. Meskipun Pancasila tidak bisa diubah, makna pancasila sebagai ideologi negara bisa saja luntur ataupun hilang. Hal itu terjadi apabila rakyat Indonesia tidak lagi menerapkan nilai – nilai luhur Pancasila dalam semua aspek kehidupannya.

Sila dalam Pancasila pun sebenarnya tidak sekedar nilai yang dikonsep dari awang – awang. Isi dari Pancasila merupakan hasil pemikiran para negarawan yang diambil dari nilai – nilai yang sudah ada dalam kebudayaan bangsa Indonesia sejak dahulu kala. Oleh karena itulah rakyat menjalani penerapan nilai – nilai Pancasila tanpa merasa terpaksa. Kita semua hanya harus meneruskan dan tetap berada di jalur yang benar seperti para pendahulu kita. Dan walaupun hanya ada lima sila dalam pancasila, sila – sila tersebut bisa diuraikan lagi sesuai dengan perkembangan jaman. Nilai – nilai Pancasila juga bisa memenuhi kebutuhan manusia akan pedoman- pedoman untuk setiap permasalahan yang ada dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dari sekian banyak penguraian nilai Pancasila ada lima nilai yang wajib kita pegang teguh dan terapkan. Nilai-nilai tersebut adalah nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan.

Nilai yang paling dekat dengan kehidupan sehari – hari kita adalah nilai kemanusiaan. Nilai kemanusiaan ini bisa diterapkan dalam semua aspek kehidupan sehari – hari, di semua tingkatan kehidupan, mulai dari keluarga, sekolah, lingkungan kerja, dan lingkungan masyarakat. Berikut adalah contoh nilai kemanusiaan yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari – hari muali dari lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat:

  1. Menghormati orang tua

Menghormati orang tua adalah salah satu contoh nilai kemanusiaan yang harus kita terapkan di dalam lingkungan keluarga. Dengan menghormati orang tua, kita akan bisa menghormati orang lain. Dan salah satu cara agar kita dihormati orang lain adalah dengan kita menghormati orang lain, siapapun itu.

  1. Mematuhi nasihat orang tua

Mematuhi nasihat orang tua juga merupakan wujud bahwa kita menghormati orang tua. Sebagai anak, kita harus bisa mematuhi nasihat orang tua, karena orang tua memberi nasihat demi kebaikan anaknya. Selain itu, nasihat juga bukti kepedulian dan rasa kasih sayang orang tua kepada anaknya.

  1. Menjaga nama baik keluarga

Segala yang kita lakukan, baik buruknya, pasti akan membawa nama keluarga. Apabila salah satu anggota keluarga berbuat tercela, keluarga akan ikut tercoreng karena dianggap tidak mampu memeberikan pendidikan yang layak. Oleh karena itu, alangkah baiknya apabila kita terus menjaga  sikap demi menjaga nama baik keluarga.

  1. Menghormati orang yang lebih tua dan menghargai teman sebaya dan yang lebih muda

Seperti halnya menghormati orang tua dalam keluarga, kita juga harus menghormati orang lain yang lebih tua dalam kehidupan sehari – hari. akan tetapi hal itu tidak berarti kita bisa semena – mena kepada orang yang sebaya atau lebih muda. Hal itu karena nilai kemanusiaan memandang semua manusia sama saja. Siapapun itu, manusia sebagai makhluk Tuhan mempunyai hak untuk dihormati dan dihargai.

  1. Tidak mencampuri urusan orang lain secara berlebihan

Dalam kehidupan bermasyarakat, kepedulian memang penting untuk diterapkan. Akan tetapi terkadang rasa kepedulian yang berlebihan justru menjurus pada sikap terlalu ikut campur. Oleh karena itu, kit harus mampu mengerti batas batas untuk peduli. Tidak jarang perselisihan terjadi karena salah paham. Satu pihak merasa peduli, sedangkan pihak lain merasa terusik.


  1. Menegur dengan halus teman yang melakukan tindakan kurang terpuji

Dalam pergaulan dengan teman atau orang – orang di lingkungan masyarakat, banyak sifat yang kita temui. Dari sifat-sifat tersebut, terkadang kita menemukan seseorang yang cenderung menyimpang dengan melakukan sikap – sikap yang kurang terpuji. Sebagai anggota masyarakat yang menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, kita harus bisa secara baik – baik menegur perbuatan tersebut. Hal itu karena satu tindakan tercela pasti akan menyebabkan kerugian bagi orang lain. Dan tentu saja, hal itu bertentangan dengan sikap yang menunjukkan contoh nilai kemanusiaan.

  1. Dengan senang hati membantu teman yang kesulitan

Menunjukkan cinta kasih terhadap sesama manusia juga bisa diwujudkan dengan tolong menolong. Kita harus dengan senang hati menolong teman yang kesulitan. Tentu saja dalam keadaan seperti ini kita tidak boleh mengharapkan imbalan. Karena membantu dengan tulus ikhlas adalah lebih utama bagi kemanusiaan.

  1. Tidak menyakiti perasaan teman

Menyakiti atau menyinggung perasaan orang lain adalah salah satu sikap yang tidak sesuai dengan nilai kemanusiaan. Hal ini karena setiap manusia memiliki hak untuk mendapat perlakuan yang layak. Oleh karena itu, sebaisa mungkin kita harus menghindari menyakiti perasaan orang lain dalam bergaul. Meskipun orang itu melakukan hal yang salah, kita harus membuatnya sadar, bukan malah menyakiti nya.

  1. Mengembangkan sikap kesopanan

Kesopanan bukanlah hal yang ahrus kita lakukan kepada orang tua saja. Kepada siapapun kita tetap harus bertindak sopan. Sopan bukan berarti kaku. Akan tetapi sopan yang dapat menempatkan diri sesuai dengan situasi dan kondisi. Hal ini harus kita mulai dari lingkup yang paling kecil, yaitu keluarga. Apabila dalam keluarga saja kita sudah terbiasa dengan sopan santun, maka sikap tersebut akan terbawa kemanapun kita berada.

  1. Menjadi donor darah

Donor darah adalah salah stu kegiatan kemanusiaan yang sangat mulia. Tidak semua orang berani untuk menyumbangkan darah. Dan yang seperti kita tahu, mendapat donor darah tidak lah mudah, karena ketersediaannya yang terbatas. Oleh karena itu, menjadi donor darah akan menolong sesama manusia dari sakit yang menimpanya. Selain itu, donor darah juga sebenarnya memberikan efek yang bagus bagi tubuh kita, karena membuat sel darah kita beregenerasi dan kita mendapatkan darah yang baru.

  1. Mengumpulkan dana bela sungkawa

Saat ada kerabat dari teman atau saudara yang meninggal, kita bisa memberikan bantuan dalam bentuk mengumpulkan dana bela sungkawa. Hal ini bukan semata –mata untuk mencari uang. Akan tetapi, mengumpulkan dana bela sungkawa adalah salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk membantu orang yang tertimpa kemalangan. Selain itu, tentu saja kita harus mendoakan orang yang meninggal sebagai wujud rasa kasih sayang kepada sesama manusia.

  1. Mengakui persamaan derajat

Semua orang diciptakan dengan derajat yang sama. Walaupun terkadang diberikan status sosial dan ekonomi yang berbedia, akan tetapi dalam kemanusiaan, manusia mempunyai derajat yang sama. Oleh karena itu, kita tidak boleh merasa lebih tinggi dari orang lain karena pada dasarnya kita mempunyai hak dan yang kewajiban yang sama pula.

  1. Memperlakukan sesuai dengan harkat dan martabat

Sebagai tindak lanjut dari pengakuan dari persamaan derajat, kita harus bisa memperlakukan semua orang sesuai dengan harkat dan martabatnya. Oleh karena itu, kita tidak boleh semena – mena kepada orang lain meskipun orang tersebut lebih lemah posisinya dari pada kita. Justru kita harus bisa membantu keadaannya agar bisa jadi lebih baik.

  1. Mengembangkan rasa cinta terhadap sesama

Rasa cinta bukan hanya bisa dikembangkan antara lelaki dengan perempuan, rasa cinta juga tidak terbatas dalam satu kekerabatan. Sebagai manusia, kita juga harus bisa mencintai sesama. Oleh karena itu, ada baiknya kita menerapkan asas kekeluargaan sebagai wujud rasa cinta kita terhadap sesama.

  1. Senang melakukan kegiatan sosial tanpa pamrih

Melakukan kegiatan sosial adalah salah satu wujud konkrit dari contoh nilai kemanusiaan. Kita dapat melakukan kegiatan sosial seperti melakukan bakti sosial, menyalurkan sumbangan pada korban bencana, menyantuni anka kurang mampu, dan sebagainya. Akan tetapi yang paling penting dalam melakukan tindakan tersebut, kita tidak boleh mengharap pamrih atau balasan. Kita juga tidak boleh terlalu mengekspos dan bertujuan untuk pamer dan mendapat pujian. Kita memnag dianjurkan untuk mengajak teman atau saudara lain untuk ikut dalam kegiatan sosial, tapi tidak boleh sampai memaksa.

  1. Menjunjung hak asasi manusia

Hak asasi manusia adalah hak yang dimiliki manusia sejak lahir. Semua manusia mempunyai hak asasi yang sama. Beberapa contoh hak asasi adalah hak untuk hidup, mendapat pendidikan, dan hak untuk memeluk agama. Dengan adanya itu semua, sudah seharusya kita menghormati hak asasi setiap manusia sebagai upaya pencegahan pelanggaran HAM. Selain itu, negara sangat berkomitmen untuk melindungi hak asasi manusia sebagai contoh nilai kemanusiaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.  Bukti nyata dari komitmen tersebut adalah dibentuknya Komisi Nasional Hak Asasi Manusia untuk mengatasi masalah – masalah yang berkaitan dengan pelanggaran hak asasi manusia


  1. Mengembangkan sikap tenggang rasa

Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak keragaman. Keragaman yang ada di Indonesia antara lain adalah keragaman budaya, bahasa, dan agama. Persatuan dan kesatuan di Indonesia tidak akan terjadi apabila tidak ada sikap tenggang rasa dalam memahami berbagai perbedaan tersebut. Tenggang rasa juga dapat diwujudkan dengan menyadari bahwa setiap orang memiliki hak yang sama sebagai manusia. Hal itu sesuai dengan nilai kemanusiaan yang diajarkan oleh Pancasila.

  1. Menerapkan sikap gotong royong

Gotong royong sudah menjadi jati diri bangsa sejak jaman dahulu kala. Gotong royong juga merupakan perwujudan dari contoh nilai kemanusiaan yang mempunyai semangat untuk membantu sesama. Oleh karena itu, kita harus terus menerapkan sikap gotong royong dalam kehidupan kita.

  1. Menghormati dalam bekerjasama dengan bangsa lain

Contoh nilai kemanusiaan yang sesuai dengan Pancasila bukan hanya berlaku di dalam negeri ats antar warga negara Indonesia saja. Nilai kemanusiaan juga harus kita wujudkan dalam hubungan kita dengan bangsa negara lain. Oleh karena itu, dalam bekerjasama dengan bangsa lain, kita harus tetap menghormati dan menghargai rekan kita tersebut.

  1. Sadar akan persamaan hak dan kewajiban warga negara

Seluruh warga negara yang ada di Indonesia mempunyai hak dan kewajiban yang sama. Meskipun ada hal yang menjadi persamaan dan perbedaan warga negara dan bukan warga negara, tetapi dalam kemanusiaan, kita semua mempunyai hak dan kewajiban yang sama.

Demikian 20 contoh nilai kemanusiaan yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari – hari. Semoga memberikan manfaat dan dapat terus memupuk rasa kemanusiaan dalam individu masing – masing.

, , ,
Post Date: Friday 12th, January 2018 / 06:27 Oleh :
Kategori : Pendidikan