Makna Pancasila Sebagai Ideologi Negara Indonesia Wajib Anda Ketahui

Pancasila bukanlah hanya sekedar lambang negara Indonesia. Lebih dari itu, Pancasila memiliki banyak makna dan peran bagi bangsa Indonesia. Jika UUD 1945 adalah landasan konstitusional negara Indonesia, Pancasila adalah landasan idiil negara Indonesia. ada juga yang mengatakan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Selain itu, Pancasila juga dikenal sebagai ideologi negara Indonesia. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih jauh tentang makna dari Pancasila sebagai ideologi negara. Namun, sebelum itu kita akan terlebih dahulu menilik arti dari ideologi.

Pancasila Sebagai Ideologi

Dilihat dari segi bahasa, ideologi berasal dari kata di bahasa Yunani idea dan logi. Idea berarti gagasan atau buah pikiran. Sedangkan logi berarti ajaran. Kedua kata tersebut digabungkan dan membentuk sebuah arti baru. Ideology diartikan sebagai ilmu tentang gagasan atau buah pikiran. Pengertian lain menjelaskan bahwa ideologi adalahsekelompok pengetahuan dan nilai yang secara keseluruhan menjadi landasan seseorang atau sekelompok orang untuk memahami dan menetukan sikap. Selain itu, ada juga yang mengartikan ideologi sebagai istilah yang digunakan untuk menggambarkan sekelompok gagasan dalam hal politik, sosial, dan ekonomi, dimana pelaksanaannya diterapkan dalam sekelompok masyarakat yang sistematis. Ada banyak ciri ideologi pancasila. Merangkum dari pengertian-pengertian tersebut, bisa kita simpulkan bahwa Pancasila sebagai ideologi adalah wujud dari pemikiran manusia tentang cita – cita yang sungguh-sungguh digenggam dan berusaha untuk diwujudkan. Cita – cita tersebut dirumuskan ke dalam sila-sila yang nilai-nilai nya bisa diaktualisasi menjadi norma kehidupan. Dan dicantumkannya sila – sila pancasila dalam pembukaan UUD 1945 mengkokohkan posisi Pancasila sebagai dasar negara sekaligus ideologi negara yang diterima dan didukung oleh seluruh bangsa Indonesia.

Walaupun dalam perannya sebagai ideologi yang terbuka, nilai-nilai pancasila sebagai ideologi terbuka tetap mempunyai nilai yang memaksa pada seluruh warga negara Indonesia untuk taat pada nilai Pancasila. Tindakan yang menentang Pancasila sebagai dasar negara harus mendapat sanksi hukum. Selain itu, pengamalan pancasila sebagai ideologi negara sudah seharusnya menjadi kebiasaan bagi tiap warga negara. Penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari – hari adalah bukti bahwa makna dari Pancasila sebagai ideologi negara telah melekat dalam pemikiran tiap warga negara. Berbicara mengenai makna dari Pancasila sebagai ideologi negara, berarti Pancasila sudah merupakan ideologi yang dianut bukan hanya individu atau sekelompok orang, melainkan seluruh warga negara berikut sistem pemerintahan negara Indonesia. Salah satu contoh penerapan nilai-nilai pancasila dalam penyelenggaraan pemerintahan adalah setiap ada permasalahan atau kesenjangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sudah seharusnya kita kembali pada Pancasila sebagai ideologi negara untuk mencari jalan keluarnya. Begitu besar makna Pancasila sebagai ideologi negara.

Makna dari pancasila sebagai ideologi negara

Secara umum, makna dari Pancasila sebagai ideologi negara adalah Pancasila sebagai dasar sistem kenegaraan untuk seluruh warga negara Indonesia yang berdasar cita – cita bangsa. Selain itu, pancasila juga bermakna sebagai nilai integratif negara. Berikut adalah penjelasan dari makna dari Pancasila sebagai ideologi negara.

  1. Sebagai cita-cita negara

Ideologi Pancasila sebagai cita – cita negara berarti bahwa nilai – nilai dalam Pancasila diimplementasikan sebagai tujuan atau cita – cita dari penyelenggaraan pemerintahan negara. Secara luas dapat diartikan bahwa nilai – nilai yang terkandung dalam ideologi Pancasila menjadi visi atau arah dari penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara. Visi atau arah yang dimaksud adalah terwujudnya kehidupan yang berdasar Ketuhanan Yang Maha Esa, berperi kemanusiaan, menjunjung tinggi persatuan, pro rakyat, serta adil dan makmur.


Dengan begitu, sudah sewajarnya apabila Pancasila diamalkan dalam seluruh aspek kehidupan. Akan tetapi, contoh yang paling menggambarkan makna Pancasila sebagai ideologi negara adalah dengan mengamalkan nilai Pancasila di bidang politik. Contoh penerapan nilai–nilai pancasila dalam bidang politik ada banyak sekali bentuknya. Sebagai contoh, pemilihan umum yang dilakukan secara langsung, sebagai perwujudan dari sila ke-empat.Dan juga, penetapan kebijakan – kebijakan yang lebih mementingkan kepentingan rakyat dari pada kepentingan pribadi atau golongan. Hal itu sesuai dengan Pancasila sila kelima.

  1. Sebagai nilai integratif bangsa dan negara

Pancasila sebagai ideologi negara yang diwujudkan dalam nilai integratif bangsa dan negara membuat Pancasila menjadi sarana untuk menyatukan perbedaan bangsa Indonesia. Seperti yang kita tahu, Negara Indonesia terdiri dari suku, agama, dan ras yang berbeda. Tanpa adanya sebuah sarana untuk menyatukan perbedaan tersebut, persatuan dan kesatuan bangsa akan sulit dicapai. Disitulah makna dari Pancasila sebagai ideologi negara memegang peran yang penting untuk persatuan dan kesatuan. Sebagai wujud nilai bersama yang menjadi pemecah konflik atau penyetara kesenjangan.

Landasan Makna dari Pancasila Sebagai Ideologi Negara

Keputusan bangsa Indonesia menetapkan Pancasila sebagai ideologi negara dikokohkan dengan konstitusi tertulis. Konstitusi tersebut adalah ketetapan MPR no 17 tahun 1998 atau MPR No.XVII/MPR/1998. Ketetapan MPR tersebut menyatakan pencabutan ketetapan MPR tentang Pancasila sebelumnya No/II/MPR/1978. Ketetapan MPR No. 2 tahun 1978 berisi tentang P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila) atau yang disebut dengan Eka Prasetya Pancakarsa dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara. Berdasarkan ketetapan MPR tersebut, pengamalan P4 di masa orde baru adalah mutlak. Bagi yang tidak mengamalkan akan mendapat sanksi hukum. P4 sangat mengikat. Khususnya bagi Pegawai Negeri Sipil di masa tersebut, harus bisa menghafal isi dari P4 sebelum secara konsisten mengamalkan. Akan tetapi, hal tersebut menjadi kurang efektif, karena Pancasila justru menjadi semacam paksaan dari pihak yang berkuasa untuk warga negara, bukan ideologi yang disepakati bersama. Selain itu, Pancasila juga ditetapkan sebagai dasar negara.

Dengan adanya ketetapan MPR no. 17 tahun 1998, P4 dicabut, dan Indonesia menetapkan bahwa Pancasila sebagaimana tercantum pada pembukaan UUD negara Republik Indonesia tahun 1945 adalah dasar negara sekaligus ideologi negara dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. penjelasan dari ketetapan MPR tersebut menyatakan bahwa dasar negara yang dimaksud mengandung makna bahwa  ideologi negara adalah tujuan atau cita-cita nasional negara Indonesia.

Apabila kita kembali ke sejarah Pancasila, dalam siding BPUPKI dalam masa persiapan proklamasi kemerdekaan Indonesia, Pancasila dimaksudkan untuk menjadi dasar kemerdekaan bangsa Indonesia. selain itu, para cendikia sebagai anggota BPUPKI pada waktu itu mempunyai makna yang berbbeda terhadap Pancasila. Ada yang memaknai Pancasila sebagai dasar, filsafat, buah pikiran ayng sedalam – dalamnya, jiwa, maupun hasrat. Akan tetapi pada akhirnya mereka semua sadar bahwa nilai – nilai yang terkandung dalam Pancasila bisa menjembatani semua perbedaan makna tersebut.

Pandangan Ahli Mengenai Makna dari Pancasila Sebagai Ideologi Negara

Beberapa negarawan juga mengungkapkan makna Pancasila sebagai ideologi negara menurut pandangan mereka.

  • Seperti yang disampaikan oleh mantan Presiden pertama Indonesia, Soekarno, bahwa Pancasila adalah asas bersama yang mambu membuat semua kelompok masyarakat di Indonesia ini bersatu dan menerima asas tersebut.
  • Selain itu, Adnan Buyung Nasution pada tahun 1995 ,mengemukakan bahwa telah terjadi perubahan fungsi asli Pancasila. Walaupun mendapat julukan sebagai filsafat atau buah piker yang mendalam, Pancasila sebenarnya dimaksudkan sebagai sarana demokrasi bagi seluruh warga negara Indonesia. Dalam perkembangannya, Pancasila menjadi ideologi yang unik hanya dimiliki oleh Indonesia, dan berbeda dari ideologi yang lainnya.
  • Negarawan Notonegoro mengungkapkan Pancasila sebagai filsafat. Pancasila adalah ideologi yang kemperhensif, mencapuk semua aspek. Hal tersebut menggambarkan bahwa Pancasila itu bersifat massif dan bisa diinterpretasikan dalam berbagai bentuk. Di masa pemerintahan orde baru, bahkan Pancasila menjadi monopoli politik.

Akan tetapi, dari pendapat tersebut, dan banyak lagi pendapat lainnya, semua sepakat bahwa Pancasila adalah ideologi negara Indonesia.


Makna dari Pancasila Sebagai Ideologi Negara Di Masa Kini

Pancasila adalah ideologi yang unik dan khas dari bangsa Indonesia. selain itu, Pancasila juga sangat bermakna bagi bangsa Indonesia. Tidak heran jika warga negara Indonesia membanggakan keunggulan Pancasila, bahkan di forum internasional. Baru – baru ini, perwakilan Indonesia untuk ajang Miss Internasional, Kevin Lilliana, menyampaikan pidatonya tentang Pancasila. Acara yang digelar pada 14 November 2017 di Tokyo Jepang tersebut dihadiri lebih dari 60 perwakilan negara lain. Dan di kesempatan tersebut, Kevin Lilliana yang berasal dari Bandung menyampaikan keunggulan Pancasila dan salah satu kekuatan dari nilai Pancasila. Nilai Pancasila tersebut adalah Bhineka Tunggal Ika. Kevin menyatakan bahwa ia lahir dan dibesarkan di negara yang emmpunyai perbedaan agama, budaya, dan bahasa. Akan tetapi hal tersebut membuat ia lebih menghargai makna dari perbedaan. Selain itu, ia juga mengungkapkan seandainya ia terpilih menjadi Miss Internasional, ia akan pro aktif menggalang persatuan Internasional dengan memegang teguh prinsip Bhineka Tunggal Ika dalam tingkat Internasional. Ia pun menyadari bahwa dunia tidak akan indah tanpa adanya perbedaan.

Hal itu mendapat sambutan hangat dari para hadirin, dan sekaligus membawa Kevin menjadi juara dalam kompetisi kecantikan internasional tersebut. Tidak hanya itu, pidato dari Kevin mengenai Pancasila tersebut menjelaskan bahwa makna dari Pancasila sebagai ideologi negara masih dipegang erat oleh generasi muda saat ini. Meskipun begitu, banyak sekali pro dan kontra yang hadir dari kalangan warganet di Indonesia. banyak yang mengkritik salah satu penampilan dari Kevin Liliana tidak sesuai dengan nilai budaya bangsa. Hal itu karena pada salah satu sesi acara, ia mengenakan bikini yang terdiri dari dua potong pakaian yang memperlihatkan sebagian besar tubuhnya. Tapi diatas semua itu, banyak juga yang memuji penampilannya sebagai wujud profesionalisme dan perwujudan dari kebhinekaan itu sendiri. Kevin juga telah menjadi putri kebanggan bangsa Indonesia karena berhasil membawa pulang mahkota Miss Internasioanal, dan untuk pertama kalinya menyematkan nama Indonesia menjadi pemenang ajang kecantikan tersebut. Kemenangannya tersebut juga tidak lepas dari bagaimana ia menjunjung tinggi makna dari Pancasila sebagai ideologi negara.

, ,
Post Date: Monday 11th, December 2017 / 08:41 Oleh :
Kategori : Pendidikan