5 Contoh Organisasi Nasional dan Pengerakannya di Indonesia

Sebagai warga negara Indonesia yang baik tentu saja kita harus tahu mengenai contoh hak dan kewajiban warga negara sehingga kita bisa tahu mengenai apa saja yang perlu kita lakukan sebagai warga negara. Kita sebagai generasi penerus bangsa juga harus mengetahui sejarah berdirinya bangsa Indonesia juga karena bangsa yang baik adalah bangsa yang tahu dan tak melupakan sejarah juga pahlawan bangsanya. Oleh karena itu kali ini kami akan memberikan infromasi penting berupa apa saja contoh organisasi nasional yang pernah berdiri di Indonesia. Kali ini kita akan membahas organisasi nasional yang berada pada masa kemerdekaan dulu sehingga kita tetap tahu mengenai sejarah bangsa ini. Berikut ini adalah artikel lengkapnya untuk kalian :

  1. Budi Utomo

Sebelum mengetahui secara jelas apa itu organisasi nasional Budi Utomo maka kita juga perlu mengetahui dulu tokoh perumusan pancasila supaya kita tahu bagaimana terciptanya pancasila. Organisasi nasional yang satu ini beridiri untuk tujuan memajukan pendidikan Indonesia. Organisasi yang diberi nama Budi Utomo ini didirikan pada 20 Mei 1908 tepatnya di Jakarta. Organisasi yang bergerak di bidang pendidikan ini dipelopori oleh Budi Utomo, tidak hanya beliau saja. Beberapa tokoh yaitu R.T Ario Tritokusumo, Cipto Mangunkusumo, dan Gunawan merupakan tokoh yang juga membentuk organisasi ini. Sampai sekarang setiap tahunnya, tanggal ini diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Budi Utomo ini bertujuan untuk membangun sekolah di Indonesia, mengembangkan sekolah pertanian, mengembangkan bidang teknik dan juga industri di Indonesia, dan mengembangkan seni budaya.

  1. Sarekat Islam

Organisasi yang kedua adalah Sarekat Islam atau yang sering disingkat menjadi SI. Sebenarnya dulu organisasi ini bukanlah bernama SI melainkan SDI atau Sarekat Dagang Islam yang didirikan oleh H. Samanhudi. Karena anggotanya tidak bertambah dan tidak berkembang maka SDI ini diubah menjadi Sarekat Islam supaya lebih banyak anggota yan bergabung. Akhirnya pada tanggal 18 September 1912, organisasi ini resmi berganti nama menjadi Sarekat Islam. Beberapa tokoh yang mempelopori berdirinya organisasi ini adalah HOS Cokroaminoto, Agus Salim, dan juga Abdul Muis. Organisasi ini berdiri berlatarbelakang ekonomi dan dimotivasi oleh Islam. Berkembang pesat pada masa itu. Supaya mengetahui mengenai organisasi lebih lengkap lagi maka kita juga wajib tahu mengenai manfaat organisasi.

  1. Partai Indonesia (Partindo)

Contoh organisasi nasional yang ada di Indonesia selanjutnya adalah Partindo atau keapanjangan dari Partai Indonesia. Partai ini didirikan oleh Sartono pada tahun 1929. Partindo sendiri berdiri untuk nasional, sejak berdirinya Partindo ini banyak sekali berbagai macam aksi dan kegiatan dalam rangka mencapai kemerdekaan Indonesia. Partindo sendiri menjadi semakin kuat ketika Ir. Soekarno bergabung kembali pada tahun 1932. Karena beberapa aksi yang radikal, pemerintah kala itu mengawasi Partindo dengan sangat ketat dan pada tahun 1936 partai ini terpaksa harus dibubarkan karena tidak ada perkembangan dan kemajuan. Supaya tahu mengenai partai lebih jelas maka kita wajib tahu mengenai fungsi partai politik.

  1. Organisasi Pemuda dan Wanita

Yang keempat adalah organisasi pemuda dan wanita yang pernah berdiri di Indonesia. Organisasi-organisasi seperti ini banyak sekali beridiri pada jaman perjuangan kemerdekaan. Di bawah ini beberapa daftar organiasi terkait dengan pemuda dan juga wanita yang pernah ada di Indonesia :

  • Trikorodarmo : Beridiri pada tanggal 7 Maret 1915 atas perintah Budi Utomo. Organisasi ini merupakan perkumpulan pelajar menengah se Jawa dan Madura. Trikorodramo ini memiliki 3 tujuan yaitu Sakti, Budi, dan Mulia.
  • Sekolah kartini : Tidak hanya kaum muda saja, dipelopori oleh R.A Kartini, para kaum wanita mendirikan sekolah kartini. Dimana perkumpulan ini dimaksudkan untuk membela emansipasi wanita pada masa itu karena banyak hak dari wanita yang tidak dihargai.

  • Organiasi kedaerahan : Tidak hanya organisasi yang kami sebutkan di atas, mulai bermunculan juga organisasi kedaerahan yang berisikan anak muda yang ingin menyuarakan kemerdekaan. Pasundan, Jong Sumatranen Bond, Jong Minahasa, Jong Batak, Jong Ambon, Jong Celebes, Timorees Ver Bond, PPPI (Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia), Pemuda Indonesia, Jong Islamienten Bond dan masih banyak organisasi yang lainnya.
  1. PPPI (Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia)

Yang kelima kami akan membahas mengenai Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia. Organisasi yang lebih fokus ke pelajar di Indonesia ini didirikan pada tahun 1926. Perkumpulan ini dibuat bertujuan untuk membangun dan mengikat persatuan Indonesia untuk mencapai kemerdekaan. PPPI ini sebenarnya bisa beridiri karena dipelopori oleh beberapa organisasi kedaerahan seperti Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Ambon, Sekar Rukun, Jong Minahasa, Jong Batak, dan Jong Islamienten Bond.

Orgnaisasi nasional ini bisa berdiri kala itu karena para pendiri dan anggotanya yakin jika organisasi itu bisa membawa Indonesia untuk mendapatkan kemerdekaan mereka dari penjajahan. Organisasi ini berdiri untuk menyuarakan persatuan dalam rangka mencapai kemerdekaan Indonesia, menyuarakan berbagai macam ketidak adilan selama masa perjuangan kemerdekaan Indonesia. PPPI pada kala itu mengambil peran yang sangat besar dalam perjuanagan rakyat Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Itu dia beberapa artikel mengenai contoh organisasi nasional di Indonesia pada masa perjuangan kemerdekaan. Tidak hanya itu kita juga perlu tahu mengenai sejarah kemerdekaan Indonesia sehingga kita bisa menghargai perjuangan para pahlawan bangsa. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua ya!

, , ,
Post Date: Tuesday 12th, December 2017 / 04:58 Oleh :
Kategori : Sejarah