5 Contoh Hak Asasi Hukum dan Pemerintahan

Sebagai manusia yang hidup pada jaman modern ini kita harus sangat bersyukurkarena sekarang ini kehidupan kita telah dilindungi oleh hak asasi manusia. Hak asasi manusia diciptakan sehingga kehidupan kita akan terjamin. Karena sudah ada hak asasi manusia yang menjamin kita maka kita juga wajib tahu juga mengenai sifat-sifat hak asasi manusia sehingga kita bisa tahu dengan jelas bagaimana hak asasi manusia itu diciptakan untuk kita. Hak asasi manusia sendiri banyak sekali jenis dan macamnya, sangat banyak karena kehidupan yang ada saat ini sangatlah kompleks. Kali ini kita akan membahas beberapa dari jenis hak asasi yang ada di dunia. Kali ini kita akan membahas mengenai contoh hak asasi hukum dan pemerintahan. Berikut ini adalah informasi pentingnya untuk kalian :

Hak asasi Hukum

Yang pertama kita akan memberikan contoh hak asasi hukum. Hak asasi hukum ini diciptakan untuk manusia supaya kita sebagai manusia yang hidup di dunia ini mendapatkan perlakuan hukum yang sama di dalam pemerintahan. Oleh karena itu supaya kita tahu secara jelas mengenai hak asasi hukum ini maka mari kita lihat beberapa contoh dari hak asasi hukum yang berlaku di seluruh negara yang ada di dunia ini. Berikut ini adalah informasi pentingnya untuk kalian :

  1. Tidak dapat dihukum jika tak ada undang-undang yang berlaku

Di Indonesia maupun di negara lainnya sendiri undang-undang menjadi patokan atas hukum di sebuah negara. Supaya mengetahui lebih jelas mengenai undang-undang dan juga HAM maka kita harus tahu juga mengenai undang-undang yang mengatur tentang HAM. Adanya sanksi atau hukuman atas kesalahan atau tindakan kelalaian masyarakat sendiri di dasarkan pada undang-undang. Semuanya di atur di dalam undang-undang, orang yang terbukti bersalah akan didakwa dengan pasal atau aturan yang telah diatur di dalam undang-undang sebuah negara. Orang yang melakukan kesalahan itu akan dihukum sesuai dengan undang-undang yang tertera di sana. Namun jika orang yang dituduh bersalah itu terbukti jika perbuatan yang dilakukannya itu tak ada di dalam undang-undang atau tidak ada undang-undang yang berlaku atas tindakan yang dilakukannya maka orang itu tidak dapat dihukum karena itu sama saja menyalahi aturan. Selama tindakan itu tak diatur di dalam undang-undang maka inilah salah satu fungsi dari hak asasi hukum yang melindungi masyarakat.

  1. Hak yang sama dalam proses hukum

Contoh yang kedua dari hak asasi hukum  adalah setiap mahkluk yang ada di muka bumi ini akan mendapatkan hak yang sama dalam proses hukum. Semua masyarakat berhak mendapatkan proses hukum yang sama tanpa pandanga bulu. Setiap orang yang menjalani proses hukum karena perbuatan yang mereka lakukan. Jika misalnya si A adalah seorang pejabat yang terbukti melakukan pembunuhan dan di vonis penjara selama 10 tahun.Lalu ada juga kasus yang sama, kali ini si B adalah seorang pedagang yang terbukti melakukan pembunuhan yang sama seperti kasus si A. Karena ada hak asasi hukum yang berlaku maka kedua orang itu harus mendapatkan proses hukum yang sama, dan juga hukuman yang sama pula karena kedua kasus itu sama persis. Tidak ada yang boleh membeda-bedakan proses hukum itu. Misalnya saja karena si A adalah pejabat dan memiliki kuasa yang lebih tinggi maka proses hidupnya berbeda dengan proses hukum si B yang notabene hanya seorang pedagang. Hal ini harus dihindari, karena sudah diatur pada hak asasi manusia. Semua orang harus mendapatkan proses hukum yang sama di depan pemerintah.


  1. Mendapatkan perlakuan yang sama di depan hukum

Contoh hak asasi hukum yang ketiga adalah setiap manusia diberi kesempatan untuk mendapatkan perlakuan yang sama di depan hukum tanpa pandang bulu seperti yang diulas pada poin nomor 2. Di mata hukum semua manusia adalah sama, entah mereka seorang pejabat atau masyarakat biasa semua akan mendapatkan perlakuan sama. Hal ini sudah ada di dalam hak asasi hukum dan tak bisa diubah lagi. Hak asasi hukum ini  diciptakan supaya semua masyarakat yang ada di dunia ini bisa merasakan yang namanya keadilan, supaya hukum bisa berjalan dengan adil dan semestinya terlepas dari siapa diri kita. Misalnya saja dalam kasus yang sama, seorang pejabat dan masyarakat biasa harus mendapatkan perlakuan yang sama di dalam hukum. Mereka harus mendapatkan masa tahanan hingga denda yang sama. Hanya karena salah satu orang tersebut merupakan pejabat tidak boleh jika membedakan hukum dan sanksinya. Semua harus sama dipukul rata, karena hal ini sudah di atur di dalam hak asasi hukum dan pemerintah. Karena hak asasi itu banyak macam dan jenisnya kita juga wajib mengetahui contoh hak asasi sosial budaya sehingga mengetahui jenis hak asasi dengan jelas.

  1. Hak untuk memperoleh dan mempunyai pembelaan hukum di peradilan

Contoh yang keempat adalah hak asasi hukum yang memberikan setiap masyarakatnya untuk memperoleh dan mempunyai pembelaan hukum di depan peradilan. Manusia sejak mereka lahir memang sudah diberikan hak asasi manusia yang menjamin setiap hidup manusia. Hak asasi manusia itu sendiri memang menjadikan kita semua manusia sama, menjadikan manusia memiliki kesemapatan hidup yang sama di dunia ini. Hak itu sudah didapatkan sejak kita lahir dan juga tak akan bisa dihilangkan ataupun dirampas oleh orang lain. Begitu juga dengan hak asasi hukum, setiap orang juga memiliki kesempatan yang sama di mata hukum dan hak itu tak bisa diramapas oleh siapapun.


Kita semua memiliki hak untuk memperoleh dan mempunyai pembelaan hukum di peradilan, sehingga ketika kita sedang dihadapkan oleh permasalahan hukum dan membuat kita harus berada di peradilan maka kita berhak untuk memperoleh dan memiliki pembelaan hukum. Kita diperbolehkan untuk melakukan upaya “pembelaan hukum” di peradilan dengan cara menyewa seorang pengacara untuk mendampingi kita menghadapi meja hijau. Hal ini bebas dan sah-sah saja karena merupakan salah satu upaya pembelaan diri yang ada di dalam hak asasi hukum. Seperti yang kita semua ketahui, hak asasi manusia ini banyak sekali macam dan jenisnya. Supaya kita tahu dengan benar apa saja hak asasi itu secara menyeluruh maka sebaiknya kita juga membaca mengenai contoh hak asasi politik sehingga tahu apa saja hak asasi di dalam politik.

  1. Hak memperoleh layanan dan perlindungan hukum

Kita sudah membahas beberapa contohnya dalam ulasan poin-poin yang ada di atas. Contoh yang terakhir adalah sebagai manusia kita juga memperoleh layanan dan perlindungan di dalam hukum. Hukum diciptakan sebagai penegak dan pelindung untuk masyarakat. Hak asasi ini bisa diperoleh siapapun kita sebagai masyarakat. Kita dapat dengan bebeas memperoleh layanan hukum sesuai dengan apa yang kita alami dan bisa kita dapatkan secara gratis. Tidak hanya itu saja namun kita juga bisa memperoleh perlindungan hukum jika diri kita sedang membutuhkannya. Perlindungan hukum itu bersifat untuk melindungi seseorang yang mengalami sebuah masalalah yang menyangkut hukum dan perlu perlindungan hukum maka negara berhak untuk memberinya sebuah perlindungan. Hak ini tidak bsisa dirampas oleh orang lain dan juga tidak bisa dimanfaatkan dengan sembarangan. Harus ada prosedurnya terlebih dahulu jika memang kita ingin mendapatkan perlindungan hukum.


  1. Mendapatkan kepastian hukum

Contoh yang keenam adalah sebagai masyarakat dunia kita juga memiliki hak untuk mendapatkan kepastian hukum. Ketika kita berhadapan dengan masalah yang menyeret kita ke dalam hukum maka kita tidak akan dibiarkan saja karena tidak memiliki kepastian hukum. Ada hak asasi hukum yang menjamin jika semua warganya bisa mendapatkan kepastian hukum sehingga ketika kita menghadapi peradilan maka kita tak akan berkeliaran tanpa kepastian. Kita akan segera memiliki kepastian hukum  sehingga tidak akan merugikan diri kita juga tidak akan merugikan orang lain. Kepastian hukum ini sudah dijamin oleh hukum negara sehingga kita tak akan mengalami yang namanya ketidakpastian hukum lagi. Karena HAM sendiri merupakan instrumen penting maka negara kita Indonesia juga sangat memperhatikan keberadaan HAM. Kita juga wajib tahu mengenai contoh perlindungan dan pemajuan HAM di Indonesia.

Itu dia beberapa informasi mengenai contoh hak hukum dan juga pemerintah yang bisa kita dapatkan sejak kita lahir karena sejak lahir kita juga menerima yang namanya hak asasi manusia. Dengan hak asasi itu maka kehidupan kita lebih terjamin dengan hukum yang ada. Selain itu perlu kalian ketahui jika tak ada yang bisa mencabut atau menyalahgunakan hak asasi manusia seseorang. Karena pada dasarnya setiap orang memiliki hak asasi manusia mereka sendiri yang mereka dapatkan ketika mereka lahir ke dunia ini. Bagaimana? Sekarang sudah mengerti bukan mengenai hak hukum dan pemerintah yang bisa kita dapatkan dan berfungsi untuk melindungi kita? Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua generasi penerus bangsa.

, , ,




Post Date: Wednesday 13th, December 2017 / 16:05 Oleh :
Kategori : HAM