10 Fungsi Guru BK di Sekolah

Guru BK atau yang juga sering disebut dengan istilah bimbingan konseling saat ini merupakan salah satu bagian penting dari sebuah sekolah. Setiap sekolah paling tidak diwajibkan untuk memilki seorang guru BK untuk dapat menangani berbagai macam kasus yang terjadi di lingkungan sekolah, terutama dari para murid dan juga siswa siswi yang bersekolah disana.

Ketentuan menjadi guru BK

Pada dasarnya, tidak ada syarat – syarat khusus bagi seseorang utnuk menjadi guru BK. Yang terpenting adalah guru BK memahami dan juga mengetahui mengenai perilaku dan juga teknik-teknik konseling pada murid – murid sekolah. Nah, ada beberapa bidang ilmu yang banyak dimanfaatkan jasanya dalam melakukan bimbingan konseling, seperti :

  • Psikologi
  • Bidang ilmu pendidika
  • Bidang ilmu sosial
  • Bidang ilmu konseling

Paling tidak, setiap orang yang sudah pernah mengikuti pelatihan konseling dan atau berpengalaman dengan teknik konseling bisa menjadi guru BK yang kompeten di sebuah sekolah. Guru BK merupakan salah satu jabatan yang cukup penting di dalam sekolah, karena memiliki banyak sekali fungsi serta guruvBK yang ikut memiliki tanggung jawab dalam membimbing muridnya.

Berikut adalah penjelasan dari fungsi guru BK di sekolah :

1. Melakukan konseling kepada anak-anak yang memilki masalah dengan prestasi belajar

Tidak semua murid mampu mengikuti kegiatan belajar dan juga mengajar di sekolah dengan baik dan lancar. Guru Bk dapat membantu memberikan konseling kepada murid – murid yang mungkin mengalami masalah dan juga kesulitan dengan prestasi belajar di sekolah, dan membantu murid – muridnya dalam mencari jalan keluar yang tepat.

2. Membantu anak-anak atau murid dalam memecahkan permasalahan sekolah yang sedang dihadapi

Permasalahan yang terjadi pada murid – murid tidak hanya berasal dari prestasi akademis dan jga belajar, namun juga masalah lain. Masalah sosial misalnya. Ada murid yang mungkin mengalami masalah dengan interaksi sosial, sehingga membutuhkan bimbingan lebih lanjut. Disinilah guru BK bereran penting. Dengan keterampilan konseling dan juga membimbing, maka guru BK dapat membantu anak – anak yang mengalami masalah di dalam sekolah agar dapat menghadapi masala tersebut dengan baik.

3. Bagi guru BK yang berwenang, bisa memberikan berbagai macam tes IQ, minat, dan juga bakat, untuk mengetahui kemampuan yang dimilki muridnya

Guru BK yang sudah memiliki gelar Psikolog berhak untuk memberikan test minat, bakat dan juga kepribadian kepada murid-muridnya. Dalam tes ini, maka semua aspek yang ada di dalam diri murid bisa terlihat, dan guru Bk bisa membantu mengoptimalkan kemampuan, minat dan juga bakat yang dimilki oleh murid-muridnya, sehingga nantinya akan berguna bagi diri murid tersebut, baik di sekolah maupun di lingkungan luar.

4. Menjadi mediator antara pihak sekolah dengan orangtua atau wali, terutama ketika murid mengalami masalah di sekolahnya

Murid-murid sekolah terkadang tidak lepas dari masalah, seprti masalah sosial. Beberapa masalah sosial wajib dilaporkan kepada orangtua atau wali dari murid tersebut. Karen ini merupakan tanggung jawab pihak sekolah dalam mengatur muridnya. Guru BK berperan menjadi jembatan antara orangtua dengan pihak sekolah, terutama ketika murid mengalami masalah yang harus diselesaikan dengan bantuan orang tua.

5. Memberikan motivasi belajar kepada murid-murid agar mampu bersaing di dunia pendidikan

Guru BK juga pada dasarnya berfungsi untuk memberikan banyak motivasi kepada murid-muridnya agar rajin dan juga giat dalam belajar, sehingga nantinya bisa sukses dan juga mudah dalam menghadapi masa depan. Guru BK pun nantinya dituntut untuk selalu kreatif dan juga uptodate dengan perilaku siswa, agar mampu untuk memotivasi mereka.


6. Memberikan materi-materi megnenai pengembangan diri dan juga pelajaan budi pekerti

Murid tidak akan mampu untuk mengolah seluruh mata pelajaran yang diberikan secara terus menerus. Maka dari itu, dibutuhkan beberapa sesi untuk dapat mengistirahatkan murid. Salah satunya adalah dengan cara memberikan materi pengembangan diri, yang merupakan salah satu fungsi utama dari guru BK. Dengan begitu, guru BK akan dapat memotivasi dan juga memberikan masukan-masukan bagi para muridnya agar mau berkembang dan juga menjadi lebih baik lagi.

7. Membantu guru-guru lainnya dalam memberikan metode belajar, terutama pada murid-murid yang membutuhkan perhatian khusus

Terkadang, ada beberapa guru yang kurang memahami megnenai metode belajar yang tepat untuk beberapa anak yang membutuhkan perhatian khusus. Nah, dengan adanya guru BK, maka guru-guru kemudian akan diberikan pengarahan mengenai cara memberikan materi dan metode pembelajaran yang tepat bagi anak-anak yang mungkin membutuhkan perhatian khusus dalam proses belajarnya. Hal ini akan sangat membantu murid tersebut dalam menerima pelajaran, dan juga tentu aja akan memudahkan guru yang bersangkutan untuk dapat memberikan materi secara jelas dan baik

8. Memberikan laporan kepada kepala sekolah mengenai kondisi psikologis dari setiap murid

Kondisi psikologis dari setiap murid juga sangat penting untuk dipelajari, yang menjadi acuan bagi sekolah dalam melakukan manajemen terhadap murid-muridnya. Dengan adanya guru BK, maka setiap murid bisa diobservasi dan jugamungkin dilakukan assessment lebih lanjut untuk mengetahui kondisi psikologis masing-masing muridnya.


Dengan demikian, guru BK nantinya akan membuat laporan yang ditujukan kepada kepala sekolah, apabila ada murid yang mungkin memilki kondisi psikologis yang kurang baik, maka bisa dilakukan diskusi lebih lanjut.

9. Membuat perancangan pelatihan bagi murid-muridnya

Perencanaan dan juga pelatihan adalah salah satu hal penting yang seharusnya dilakukan di sekolah. Pelatihan sangat pentin guntuk membangun kepribadian dan juga mental anak-anak. Adalah tugas dari guru BK untuk melakukan perancangan dari pelatihan bagi murid-muridnya.

10. Memberikan tindakan indisipliner bagi murid-murid yang mengacau dan mengabaikan peraturan sekolah

Fungsi dari guru BK yang banyak digunakan pada sebuah sekolah adalah fungsi memberikan tindakan indisipliner bagi murid-muridnya yang mengabaikan peraturan sekolah. Pemberian tindakan ini bisa saja berarti pemberian sanksi berupa hukuman skors, hingga bukan tidak mungkin berujung pada pengeluaran. Guru BK akan melakukan analisis terhadap anak yang mungkin tidak menaati peraturan dengan baik, sehingga nantinya guru BK akan mempertimbangkan kemungkinan hukuman apa yang akan diberikan kepada anak tersebut.

Nah, kita sudah mengetahui ternyata guru BK juga memiliki peran penting dalam membimbing murid-murid yang ada disekolah dengan dijelaskannya beberapa fungsi guru BK di sekolah. Semoga penjelasan ini bisa bermanfaat.

, , ,




Oleh :
Kategori : Pendidikan