5 Manfaat Kehidupan Demokrasi Dalam Kehidupan Bermasyarakat

Bagi warga Indonesia kata “demokrasi” tentunya bukan kata yang asing terdengar di telinga. Hal tersebut tidak lepas karena negara Republik Indonesia menganut sistem demokrasi dalam pengambilan keputusan terutama dalam bidang pemerintahan. Pengertian demokrasi sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu “demos” dan “kratos”. Yang apabila diartikan secara luas akan berarti pemerintahan dari rakyat dan untuk rakyat. Hal tersebutlah yang membuat banyak pemerintahan di berbagai negara menganut sistem demokrasi dalam menjalankan roda pemerintahan. Alasan terbesarnya adalah karena kehidupan demokrasi memiliki banyak manfaat untuk kehidupan bermasyarakat.

Dalam kehidupan bermasyarakat yang mewujudkan kerja sama agar terhindarnya pertikaian sesama masyarakat, demokrasi memiliki beberapa manfaat dalam kehidupan bermasyarakat supaya suara yang disalurkan dari rakyat ke rakyat tidak terlalu banyak perselisihan sehingga menghasilkan hasil demokrasi yang sesuai dengan apa yang diinginkan.

Berikut adalah penjelasan mengenai kehidupan demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat :

1. Meningkatkan rasa empati dan kasih sayang antara para warga masyarakat

Sebagai makhluk sosial tentunya manusia ditakdirkan untuk hidup saling berkomunikasi antara satu sama lain. Namun tentunya dalam ajang berkomunikasi tersebut tidak jarang terjadi kesalah pahaman maupun perbedaan pendapat yang tidak bisa dihindari. Yang apabila tidak diatasi dengan baik bukan tidak mungkin bisa menimbulkan konflik berkepanjangan. Disanalah peran dari demokrasi dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Hal tersebut tidak lepas dari nilai-nilai yang dimiliki oleh demokrasi seperti berikut :

  1. Kesadaran bahwa pluralisme tidak bisa terhindari
  2. Sikap yang jujur dan pikiran sehat yang dijunjung tinggi
  3. Kerjasama antar warga untuk bisa mendapatkan tujuan yang diinginkan
  4. Pertimbangan moral
  5. Sikap kedewasaan antar masyarakat

Dari nilai-nilai yang terkandung dalam demokrasi tersebutlah nantinya akan terwujud rasa empati dan kasih sayang antara para warga masyarakat. Karena setiap masalah bisa diselesaikan dengan cara bermusyawarah maupun dengan cara voting. Selanjutnya nilai-nilai dari demokrasi dapat diaplikasikan mulai dari lingkungan keluarga, lingkungan pendidikan hingga ke lingkungan paling tinggi yaitu negara.

Berikut adalah penjelasannya :


a.  Lingkungan keluarga

  • Menghargai pendapat anggota keluarga yang tidak sejalan dengan kita
  • Masalah keluarga dapat diselesaikan dengan cara berunding
  • Tiap anggota keluarga berhak untuk menyuarakan pendapat yang mereka miliki

b. Lingkungan Pendidikan

  • Bekerja sama dengan teman lain yang berbeda latar belakang
  • Tidak antipati untuk menerima pendapat lain yang bersebrangan dengan pendapat milik kita
  • Berunding bersama-sama untuk bisa menyelesaikan masalah sekolah maupun tugas

c. Lingkungan Negara

  • Keputusan pemilihan Presiden bisa dilakukan oleh rakyat
  • Keputusan yang diambil oleh DPR maupun MPR dilakukan dengan cara berunding dan voting
  • Pemilihan stuktur pemimpin negara juga dilakukan dengan cara pengambilan suara yang dilakukan oleh para rakyat

2. Terhindarnya Tindakan Kekerasan Antar Warga Bermasyarakat

Tidak jarang komunikasi yang terjalin antar masyarakat sering kali berselisih pendapat. Hal tersebut apabila tidak disikapi dengan bijaksana maka akan menimbulkan perpecahan antar kelompok. Bahkan bisa sampai di titik yang lebih ekstrim lagi yaitu tindakan kekerasan yang dilakukan oleh sebagian masyarakat untuk bisa mencapai tujuannya. Hal tersebutlah masyarakat yang menjunjung nilai tinggi demokrasi dapat mengatasinya karena perbedaan pendapat dapat diselesaikan dengan cara perundingan yang damai.

3. Terbangunnya komunikasi yang baik antar masyarakat

Dengan menerapkan nilai demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat maka secara otomatis komunikasi antar masyarakat akan terjalin lebih intens. Hal tersebut tidak lepas karena demokrasi membutuhkan musyawarah, perundingan maupun pengambilan suara yang tentunya jalinan komunikasi tidak bisa dihindari. Sehingga membuat masyarakat memiliki komunikasi yang baik antara satu sama lain.


4. Meningkatkan rasa kerjasama dan juga gotong royong

Demokrasi yang baik akan membuat lapisan masyarakat yang dinaunginya akan berada dalam sebuah sistem untuk saling membutuhkan satu sama lain. Sehingga nanti akan terwujud kerja sama dan gotong royong yang menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan bermasyarakat untuk meningkatkan solidaritas sesama teman dan mengurangi pertikaian dan masalah diantara sesama teman.

5. Meningkatkan rasa tanggung jawab masyarakat

Hal ini tidak lepas karena masyarakat ikut peran serta dalam bagian dari berbagai keputusan penting. Sehingga nantinya masyarakat akan merasa memiliki rasa tanggung jawab atas segala hasil yang telah mereka pilih maupun yang telah mereka rundingkan bersama-sama. Dan hal ini yang dapat menghindari dari perpecahan diantara sesama kelompok lainnya.

Nah, kita sudah mengetahui mengenai penjelasan manfaat kehidupan demokrasi dalam kehidupan masyarakat yang dijelaskan satu persatu. Semoga penjelasan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 16th, October 2015 / 03:36 Oleh :
Kategori : Pemerintahan