4 Alasan Inggris Mengakui Kemerdekaan Indonesia Di Masa Lampau

Kemerdekaan suatu bangsa merupakan sebuah inti dari negara untuk bisa berdiri sendiri, mandiri tanpa adanya intervensi, baik dari pihak luar ataupun dari negara lain. Melalui kemerdekaan, kebebasan dalam mengelola negara tanpa tekanan tentu dapat dinikmati semua elemen bangsa. Kemerdekaan sebuah negara tentu membutuhkan sebuah pengakuan dari Negara lain. Berbagai macam cara telah dilakukan Indonesia guna mendapatkan dukungan dan pengakuan Negara lain atas kedaulatan Indonesia.

Salah satunya adalah Inggris. Pada awalnya, hubungan Indonesia dengan Inggris dimulai dari datangnya pelaut Inggris yaitu VOC datang ke Indonesia untuk mencari rempah-rempah beserta komoditas ekonomi yang lainnya seperti emas, batu bara serta hasil pertanian. Sejak beberapa abad yang silam hingga sekarang, hubungan Indonesia dengan Inggris sudah terjalin. Pada saat itu, VOC menjual hasil pertanian Indonesia beserta sumber daya alam yang lainnya ke beberapa Negara di Eropa.

Hubungan bilateral antara Indonesia dan Inggris sudah memasuki usia ke-70 sejak tahun 1949. Indonesia telah memiliki kedutaan besar di Inggris, begitu juga sebaliknya, Inggris juga telah memiliki kantor keduataan besar di Jakarta. Seiring dengan bertambahnya usia, Indonesia semakin banyak bekerjasama dengan Inggris. Indonesia telah membangun hubungan yang kuat, beragam dan tentunya saling menguntungkan antara kedua Negara dari berbagai sektor. Berikut alasan Inggris mengakui kemerdekaan Indonesia. Lantas, mengapa Inggris mengakui kemerdekaan Indonesia ? Apasaja kah bentuk kerjasama yang telah dibangun antara Indonesia dengan Inggris ? Berikut sedikit rangkumannya.

  1. Perekonomian

Setelah kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, Inggris merupakan salah satu investor penting bagi Indonesia. Inggris memberikan focus penuh terhadap perkembangan perekonomian di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah membangun kerjasama dalam bidang hubungan perdagangan dan investasi strategis dengan Indonesia, kerjasama dalam bidang energi, industry kreatif semisal fashion, film dan animasi, seni, desain serta kuliner.

  1. Politik

Sebagai sesama Negara yang menganut sistem pemerintahan yang demokrasi, serta memiliki pondasi politik yang kuat dalam membina hubungan kerjasama. Pemerintah Inggris memberikan dukungan penuh terhadap kedaulatan Indonesia. Baik secara lisan maupun secara tertulis, Inggris memberikan dukungan penuh terhadap keberhasilan pelaksanaan demokrasi yang telah dicapai oleh Indonesia. Uraian diatas tersebut tentu tidak sama dengan alasan lebanon mengakui kemerdekaan Indonesia.

  1. Sosial Budaya

Dalam bidang sosial budaya, hubungan dalam bidang kesenian ini sudah terjalin sejak kedatangan Raffles pertama kali ke Indonesia pada tahun 1811. Raffles memperkenalkan kesenian budaya Indonesia kepada dunia barat sebagai salah satu fungsi kebudayaan bagi masyarakat Indonesia. Warga Inggris pun sudah mengenal kebudayaan Indonesia melalui kesenian gamelan. Gamelan sendiri dimasukkan dalam kurikulum pembelanjaran pada tingkat menengah yang menjadi mata pelajaran ekstrakurikuler dari kurikulum yang sudah di terapkan di Inggris. Kesenian sendiri merupakan sumber kekuatan bagi penguat hubungan kerjasama antara Indonesia dengan Inggris. Dibidang pariwisata pun, Inggris merupakan pasar wisatawan terbesar yang datang ke Indonesia. Jumlahnya pun semakin meningkat dari tahun ke tahun.

  1. Masa depan Indonesia dengan inggris

Dalam aspek ini, kedua Negara akan berfokus pada pengembangan pembangunan perusahaan swasta dan BUMN. Tujuan dari kerjasama ini adalah dimaksudkan untuk membangun hubungan kerjasama yang erat dimasa mendatang. Sebut saja seperti , kerjasama dalam sector industri energi, gas alam dan minyak, otomotif, kesehatan, pendidikan, makanan dan minuman, dan ekspedisi.

Nah itulah sedikit penjelasan yang melatar belakangi alasan Inggris mendukung kemerdekaan Indonesia dimasa lampau. Perlu kita ketahui bahwa, hubungan Indonesia sudah terjalin sejak lama dengan inggris sejak beberapa abad yang silam dengan kedatangan pasukan VOC ke Indonesia. Dasar pengakuan Inggris tersebut tentu berbeda dengan alasan india mengakui kemerdekaan Indonesia.

, , ,




Oleh :
Kategori : Sejarah