5 Alasan India Mengakui Kemerdekaan Indonesia Yang Perlu Diketahui

Menurut sejumlah literasi sejarah lampau, hubungan Indonesia dan India sebenarnya sudah terjalin sejak lama. Negara dengan mayoritas agama Hindu tersebut, memulai perjalanannya ke Indonesia dimulai sejak zaman Ramayana. Nenek moyang India yang datang ke Indonesia pada saat itu, membawa misi untuk menyebarkan ajaran agama Hindu dan aspek budaya lain , seperti budaya India dan bahasa sansekerta melalui jalur perdagangan di laut Asia Tenggara dan Samudera Hindia. Budaya yang ada di Indonesia saat ini, juga turut dipengaruhi oleh budaya India

Pada tanggal 18 Mei 1946, secara resmi India merupakan salah satu Negara penting yang turut andil dalam mendukung kedaulatan Indonesia. Hubungan diplomatis antara India dengan Indonesia berawal pada krisis kelaparan yang terjadi di India pada saat itu. Pada tanggal 20 Agustus 1946, Indonesia mengirimkan bantuan kepada India, yaitu berupa pengiriman beras sebanyak 500.000 ton akibat penjajahan yang dilakukan oleh Inggris. Bantuan tersebut kemudian dibalas oleh India dengan cara dukungan penuh dan aktif terhadap isu-isu yang terjadi di Indonesia disaat India berada di forum PBB. Tentu hal itu terjadi setelah India mengumumkan kedaulatan negaranya sendiri pada 15 Agustus 1947, dua tahun setelah Indonesia merdeka. Lantas, apa saja yang mempengaruhi India dalam mendukung kemerdekaan Indonesia, berikut penjelasannya :

  1. Kesamaan nasib sebagai bangsa yang pernah dijajah

India dan Indonesia memiliki kesamaan nasib, yaitu pernah di jajah oleh bangsa Eropa. Indonesia dijajah oleh Belanda, dan India dijajah oleh Inggris. Indonesia dan India ingin mewujudkan dunia yang bebas dari penjajahan dan diskriminasi dari berbagai pihak. Secara bergantian, anatar kedua Negara tersebut saling memberikan support satu sama lain. Indonesia memberikan bantuan kepada India disaat mengalami krisis kelaparan yang hebat, pun begitupula dengan India yang memberikan suplai bantuan obat-obatan kepada Indonesia. India merupakan salah satu negara yang mengakui kemerdekaan Indonesia pertama kali.

  1. Hubungan kedua pimpinan Negara yang erat

Indonesia dan India, sudah berhubungan erat sejak masa kolonial dulu. Dasar itulah yang menjadikan alasan India mengakui kemerdekaan Indonesia. Disaat Indonesia berusaha merebut kemerdekaan dari penjajah yang datang ke Indonesia. Kedekatan antara Presiden RI yang pertama Soekarno dengan Perdana Menteri India Jawaharlal Nehru. Kedua Negara saling membantu untuk mencapai kemerdekaan. Pada saat itu , presiden Soekarno sering bertemu dengan Jawaharlal Nehru guna untuk mendiskusikan banyak hal.

  1. Memiliki kebudayaan yang hamper sama

Dibalik cerita mahabarata maupun Ramayana, kita tau tentu kedua cerita tersebut berasal dari legenda cerita India. Cerita tersebut mengalami akuluturasi budaya dengan yang ada di Indonesia. Cerita Ramayana dan Mahabarata terpadu dari unsur budaya Jawa dan Islam. Terkait budaya, Indonesia dan india tidak dapat dipisahkan. Kebudayaan tersebut merupakan hal yang dapat dikembangkan menjadi contoh kerja sama bilateral.

  1. Mata uang dengan arti yang sama

Mata uang Indonesia adalah Rupiah, sedangkan mata uang India adalah Rupe. Kedua kata tersebut berasal dari bahasa Sansekerta yang bermakna uang perak. Namun pada dasarnya, kedua kata tersebut berasal dari kata Rupya di bahasa Sansekerta.

  1. Kekayaan akan rempah-rempah

Sudah bukan merupakan hal yang asing lagi, salah satu alasan mengapa bangsa Eropa menjajah Indonesia dan India . Indonesia dan India dikenal akan kekayaan Sumber Daya Alam yang melimpah ruah, seperti halnya akan kekayaan rempah-rempah. Tidak mengherankan jika masakan khas Indonesia dan India selalu akan kaya rempah-rempah yang menggugah selera.

Nah, itulah tadi sedikit penjelasan mengenai beberapa alasan India mengakui kemerdekaan Indonesia yang memiliki perbedaan dengan alasan lebanon mengakui kemerdekaan Indonesia. Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi, bahwa Indonesia dengan India mempunyai kedekatan yang erat jika dilihat dari berbagai perspektif.

, , ,




Oleh :
Kategori : Sejarah