5 Contoh Kerja Sama Bilateral Antar Negara Lain

Pada bumi yang memiliki keliling 40.000 km ini, terdapat ratusan negara merdeka. Ratusan negara merdeka itu tentunya tidak hidup sendiri-sendiri. Mereka saling berhubungan satu dengan yang lainnya dalam lingkup hubungan internasional dan organisasi internasional. Pada kesempatan yang indah ini, penulis hendak menyampaikan kepada pembaca mengenai kerja sama bilateral beserta contoh kerja sama bilateral antar negara lain. Kerja sama menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI yaitu suatu kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh beberapa orang, yang dapat berupa lembaga, kelompok, pemerintah, dan lain sebagainya, untuk mencapai tujuan bersama. Dalam ruang lingkup pembahasan kali ini, kita akan lebih banyak membahas mengenai kerja sama bilateral antar negara. lantas, apa sejatinya pengertian kerja sama bilateral antar negara itu?

Bilateral berasal dari bahasa latin, yaitu kata ‘bi’ yang berarti dua, dan kata ‘lateral’ yang berarti cabang samping. Secara politik, kita dapat memahami kerja sama bilateral sebagai suatu hubungan kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh dua negara untuk mencapai tujuan bersama. Nah, tujuan utama kerja sama bilateral yaitu terbentuknya hubungan persahabatan yang harmonis di antara kedua negara tersebut dan tercapainya tujuan bersama, entah tujuan bersama di dalam bidang politik, budaya, ekonomi, sosial, hukum, pertahanan atau pun keamanan. Kerja sama bilateral merupakan salah satu bagian asas-asas perjanjian internasional.

Contoh dari Kerja Sama Bilateral Antar Negara Lain

Agar pembaca lebih memahami apa itu kerja sama bilateral antar negara lain, di bawah ini penulis lampirkan beberapa contoh kerja sama bilateral antar negara lain yang terjadi di berbagai belahan dunia:

1. Kerja Sama Bilateral Italia dan Vietnam di Bidang Ekonomi

Vietnam merupakan salah satu negara berkembang yang ada di kawasan Asia Tenggara. Vietnam memiliki potensi alam dan budaya yang begitu tinggi sehingga menarik perhatian salah satu negara Eropa, yaitu Italia, untuk memberikan investasi asing pada negara ini untuk mengembangkan potensi alam dan potensi budayanya. Kedua belah pihak tentunya akan sama-sama diuntungkan atas kerja sama ini.

2. Kerja Sama Bilateral India dan Belarusia di Bidang Pertahanan

India merupakan salah satu negara di benua Asia bagian selatan yang memiliki jumlah penduduk dengan kepadatan terbesar di dunia. India merupakan negara yang sangat mengembangkan teknologi dan terus melakukan inovasi pada bidang tersebut. Hal ini menyebabkan negara Belarusia, yang merupakan salah satu negara Eropa, mengadakan kerja sama dengan India dalam bidang pembangunan pertahanan negara tersebut. India sebagai penyedia teknologi pertahanan dan Belarusia sebagai salah satu konsumen India. Hal ini tentunya dapat menguntungkan kedua belah pihak, karena Belarusia dapat meningkatkan bidang pertahanan dan India mendapatkan keuntungan secara ekonomi.

3. Kerja Sama Bilateral China dan Sri Lanka di Bidang Ekonomi

China merupakan salah satu negara terbesar di dunia, baik secara luas wilayah maupun secara jumlah penduduk yang menghuni wilayah tersebut. Sekalipun China berada di benua Asia bagian Timur, tapi China juga mengadakan kerja sama bilateral bidang ekonomi dengan negara Sri Lanka yang berada di Asia Selatan. Kerja sama ini dilakukan dalam rangka pengembangan ekonomi Sri Lanka melalui investasi jangka panjang negara China dalam bidang pariwisata Sri Lanka, yaitu khususnya kepulauan Maladewa. Kerja sama ini akan memajukan negara Sri Lanka dan juga menguntungkan negara China.

4. Kerja Sama Bilateral India dan Afganistan di Bidang Pendidikan

India dan Afganistan merupakan dua negara yang ada di benua Asia, khususnya yaitu benua Asia bagian selatan. Kedua negara ini memiliki kemiripan budaya dan wilayah yang berdekatan. Hal ini membuat kedua negara tersebut sering mengadakan hubungan kerja sama bilateral dalam berbagai bidang. Salah satu contoh kerja sama bilateral India dan Afganistan yang paling menonjol adalah kerja sama bilateral pada bidang pendidikan.


Contoh nyatanya yaitu India dan Afganistan saling mengirimkan pelajar terbaiknya untuk mempelajari pendidikan lebih lanjut di antara kedua negara tersebut, sehingga terjadi interaksi pendidikan yang baik di antara keduanya.

5. Kerja Sama Bilateral Indonesia dan Singapura di Berbagai Bidang

Indonesia dan Singapura merupakan negara yang bertetangga secara wilayah. Kedua negara ini juga tergabung di dalam ASEAN. Pada beberapa tahun terakhir, Singapura secara terus menerus dan berkelanjutan menjadi investor asing dengan besar investasi terbesar di Indonesia. selain di bidang ekonomi, kerja sama Indonesia dengan Singapura juga terjadi pada berbagai bidang lainnya, termasuk yaitu bidang kesehatan, pertahanan, dan lingkungan hidup. Kerja sama ini merupakan contoh kerja sama ASEAN dan contoh peran Indonesia dalam hubungan internasional.

Penjelasan di atas merupakan uraian lengkap mengenai contoh kerja sama bilateral antar negara lain yang dapat penulis sampaikan kepada pembaca dalam kesempatan yang indah kali ini. Semoga dengan membaca artikel ini pembaca dapat memahami apa itu kerja sama bilateral dan contoh dari kerja sama bilateral antar negara lain yang terjadi di dalam pergaulan internasional. Penting bagi suatu negara untuk melakukan kerja sama dengan negara lain, tidak lain agar tujuan pembangunan nasional dari suatu negara dapat tercapai dengan lebih baik. Nah, sampai jumpa dalam kesempatan yang lain dan semoga kesuksesan selalu mengiringi langkah para pembaca!

, ,
Post Date: Monday 18th, December 2017 / 06:16 Oleh :