8 Kelemahan dan Kelebihan Sumpah Pemuda yang Wajib Diketahui

Peristiwa Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 bukan hanya sebuah momentum penting sejarah kemerdekaan Indonesia yang diperingati setiap satu tahun sekali, lalu dilupakan begitu saja, tetapi lebih dari itu. Soetomo, Ir. Soekarno, Syahrir, Hos Cokro Aminoto, Muh. Husni Thamrin, Wage Rudolf Supratman adalah sebagian dari  tokoh Kongres Pemuda tanah air yang mengikrarkan sumpah pemuda dengan semangat juang yang tinggi. Hasil konggres pemuda ini menjadi titik awal dari bangkitnya pemuda-pemudi di tanah air. Hidup di negeri dengan kemajemukan yang beragam patutnya sudah mengharuskan kita untuk mengenalkan hal ini kepada pemuda sebagai generasi penerus bangsa sehingga tujuan dan semangat sumpah pemuda dapat dirasakan oleh pemuda-pemudi di masa kini. Poin penting dari sumpah pemuda diantaranya adalah :

  • Satu tanah air yaitu tanah air Indonesia bermakna bahwa meskipun kita terdiri atas berbagai wilayah tetapi tidak akan pernah menghapuskan semangat rakyat Indonesia untuk bersatu sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Satu bangsa yaitu bangsa Indonesia bermakna bahwa berbagai macam suku bangsa dan budaya tidak menghentikan semangat persaudaraan masyarakat Indonesia agar tetap hidup berdampingan dalam Bhinneka Tunggal Ikanegara kita.
  • Satu bahasa yaitu bahasa Indonesia memiliki makna bahwa bahasa Indonesua merupakan bahasa pemersatu seluruh masyarakat Indonesia diantara beragamnya bahasa-bahasa daerah.

Lalu apa saja kelemahan dan kelebihan dari sumpah pemuda, berikut ulasannya :

Kelebihan Sumpah Pemuda

  1. Menjadi titik awal perjuangan

Lahirnya sumpah pemuda adalah suatu titik awal perjuangan para pemuda Indonesia dalam meraih kemerdekaan dari para penjajah. Mereka rela berkorban waktu, tenaga dan pemikiran untuk menyatukan seluruh pemuda dan pemudi di seluruh wilayah Indonesia.

  1. Dapat membina persaudaraan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

Seperti kita ketahui, para pemuda yang bersatu dalam sumpah pemuda terdiri dari berbagai daerah, ras dan golongan. Melalui sumpah pemuda itulah, mereka dapat membina rasa kerukunan dan kekeluargaan serta mengamalkan penerapan nilai-nilai Pancasila diantara pemuda dan pemudi. Jika para pemuda bercerai-berai maka bercerai-berai pula bangsa Indonesia.

  1. Mendorong semangat pemuda untuk berjuang

Kelebihan lahirnya sumpah pemuda berikutnya adalah meningkatkan semangat pejuang para pemuda bukan hanya di masa penjajahan dulu, tetapi juga di masa kini. Yakni semangat untuk terus melakukan sesuattu yang berguna bagi bangsa dan negara.

  1. Lebih mencintai negara dengan sepenuh hati

Perjuangan bangsa Indonesia dalam memerdekakan Indonesia bukanlah sesuatu yang mudah. Kemerdekaan terjadi berkat perjuangan dan pengorbanan seluruh rakyat Indonesia termasuk para pemuda. Dengan ikrar sumpah pemuda ini, kita akan lebih mencintai negara dengan sepenuh hati.

  1. Menjaga keutuhan NKRI

Ikut andil dalam menjaga keutuhan NKRI adalah kelebihan sumpah pemuda berikutnya. Dengan sumpah pemuda, maka kita sebagai rakyat Indonesia merasa ikut andil untuk senantiasa menjaga keutuhan NKRI.

Kelemahan Sumpah Pemuda

  1. Masih bersifat kedaerahan

Kelahiran sumpah pemuda yang menjadi titik awal perjuangan para pemuda memungkinkan pemuda lain untuk membentuk suatu kelompok berdasarkan suku, agama dan ras mereka masing-masing. Sehingga kelompok-kelompok ini hanya terbatas pada lingkungan saja dan bersifat kedaerahan.

  1. Lebih mudah diadu domba

Akibat dari kecenderungan pemuda untuk membentuk kelompok daerah, maka mereka menjadi lebih mudah diadu domba dan mengakibatkan faktor penyebab konflik sosial muncul. Hal ini terjadi sebab pemuda-pemuda tersebut akan mempertahankan apa yang menurutnya benar tanpa memperhatikan pendapat pemuda lain yang berasal dari daerah yang berbeda.

  1. Kurangnya persatuan

Munculnya kelompok-kelompok yang bersifat kedaerahan akan mengurangi rasa persatuan diantara para pemuda yang berada di daerah yang berbeda sehingga tujuan sumpah pemuda dalam mempersatukan pemuda tidak tercapai.

Terlepas dari itu semua, sudah seharusnya kita sebagai generasi penerus dapat memahami makna Sumpah Pemuda maupun nilai-nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda dengan benar. Demikian kelemahan dan kelebihan sumpah pemuda, semoga bermanfaat.

, , ,




Post Date: Monday 15th, October 2018 / 09:13 Oleh :
Kategori : Sejarah