6 Kerjasama Internasional di Bidang Politik, Keamanan dan Pembangunan

Terdapat banyak sekali negara yang ada di dunia ini. Setidaknya terdapat 180-an negara berdaulat yang menjalankan kehidupannya dengan tetap berhubungan dengan negara lain. suatu negara tentunya tidak dapat berdiri sendiri tanpa memperdulikan dunia. Maka dari itu, setiap negara pasti ikut serta ke dalam salah satu bentuk hubungan internasional dalam rangka tergabung ke dalam pergaulan internasional. Tidak lain demi kepentingan negara tersebut sendiri.

Salah satu jenis hubungan internasional yang diikuti oleh suatu negara ialah kerja sama antar regional. Kerja sama antar regional merupakan kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh beberapa negara di dalam suatu kawasan atau wilayah tertentu dengan negara-negara di wilayah yang lain untuk mencapai tujuan mereka. Kerjasama internasional di bidang politik banyak dilakukan oleh negara-negara di dunia ini dalam rangka mewujudkan tujuan pembangunan nasional dari negara-negara tersebut. Apa manfaat kerja sama antar regional? Apa saja contoh kerja sama antar regional dalam berbagai bidang? Tetap simak pembahasan selanjutnya ya!

Manfaat Kerja Sama Antar Regional

Di dunia ini, terdapat banyak kerja sama antar regional dalam berbagai bidang. Banyaknya kerja sama tersebut tidak terlepas dari pengaruh positif kerja sama antar regional pada keberlangsungan hidup di negara mereka juga pada dinamika pembangunan di berbagai belahan bumi ini. Terdapat banyak manfaat kerja sama antar regional yang akan didapat suatu negara ketika mereka bergabung di dalam kerja sama antar regional. Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang akan diperoleh ketika terjadi kerja sama antar regional:

1. Sarana Promosi Negara

Tidak dapat kita pungkiri bahwa suatu negara tidak dapat hidup sendiri di dunia ini. Tentunya suatu negara membutuhkan negara lainnya misalnya untuk mengimpor kebutuhan pangan negaranya. Maka dari itu, kerjasama internasional di bidang politik penting untuk dilakukan. Manfaat pertama dari kerja sama antar regional ialah ia dapat menjadi sarana promosi negara. misalnya ketika kerja sama antar regional tersebut membutuhkan tempat atau konsumsi tertentu, suatu negara dapat menyarankan suatu tempat di negaranya atau makanan khas negaranya sehingga negara-negara lain dapat mengenal dengan baik negara tersebut.

2. Meningkatkan Pemasaran Komoditas Nasional

Karena dapat menjadi sarana promosi negara, maka adanya kerja sama antar regional juga dapat meningkatkan pemasaran komoditas nasional. Selain itu, pemasaran dari komoditas nasional dapat meningkat melalui terbukanya saluran perdagangan bebas yang didapat dari kerja sama antar regional tersebut.

3. Meningkatkan Potensi Kunjungan Wisata

Salah satu pengaruh positif adanya kerja sama antar regional ialah terbukanya peluang suatu negara untuk mempromosikan suatu negara khususnya pada bidang pariwisata. Hal ini tentunya kerjasama internasional di bidang politik dapat meningkatkan potensi kunjungan wisata dan memberikan pemasukan tersendiri bagi negara tersebut.

4. Memiliki Hubungan yang Baik dengan Negara Lain

Setiap negara pastinya menginginkan kedamaian di negaranya dan di dunia ini. Pada umumnya suatu negara akan menghindarkan dirinya dari peperangan. Maka dari itu, suatu negara akan berupaya untuk memiliki hubungan yang baik dengan negara lain. kerja sama antar regional merupakan salah satu sarana untuk menjalin hubungan yang baik antar negara satu dengan negara lainnya.


Contoh Kerja Sama Antar Regional Berbagai Bidang

Setelah mengetahui manfaat dari adanya kerja sama antar regional tersebut, tentunya pembaca semakin yakin bahwa kerja sama antar regional merupakan hal yang penting untuk dilakukan suatu negara. agar pembaca semakin memahami mengenai kerja sama antar regional, di bawah ini penulis sampaikan uraian lebih lanjut mengenai apa saja yang termasuk ke dalam contoh kerja sama antar regional

1. Contoh Kerja Sama Antar Regional dalam Bidang Politik

Politik ialah salah satu bidang dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang luar biasa besar pengaruhnya terhadap suatu negara. politik sendiri berkaitan erat dengan pembentukan dan pelaksanaan kebijakan publik yang disusun oleh suatu negara. dalam hal kerja sama antar regional, kerja sama pada bidang politik diperlukan dalam rangka memperkuat iklim politik di antara negara-negara yang tergabung dalam kerja sama tersebut. Berikut ini merupakan beberapa contoh kerja sama antar regional dalam bidang politik:

  • OKI (Organisasi Kerja Sama Islam) ialah organisasi kerja sama bidang politik dari negara-negara dengan penduduk mayoritas muslim di dunia yang berdiri pada tahun 1969. Terdapat dampak OKI bagi Indonesia yang membuat negara ini tetap bertahan di dalamnya.
  • GNB (Gerakan Non Blok) ialah kerja sama bidang politik di antara negara-negara yang tidak memihak blok barat atau blok timur. Peran Indonesia dalam gerakan non blok sangat besar, yaitu sebagai pendirinya.

2. Contoh Kerja Sama Antar Regional dalam Bidang Ekonomi

Bidang ekonomi merupakan penggerak dari berbagai bidang lainnya di dalam kehidupan suatu negara. perputaran uang dan alokasi sumber daya untuk memenuhi kebutuhan warga negara merupakan hal terbesar yang dilakukan oleh bidang ini. Suatu negara akan mengalami kemajuan pembangunan dan dikenal sebagai negara maju apabila pembangunan ekonomi berjalan dengan baik. Maka dari itu, kerja sama antar regional yang paling banyak ada di dunia ini adalah kerja sama regional dalam bidang ekonomi. Berikut ini merupakan contohnya:

  • APEC (Asia Pasific Community) merupakan forum kerja sama ekonomi di antara negara-negara kawasan Asia dan Pasifik yang berdiri sejak 1989. Peran Indonesia dalam KTT APEC 15 November 1994 tidak dapat kita lupakan mengingat besarnya peran tersebut.
  • OPEC (Organization of Petroleum Exporting Countries) merupakan forum kerja sama di antara negara-negara pengekspor minyak bumi di dunia. OPEC juga salah satu contoh hubungan bilateral pada masa lalu. Saat ini Indonesia sudah melepas keanggotaannya.
  • NAFTA (North American Free Trade Area) ialah kerja sama antar regional dari negara-negara yang berada di kawasan benua Amerika Utara. Kerja sama ini berfokus pada perjanjian pasar bebas antara negara di kawasan tersebut.

3. Contoh Kerja Sama Antar Regional dalam Bidang Sosial Pembangunan

Bidang sosial pembangunan merupakan salah satu bidang di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang sangat dekat hubungannya dengan masyarakat. Bidang ini penting untuk terus dimajukan mengingat tujuan dari suatu negara pastinya ialah memberikan kesejahteraan sosial bagi rakyatnya melalui pembangunan, baik pembangunan moral maupun pembangunan sosial. Di bawah ini merupakan beberapa contoh kerja sama antar regional dalam bidang sosial pembangunan:

  • Kelompok 77 dan China ialah sebuah forum yang bertujuan mendorong kerja sama internasional di bidang pembangunan, khususnya bagi negara berkembang. Forum kerja sama ini berdiri pada tahun 1964 melalui pengesahan Joint Declaration dari 77 negara.
  • Developing Eight (D-8) merupakan forum kerja sama di antara delapan negara berkembang yaitu Bangladesh, Mesir, Indonesia, Pakistan, Turki, Nigeria, Malaysia, dan Iran yang dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat negara anggota melalui pembangunan.

4. Contoh Kerja Sama Antar Regional dalam Bidang Pariwisata

Bidang pariwisata merupakan salah satu dari bidang di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang dapat menyumbangkan banyak pendapatan bagi beberapa negara. maka dari itu, terdapat beberapa negara yang bergabung membentuk kerja sama di bidang pariwisata.

Contoh dari kerja sama dalam bidang ini ialah UN-WTO atau United Nations – World Tourism Organization. Tujuan utama dari organisasi ini ialah meningkatkan dan membangun bidang pariwisata sebagai penyumbang bagi pembangunan ekonomi, kemakmuran universal, perdamaian, Hak Asasi Manusia, dan setiap kebebasan tanpa membedakan ras, bahasa, agama, dan jenis kelamin. Organisasi ini berdiri pada tahun 1925.

5. Contoh Kerja Sama Antar Regional dalam Bidang Pertahanan dan Keamanan


Bidang pertahanan dan keamanan merupakan bidang yang cukup vital, terutama untuk menjamin kedaulatan dari suatu negara. dalam bidang ini sangat diperlukan adanya kerja sama internasional mengingat tingkat kejahatan sendiri sudah terjalin di setiap wilayah dunia. Berikut ini merupakan beberapa contoh kerja sama antar regional dalam bidang pertahanan dan keamanan:

  • RIMPAC (Rim of The Pacific) ialah kerja sama di bidang pertahanan dan keamanan yang berbentuk kompetisi angkatan laut di antara negara-negara yang ikut serta. Pada RIMPAC 2016 terdapat 22 negara yang ikut serta, termasuk Indonesia.
  • Interpol (International Police) merupakan organisasi yang menghubungkan setiap kepolisian di seluruh negara di dunia ini dalam rangka bekerja sama untuk menekan angka kriminalitas di dunia. Organisasi ini berdiri pada tahun 1923.

Uraian yang telah dibahas di atas merupakan penjelasan mengenai materi contoh kerja sama antar regional berbagai bidang yang dapat penulis sampaikan kepada para pembaca dalam kesempatan yang indah kali ini. Semoga dengan pembaca memahami materi ini, maka pembaca dapat mengerti akan pentingnya kerja sama antar regional dalam berbagai bidang kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain itu, pembaca juga dapat berdiskusi dengan teman pembaca mengenai contoh kerja sama antar regional berbagai bidang yang baru-baru ini terjadi. Sampai jumpa pada kesempatan yang lain dan semoga sukses senantiasa mengiringi langkah para pembaca.

, , ,
Post Date: Monday 15th, January 2018 / 04:56 Oleh :