4 Pengaruh Ketahanan Nasional Pada Aspek Ideologi Yang Penting Untuk Diperhatikan

Ideologi secara definisi menurut wikipedia adalah suatu ide atau gagasan dan kata ideologi tersebut diciptakan oleh Antoine Destutt de Tracy pada akhir abad 18 untuk menjelaskan secara detail terkait “sains tentang ide.” Ideologi menjadi sebuah visi yang komprehensif dan menjadi sebuah dasar dalam cara memandang sesuatu. Ideologi menjadi dasar dari arah perubahan yang dibentuk dengan baik secara normatif. Ada beberapa macam macam ideologi politik maupun sosial di dunia ini.

Berkaitan dengan ideologi tersebut, setiap negara tentu mempunyai sebuah ideologi yang menjadi dasar dalam penetapan arah dan tujuan pembentukan negara tersebut dan berbagai peraturan yang ada. Ideologi bangsa Indonesia adalah pancasila yang memuat aspek aspek kehidupan bernegara. Pancasila sebagai ideologi negara harus kuat dan menjadi benteng ketahanan nasional. Berikut beberapa hubungan ketahanan nasional pada aspek ideologi dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Sebagai dasar penerapan ideologi

Di dalam ketahanan nasional terdapat aspek ideologi dalam pembentukannya. Ketahanan nasional merpakan salah satu hal yang berpengaruh pada penerapan ideologi bangsa dimana setiap warga negara dapat berpartisipasi untuk menjalankan ideologi bangsa. Dengan adanya ketahanan negara yang kuat masa setiap warga negara dapat menjalanikan sikap dan kepribadian sesuai ideologi yang ditetapkan oleh sebuah bangsa atau negara. Setiap negara memiliki macam macam ideologi di dunia yang berbeda.

  1. Mempertahankan ideologi Bangsa

Negara dengan ketahanan yang kuat tentu tidak akan mudah terpengaruh dengan berbagai ideologi yang tidak sesuai dengan ideologi dasar dari sebuah negara. Melalui ketahanan negara yang baik maka setiap penduduk atau warga negaranya akan tetap setia dengan ideologi yang sudah menjadi bagian dalam kehidupan bangsa dan negara tersebut. Apapun bentuk ideologi yang masuk tidak akan dapat berkembang menjadi besar dan tidak akan mampu menutupi ideologi dasar dari sebuah negara ketika ketahanan negara yang dimiliki sangat kuat.

  1. Mencegah berkembangnya ideologi lain

Pengaruh ketahanan Nasional pada aspek ideologi lainnya adalah dapat menjaga agar tidak ada ideologi lain yang berkembang dalam sebuah negara. Ketahanan Nasional dapat mengupayakan agar setiap warga negaranya berpartisipasi aktif dalam menjaga kondisi negara baik secara kedaulatan, pemerintahan, hingga ideologinya sekalipun. Menjaga ideologi yang bertentangan dan menyimpang untuk tidak berkembang merupakan salah satu hal yang menjadi harapan agar ketahanan nasional berjalan dengan baik dan negara jauh dari perperangan ideologi di dalamnya. Aspek ideologi merupakan salah satu dari beberapa aspek aspek ketahanan nasional yang perlu diperhatikan dengan baik.

  1. Menjaga kelangsungan hidup sebuah negara

Pengaruh ketahanan nasional terhadap aspek ideologi lainnya adalah untuk menjaga agar kelangsungan hidup sebuah negara dapat terbebas dari ancaman yang muncul di dalam maupun di luar negara. Kondisi ketahanan nasional yang tidak kuat dapat menyebabkan setiap negara akan sangat lemah menghadapi berbagai serbuan ideologi yang tidak sesuai dengan cita cita dan harapan suatu bangsa. Dengan kondisi mudah terpengaruh tersebut maka sebagian besar cita cita terbentuknya sebuah negara tentu akan menjadi sulit untuk terwujud.

Itulah beberapa penjelasan mengenai pengaruh ketahanan nasional pada aspek ideologi yang perlu diperhatikan dengan detail dan jelas serta baik dalam proses pembelajaran ilmu pendidikan kewarganegaraan. Ada Contoh ketahanan nasional yang berpengaruh pada Ideologi.

, ,




Oleh :
Kategori : Negara