5 Pengaruh Sumpah Pemuda bagi Bangsa Indonesia Dulu dan Sekarang

Peristiwa Sumpah Pemuda memang merupakan salah satu peristiwa penting dan memiliki pengaruh besar dalam sejarah kemerdekaan Indonesia. Bahkan tidak hanya berpengaruh besar pada masa perjuangan saja, namun hingga sekarang pengaruh dari adanya peristiwa Sumpah Pemuda juga masih bisa dirasakan. Oleh sebab itu, dalam kesempatan kali ini akan dibahas mengenai pengaruh sumpah pemuda bagi bangsa Indonesia yang dapat dilihat dari makna sumpah pemuda didalamnya. Apa saja pengaruh Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia tersebut? mari simak ulasan berikut ini secara lebih lengkap dan mendalam.

Sumpah Pemuda

Sebelum membahas mengenai pengaruh dari peristiwa Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia, perlu diingatkan kembali apa yang sebenarnya disebut sebagai peristiwa Sumpah Pemuda. Sehingga dapat di paham pula alasannya mengapa Sumpah Pemuda juga memiliki peran dan pengaruh besar dalam sejarah perjuangan Indonesia dan juga dalam perkembangan bangsa Indonesia saat ini.

Sumpah Pemuda menjadi salah satu peristiwa penting yang terjadi di Indonesia, dimana didalam makna ikrar Sumpah Pemuda yang dihasilkan mengandung dan meneguhkan semangat dalam mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia. Selain itu, Sumpah Pemuda juga menjadi modal awal dalam terbentuknya suatu konsep negara Indonesia. Sumpah Pemuda sendiri merupakan peristiwa yang terjadi pada tanggal 27 hingga 28 Oktober 1928 di Jakarta, dimana dalam peristiwa ini terdapat suatu aksi pembacaan sebuah ikrar oleh para pemuda yang tergabung menjadi satu dari seluruh wilayah Indonesia.

Peristiwa ini sendiri di awali dengan adanya persatuan dari organisasi-organisasi kedaerahan di Indonesia menjadi satu kesatuan dengan tujuan yang sama. Dimana sekaligus mengokohkan adanya keinginan serta cita-cita bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan dan mendirikan negara yang bebas dan merdeka bernama negara Indonesia. Sehingga pada puncaknya, pada tanggal 28 Oktober 1928 dalam pelaksanaan Kongres Pemuda II yang di hadiri oleh tokoh-tokoh Sumpah Pemuda yang kemudian menghasilkan beberapa ikrar atau janji, seperti yang tertera berikut ini:

  1. Pertama:
    Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
  2. Kedoea:
    Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa satoe, bangsa Indonesia.
  3. Ketiga:
    Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Ikrar tersebutlah yang mampu meningkatkan semangat juang para pemuda dan pejuang pada masa itu dalam melawan dan menghapi para negara penjajah Indonesia. Melalui ikrar tersebut pula diperjelas cita-cita dan tujuan negara Indonesia untuk merdeka dan juga menghilangkan perbedaan yang ada menjadi satu kesatuan bangsa Indonesia. Lantas bagaimana pengaruh Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia dalam perkembangannya? berikut penjelasan selanjutnya.

Pengaruh Sumpah Pemuda

Sebagai salah satu peristiwa penting yang terjadi di Indonesia terutama dalam catatan sejarah kemerdekaan Indonesia, pastinya Sumpah Pemuda juga memberikan beberapa pengaruh penting bagi bangsa Indonesia baik di masa lalu maupun di masa sekarang. Beberapa peranan Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia di masa lalu atau masa perjuangan diantaranya

  •  Mengokohkan keinginan dan cita-cita untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa dan negara yang bebas dan merdeka.
  • Menyatukan pemuda-pemuda dari seluruh pelosok Indonesia menjadi satu kesatuan tanpa membeda-bedakan latar belakang maupun status kesukuan dan kedaerahan masing-masing.

Itulah dia dua pengaruh penting Sumpah Pemuda dalam upaya kemerdekaan Indonesia di masa perjuangan dulu. Lantas bagaimana dengan pengaruh Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia di masa sekarang? Peristiwa Sumpah Pemuda sendiri walaupun sudah merupakan peristiwa masa lalu tetap masih memberikan pengaruh terhadap berlangsungnya kehidupan bangsa Indonesia. Beberapa pengaruh Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesi masa masi sekarang diantaranya adalah:

  •  Sumpah Pemuda menjadi bukti otentik akan adanya kelahiran bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan.

Artinya bahwa Sumpah Pemuda memberikan pengaruh kepada setiap kalangan warga negara Indonesia bahwa mereka sama-sama merupakan anak bangsa yang bertanah air satu, sehingga perlu untuk memelihara dan menghargai persatuan Indonesia secara bersama-sama.

  • Sumpah Pemuda mempengaruhi kehidupan bangsa Indonesia untuk hidup rukun dan berbangsa satu.

Artinya bahwa Sumpah Pemuda juga memberikan pengaruh pada seluruh warga negara Indonesia untuk selalu menjaga kedaulan dan kesatuan bangsa Indonesia, salah satunya dengan tidak membedakan satu sama lain terutama hanya karena perbedaan latar belakang, kesukuan, rasa, budaya, maupun kedaerahan dan lain sebagainya. Dimana juga mengingatkan warga negara Indonesia untuk hidup berdasar pula pada asas Bhinneka Tunggal Ika.


  • Sumpah Pemuda mempengaruhi peran pemuda sebagai penerus bangsa untuk senantiasa menjaga rasa nasionalisme, persatuan, dan kesatuan bangsa.

Artinya bahwa ada pula pengaruh sumpah pemuda bagi bangsa Indonesia yang didapatkan oleh para pemuda masa sekarang untuk senantiasa menjaga rasa nasionalisme atau cinta terhadap bangsa dan negara Indonesia, dengan menghasilkan karya-karya nyata yang membanggakan serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia agar terhindar dari ancaman luar.

Itulah dia beberapa ulasan mengenai pengaruh Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia, dimana dapat disimpulkan bahwa pengaruh terbesarnya adalah pada adanya pembentukan konsep untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Cara yang dapat ditempuh adalah dengan selalu menghargai dan menghormati perbedaan sebagai satu anak bangsa Indonesia. Selain itu, Sumpah Pemuda juga memberikan pengaruh terhadap semangat untuk selalu ingat, menjaga dan mengupayakan yang terbaik untuk mencapai cita-cita ataupun tujuan bangsa Indonesia yang sebenarnya. Demikian penjelasan mengenai pengaruh Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia dimasa perjuangan dan masa sekarang, semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

, , , ,




Post Date: Thursday 18th, October 2018 / 10:25 Oleh :
Kategori : Sejarah