6 Cara Menghargai Jasa Pahlawan dalam Kehidupan Sehari-hari

Bangsa Indonesia tidak lahir begitu saja sebagai suatu bangsa dan negara yang merdeka, tetapi terdapat banyak sekali perjuangan dan peristiwa yang dilalui didalamnya. Artinya bahwa lahirnya bangsa Indonesia yang merdeka dan berdaulat ini juga merupakan suatu hasil dari adanya perjuangan dari para pahlawan perjuangan. Banyak sekali para pahlawan perjuangan yang tercantum dalam sejarah kemerdekaan Indonesia, karena perjuangan tumpah darah dan pantang menyerah mereka demi bangsa Indonesia. Untuk itu, sebagai warga negara Indonesia yang baik juga wajib untuk selalu mengenang dan menghargai jasa pahlawan. Seperti beberapa cara menghargai jasa pahlawan dalam kehidupan sehari-hari berikut ini.

Pahlawan

Tidak hanya perlu untuk mengenang dan menghargai jasa pahlawan saja tetapi perlu juga untuk mengetahui sebenarnya apa yang disebut dengan pahlawan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa pahlawan merupakan tokoh penting dalam sejarah Indonesia. Didalam Kamus Besar Bahasa Indonesia sendiri, pahlawan diartikan sebagai orang yang menonjol karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, ataupun juga seorang pejuang yang gagah berani.

Jadi dapat disimpulkan bahwa pahlawan merupakan seorang pejuang yang memiliki keberanian dan rela berkorban untuk suatu kebenaran. Memang tidak semua pahlawan harus gugur didalam medan perang, seperti pahlawan perjuangan saja namun banyak pula pahlawan lainnya yang juga berpengaruh penting dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu contoh pahlawan di masa sekarang atau di luar medan peran adalah guru, dimana mampu membuat hidup setiap individu menjadi lebih berpendidikan dan lebih lagi baik dari sebelumnya.

Maka dari itu, sebagai setiap warga negara Indonesia wajib untuk selalu menghargai dan menghormati jasa para pahlawan, baik pahlawan perjuangan maupun pahlawan pada masa sekarang diluar medan peran. Lantas bagaimana seharusnya warga negara yang baik menghargai dan menghormati jasa pahlawan? Akan dijelaskan dalam penjelasan berikutnya.

Menghargai dan Menghormati Jasa Pahlawan

Menghargai dan menghormati jasa pahlawan memang hal wajib yang harus dilakukan, terutama disebabkan karena berkat jasa para pahlawan setiap warga negara Indonesia dapat menikmati kehidupan damai tanpa peperangan. Selain itu dengan para jasa pahlawan pula negara Indonesia bisa menjadi suatu negara dan bangsa yang bebas dan merdeka. Oleh sebab itu, penting untuk selalu dapat menghargai dan menghormari jasa pahlawan baik pahlawan perjuangan maupun pahlawan dimasa sekarang. Beberapa cara menghargai jasa pahlawan dalam kehidupan sehari-hari diantaranya adalah dengan cara-cara berikut:

  1. Saling menghormati dan menghargai satu sama lain

Cara yang pertama dapat dilakukan dengan selalu menghormati dan menghargai satu sama lain, terutama dalam aspek perbedaan kesukuan, etnis, kedaerahan, dan lain sebagainya. Para pahlawan perjuangan dapat meraih kemenangan juga disebabkan karena mereka berjuang bersama dan menyampingkan perbedaan, itulah mengapa menjunjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan juga penting untuk dilakukan.

2.  Memupuk semangat cinta Tanah Air

Kecintaan para pahlawan pada bangsa Indonesia mengantarkan semangat mereka untuk berjuang demi bangsa Indonesia. Hal ini juga perlu untuk terus dilanjutkan oleh para generasi baru, terutama pada peran pemuda sebagai generasi penerus bangsa. Salah satunya adalah dengan senantiasa mencintai Tanah Air Indonesia, bangga akan bangsa sendiri, dan menjaga eksistensi bangsa Indonesia secara bersama-sama.


3. Tidak melupakan jasa pahlawan

Cara selanjutnya adalah dengan selalu mengingat perjuangan para pahlawan dan tidak melupakan jasa mereka. Hal ini dapat dilakukan dengan cara selalu menceritakan kisah-kisah perjuangan sejarah kemerdekaan Indonesia pada setiap generasi barunya. Catatan sejarah, peristiwa penting, semangat perjuangan, dan lain sebagainya harus selalu tersampaikan pada para generasi muda karena pastinya didalamnya cerita tersebut terdapat makna-makna yang perlu ditanam dan di contoh, seperti makna Sumpah Pemuda, makna kemerdekaan Indonesia, dan lain sebagainya.

4. Belajar dengan tekun

Jika para pahlawan menjunjung tinggi semangat perjuangan untuk mencapai cita-cita kemerdekaan Indonesia, maka untuk menghargai jasa mereka setiap warga negara juga wajib untuk belajar dengan tekun. Mengapa demikian? Karena generasi peneruslah yang kemudian harus melanjutkan cita-cita bangsa Indonesia dalam mencapai masa depan yang lebih baik, sehingga jasa para pahlawan tidak akan sia-sia, terutama dalam peran pemuda sebagai generasi penerus bangsa.


5. Memperingati peristiwa-peristiwa penting

Menghargai jasa pahlawan juga dapat dilakukan dengan cara memperingati peristiwa-peristiwa berserjarah, seperti peristiwa kemerdekaan Indonesia dengan selalu melakukan upacara bendera dan mengulang detik-detik kemerdekaan Indonesia pada setiap tanggal 17 Agustus, adanya peringatan hari Sumpah Pemuda, adanya peringatan hari lahirnya Pancasila, dan lain sebagainya.

6. Menjalankan Pancasila dan peraturan lainnya

Cara menghargai jasa pahlawan yang akan dibahas dalam ulasan kali ini yang terakhir adalah dengan selalu menjalankan Pancasila atau memahami makna Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Selalu senantianya pula dalam menjalankan peraturan perundang-undangan yang berlaku, peraturan agaman, maupun juga budaya yang ada dalam masyarakat secara baik dan benar. Karena mau bagaimanapun hal-hal tersebut juga merupakan sesuatu yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan.

Demikian penjelasan mengenai cara menghargai jasa pahlawan dalam kehidupan sehari-hari, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan selalu mengingatkan kita untuk selalu meneruskan perjuangan para pahlawan demi kebaikan bangsa Indonesia yang telah diperjuangkan sebelumnya.

, , , , ,




Post Date: Thursday 18th, October 2018 / 10:23 Oleh :
Kategori : Sejarah