9 Perbedaan Antara Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Beserta Upaya Pencegahannya

Konsep kewajiban manusia juga berfungsi untuk menyeimbangkan gagasan kebebasan dan tanggung jawab: sementara hak lebih berkaitan dengan kebebasan, kewajiban dikaitkan dengan tanggung jawab seperti contoh hak dan kewajiban warga negara. Terlepas dari perbedaan ini, kebebasan dan tanggung jawab saling bergantung. Tanggung jawab, sebagai kualitas moral, berfungsi sebagai pemeriksaan sukarela untuk kebebasan.

Dalam masyarakat manapun, kebebasan tidak akan pernah bisa dilaksanakan tanpa batas. Dengan demikian, semakin banyak kebebasan yang kita nikmati, semakin besar tanggung jawab yang kita tanggung, terhadap orang lain maupun diri kita sendiri. Semakin banyak talenta yang kita miliki, semakin besar tanggung jawab kita untuk mengembangkannya sepenuhnya. Kita harus menjauh dari kebebasan ketidakpedulian terhadap kebebasan untuk terlibat.

Kebalikannya dari prinsip tersebut yaitu : saat kita mengembangkan rasa tanggung jawab kita, kita meningkatkan kebebasan internal kita dengan memperkuat karakter moral kita. Ketika kebebasan memberi kita kemungkinan tindakan yang berbeda, termasuk pilihan untuk melakukan yang benar atau salah, karakter moral yang bertanggung jawab akan memastikan bahwa yang pertama akan menang. Sayangnya, hubungan antara kebebasan dan tanggung jawab ini tidak selalu dipahami dengan jelas. Beberapa ideologi telah menempatkan kepentingan lebih besar pada konsep kebebasan individu, sementara yang lain berkonsentrasi pada komitmen yang tidak diragukan lagi terhadap kelompok sosial.

Tanpa keseimbangan yang semestinya, kebebasan yang tidak terbatas sama berbahayanya dengan tanggung jawab sosial yang dipaksakan. Ketidakadilan sosial yang besar berakibat pada kebebasan ekonomi yang ekstrem dan keserakahan kapitalis, sementara pada saat yang sama penindasan yang kejam atas kebebasan dasar masyarakat telah dibenarkan atas nama kepentingan masyarakat atau cita-cita komunis merupakan hakikat pembelaan negara.

Hak atas Kewajiban

Karena hak dan kewajiban saling terkait erat, gagasan tentang hak asasi manusia hanya masuk akal jika kita mengakui kewajiban semua orang untuk menghormatinya. Terlepas dari nilai masyarakat tertentu, hubungan manusia secara universal didasarkan pada adanya kedua hak dan kewajiban. Tidak perlu adanya sistem etika yang kompleks untuk memandu tindakan manusia. Ada satu peraturan kuno yang, jika benar-benar diikuti, hanya akan memastikan hubungan manusia contoh hak asasi sosial budaya.

Dalam bentuknya yang negatif, mandat Golden Rule yang tidak kita lakukan terhadap orang lain apa yang tidak kita inginkan dilakukan terhadap kita. Bentuk positif menyiratkan peran yang lebih aktif dan solider: Lakukan kepada orang lain seperti yang akan Anda lakukan terhadap Anda.Mengingat Aturan Emas, Deklarasi Universal tentang Hak Asasi Manusia memberikan titik awal yang ideal untuk mempertimbangkan beberapa kewajiban utama yang merupakan pelengkap yang diperlukan untuk hak-hak tersebut merupakan contoh hak asasi politik.

  • Jika kita memiliki hak untuk hidup, maka kita memiliki kewajiban untuk menghormati kehidupan.
  • Jika kita memiliki hak atas kebebasan, maka kita memiliki kewajiban untuk menghormati kebebasan orang lain.
  • Jika kita memiliki hak atas keamanan, maka kita berkewajiban untuk menciptakan kondisi bagi setiap manusia untuk menikmati keamanan manusia.
  • Jika kita memiliki hak untuk mengambil bagian dalam proses politik negara kita dan memilih pemimpin kita, maka kita berkewajiban untuk berpartisipasi dan memastikan bahwa pemimpin terbaik dipilih.
  • Jika kita memiliki hak untuk bekerja di bawah kondisi yang adil dan menguntungkan untuk memberikan standar hidup yang layak bagi kita dan keluarga kita, kita juga berkewajiban untuk melakukan yang terbaik dari kapasitas kita.
  • Jika kita memiliki hak atas kebebasan berpikir, hati nurani dan beragama, kita juga memiliki kewajiban untuk menghormati pemikiran atau prinsip keagamaan lainnya.
  • Jika kita memiliki hak untuk dididik, maka kita berkewajiban untuk belajar sebanyak kemampuan kita memungkinkan kita dan, jika mungkin, berbagi pengetahuan dan pengalaman kita dengan orang lain.
  • Jika kita memiliki hak untuk mendapatkan keuntungan dari karunia bumi, maka kita memiliki kewajiban untuk menghormati, merawat dan memulihkan bumi dan sumber daya alamnya.

Perbedaan Pelanggaran Hak dan Pengabaian Kewajiban

Berikut beberapa macam  pelanggaran Hak yaitu :


  1. Adanya sebuah proses yang akan menangkap serta menahan seorang warga negara tanpa hukum yang berstatus jelas
  2. Pencabutan SIUP dengan menyebabkan Pers menjadi bungkam
  3. Beragam kasus pelanggaran HAM
  4. Adanya batasan antara hak berkumpul maupun hak berserikat untuk penyampaian pendapat

Berikut beberpa jenis pengingkaran dari kewajiban yaitu :

  1. Kewajiban mutlak : adalah sebuah kewajiban yang akan ditujukan kepada diri sendiri
  2. Kewajiban publik : kewajiban agar WNI bisa mematuhi kewajiban perdata yang berkesinambungan dengan hak perdata
  3. Kewajiban positif dan negatif : Kewajiban yang akan mengupayakan WNI tidak melakukan dan terlibat dengan beberapa hal yang dianggap negatif.
  4. Kewajiban Universal atau umum : Kwajiban untuk semua warga negara indonesia.
  5. Kewajiban primer : kewajiban agar tidak menentang hukum yang berlaku

Upaya Pencegahan Pelanggaran Hak Dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara

  • Peningkatan dari keprofesionalan dari lembaga pertahanan yang dimiliki oleh negara
  • Tidak diskriminatif dan berlaku adil
  • Kerja sama harus ditingkatkan
  • Menguatkan rasa saling memiliki dan persatuan
  • Meningkatkan rasa cinta tanah air
  • Sadar akan hak dan kewajiban sebagai seorang WNI

Sebagai manusia, kita memiliki potensi tak terbatas untuk pemenuhan diri sendiri seperti contoh hak asasi hukum. Dengan demikian, kita memiliki kewajiban untuk mengembangkan kapasitas fisik, emosional, intelektual dan spiritual kita sepenuhnya. Pentingnya konsep tanggung jawab untuk mencapai realisasi diri tidak dapat diabaikan.

Demikian artikel ini disampaikan, semoga bisa bermanfaat.

, ,
Post Date: Thursday 08th, March 2018 / 03:01 Oleh :
Kategori : HAM