Perbedaan HAM di Amerika dan Indonesia Dilihat dari Sejarahnya

Hak Asasi Manusia adalah hak yang ada bukan karena pengakuan manusia lain, mayarakat lain atau negara lain. Hak asasi dimiliki manusia langsung dari Penciptanya, yaitu Tuhan Yang Maha Esa. Sebab sebagai makhluk Tuhan dengan martabat tinggi, hak asasi manusia ada dan melekat pada diri masing-masing. Dengan sifat universal, yakni berlaku di mana saja dan tidak dapat diambil siapapun, hak asasi menjadi landasan moral untuk saling berhubungan dengan manusia lain.

Karena begitu pentingnya hak asasi manusia ini terlepas dari jenis jenis pelanggaran HAM, maka masing-masing negara memiliki cara tersendiri untuk mengatur hak asasi masing-masing warganya sesuai dengan sistem politik di berbagai negara di dunia. Pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa perbedaan HAM di Amerika dengan Indonesia. Berikut ulasannya!

Perbedaan HAM di Amerika dengan Indonesia

Berikut adalah perbedaan HAM di Amerika dengan Indonesia dilihat dari sejarah penegakan HAM, yaitu :

  1. HAM di Amerika

Tanggal 4 maret 1789 adalah titik awal sejarah HAM atau yang dikenal dengan The American Declaration of Independence di Amerika Serikat. Saat itu, Amerika mulai memasukkan aturan HAM ke dalam Undang-Undang Dasar Negaranya. Hal ini dimaksudkan bagi penguasa Amerika untuk menghapuskan pembelengguan hak asasi antar manusia dengan manusia lainnya. Kemudian HAM di Amerika mulai mengalami perkembangan hingga melahirkan deklarasi-deklarasi lainnya seperti The French Declaration 1789 yang menjadi dasar The Rule of Law.

Melalui The Rule of Law, Amerika menjamin kebebasan beragama, kebebasan atas hak milik hingga kebebasan memilih kewarganegaraan. Tanggal 6 Januari 1941, Presiden Amerika Roosevelt memproklamirkan empat kebebasan di Amerika Serikat (The Four Freedoms), yaitu; Hak kebebasan berbicara dan menyatakan pendapat (Freedom of Speech), Hak kebebasan memeluk agama dan beribadah sesuai dengan keyakinan (Freedom of Religion), Hak bebas dari kemiskinan (Freedom for Want) dan Hak bebas dari rasa takut (Freedom from Fear). Prinsip ini pula yang menjadi dasar penegakkan HAM di negaa-negara bagian yang terjajah oleh bangsa Eropa.

  1. HAM di Iindonesia

Perjuangan menegakkan HAM sebenarnya sudah ada sejak zaman Nabi Adam AS dan kemudian diteruskan oleh nabi dan rasul berikutnya yang telah mengajarkan nilai-nilai terhadap hak asasi manusia. Seperti kita ketahui hubungan demokrasi dan HAM sangat berkaitan sehingga sejarah penegakkan HAM di Indonesia sendiri terbagi menjadi tiga periode, yaitu :

  • Masa orde lama

Gagasan penegakan HAM awalnya berkembang pada sidang sejarah BPUPKI di masa demokrasi orde lama dimana tokoh yang membela HAM dalam siding itu adalah Mohammad Hatta dan Muhammad Sukiman. Kemudian, hanya sedikit sekali nilai-nilai HAM yang diatur dalam UUD 1945, sementara HAM diatur secara menyeluruh dalam Konstitusi RIS dan UUDS 1950.

  • Masa orde baru

Pada masa ini terjadi pelanggaran HAM yang berat karena HAM sendiri dianggap sebagai paham liberal (Barat) yang tidak sesuai dengan budaya timur dan Pancasila. tahun 1993, komnas HAM dibentuk, tetapi tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik karena kondisi politik yang kacau saat itu. Pelanggaran-pelanggaran HAM yang banyak terjadi inilah mendorong munculnya gerakan reformasi untuk menghentikan kekuasaan orde baru.

  • Masa reformasi

Pada masa ini, penegakan HAM menjadi suatu tekad yang kuat dari seluruh komponen bangsa. Hal ini ditandai dengan iklim kebebasan dan dasar hukum HAM yang semakin membaik, antara lain UUD 1945 hassil amandemen, ketetapan MPR No. XVII/MPR/1945, UU No. 39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, UU No. 26 tahun 2000 tentang Pengadilan Hak Asasi Manusia., UU No, 12 tahun 2005 tentang Hak-Hak Ekonomi, Sosial dan Budaya serta Hak-Hak Sipil dan Politik. Setelah amandemen, jaminan HAM termuat dalam BAB X-A pasal 28 A-J UUD 1945. Dan sekarang HAM telah memiliki suatu lembaga sendiri, sehingga setiap kasus diselesaikan sesuai dengan  tugas dan fungsi Komnas HAM yang berlaku.

Dilihat dari sejarah penegakkannya, dibandingkan HAM di Indonesia, HAM di Amerika lebih dulu ditegakkan. Hal ini tejadi karena Indonesia baru mengalami kemerdekaan tahun 1945. Demikian perbedaan HAM di Amerika dan Indonesia dilihat dari sejarah penegakkannya, semoga bermanfaat.

, , , ,




Post Date: Friday 23rd, November 2018 / 04:52 Oleh :
Kategori : HAM