4 Perbedaan Negara dan Organisasi Lain Dengan Penjelasannya

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memberikan arti pada kata negara, yaitu negara ialah organisasi dalam suatu wilayah yang mempunyai kekuasaan tertinggi yang sah dan ditaati oleh rakyat. Tercapainya tujuan pembangunan nasional merupakan hal yang dituju oleh negara. di sisi lain, masih menurut KBBI pula, Organisasi sendiri kesatuan susunan yang terdiri atas bagian-bagian dalam perkumpulan untuk tujuan tertentu. Lantas, apa yang membedakan organisasi pada umumnya dengan negara? di bawah ini merupakan penjelasan lebih lanjut mengenai perbedaan negara dan organisasi lainnya:

1. Perbedaan Ruang Lingkup

Organisasi pada umumnya memiliki ruang lingkup atau bidang yang khusus, sesuai dengan tujuan didirikannya organisasi tersebut. Negara memang merupakan organisasi. Hanya saja, ruang lingkup yang dimiliki oleh negara tersebut sangatlah besar dan rumit. Negara harus mengurus segala bidang di dalam kehidupannya demi sebesar-besar kesejahteraan rakyatnya. Bidang yang dimaksud ialah politik, budaya, sosial, ekonomi, pertahanan, dan keamanan. Ruang lingkup yang lebih kecil pada organisasi membuatnya fokus di dalam mencapai tujuan berdirinya organisasi itu. Terlebih dengan adanya organisasi di tengah masyarakat. Banyak sekali manfaat organisasi dalam masyarakat.

2. Syarat Berdirinya Negara dan Organisasi

Seperti yang umum kita ketahui, negara harus memenuhi unsur-unsur terbentuknya negara agar dapat disebut sebagai suatu negara secara resmi. Unsur tersebut ialah adanya rakyat, wilayah, pemerintahan yang berdaulat, dan pengakuan dari negara lain. di sisi lain, berdirinya suatu organisasi pada umumnya memiliki persyaratan tersendiri untuk diakui sebagai suatu organisasi yang resmi, khususnya di dalam suatu negara, tentunya ia harus mengikuti aturan negara tersebut agar dapat mendirikan organisasi. Namun, lain kasusnya apabila berkenaan dengan organisasi kerja sama multilateral, aturan PBB lah yang harus diikuti.

3. Laporan Pertanggungjawaban Pemimpin

Di dalam organisasi, struktur kepengurusan dibentuk sedemikian rupa dengan pembagian tugas dan tanggung jawab kepada beberapa orang yang menjadi penanggung jawab bagi tugas dan tanggung jawab tersebut. Tugas tersebut merupakan pencerminan dari kebutuhan organisasi di dalam pencapaian tujuan adanya organisasi tersebut. Oleh karena itu, tanggung jawab pemimpin organisasi menjadi suatu hal yang sangat vital sehingga dibutuhkan laporan pertanggungjawaban pemimpin organisasi pada akhir periode kegiatan organisasi. Hal yang berbeda terjadi dengan negara, khususnya Indonesia, dimana pada akhir masa jabatan presiden tidak memberikan laporan pertanggungjawabannya kepada rakyat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi di negara ini. Harusnya hal ini dapat menjadi contoh perwujudan demokrasi di lingkungan negara.

4. Kerumitan Sistem Negara dan Organisasi

Negara merupakan salah satu jenis organisasi yang memiliki tingkat kerumitan paling tinggi. hal ini dikarenakan ruang lingkupnya yang sangat besar dan harus memenuhi setiap kebutuhan rakyatnya (yang merupakan salah satu fungsi negara secara umum) sehingga dibentuklah suatu sistem bertingkat (birokrasi) yang sangatlah rumit, dan memang diharuskan seperti itu. Sangat berbeda halnya dengan organisasi apapun di dunia ini. Di sisi lain, organisasi umumnya memiliki struktur yang lebih sederhana.

Pemaparan di atas merupakan uraian mengenai perbedaan negara dan organisasi lainnya yang dapat penulis sampaikan kepada pembaca dalam kesempatan yang indah kali ini. Semoga dengan membaca artikel ini pembaca dapat memahami secara lebih baik apa yang termasuk ke dalam perbedaan negara dan organisasi lainnya. Memang sejatinya negara termasuk ke dalam organisasi, namun hal-hal yang telah disebutkan di atas membedakannya dengan organisasi pada umumnya. Sampai jumpa pada kesempatan yang lain dan semoga kesuksesan senantiasa mengikuti langkah para pembaca!

, ,




Post Date: Monday 18th, December 2017 / 06:33 Oleh :
Kategori : Negara